√ Tips Mengatasi Iklan Adsense Blank di Blog

Mistertekno.com - Halo sobat Blogger! belakangan ini para blogger banyak yang mengeluh dan share pengalaman di medsos bahwa iklan Adsense mereka tidak tampil alias blank. Ada juga yang mendapat notifikasi di akun Adsense mereka iklannya telah dibatasi sehingga tidak bisa tampil setiap saat di blog atau website.
Mengatasi Iklan Adsense Tidak Tampil
Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan iklan adsense Anda blank. Nah kali ini Mistertekno akan mengulas beberapa faktor penyebabnya sekaligus tips untuk mengatasinya.

1. Jangan sering ganti template/tema

Bila akun adsense Anda masih tergolong fresh atau baru diterima pihak Google, sebaiknya jangan sering ganti tema/template blog maupun WP Anda. Pertahankan tema yang Anda pakai saat mengajukan Adsense, karena google tidak suka dengan blog maupun WP yang suka berganti tema. Jika anda melakukannya, otomatis skema dan struktur blog Anda berubah, hal ini bisa menyebabkan google meng-index ulang dari awal blog Anda.

2. Jangan terlalu sering sharing artikel di medsos

Metode ini umumnya dilakukan para blogger agar bisa meningkatkan kunjungan  ke blognya. Namun yang perlu digaris bawahi adalah trafik blog yang prosentasenya terlalu banyak  dari medsos bisa mengakibatkan blog Anda kena limit iklan, bahkan hal terburuk akun adsense Anda bisa kebanned. Untuk lebih amannya maksimalkan artikel blog Anda dengan konten yang menarik dan optimasi SEO yang tepat, agar trafik visitor blog Anda semakin banyak dari mesin pencarian search engine google bukan dari medsos. Minimal 70% pengunjung murni dari google jika ingin akun adsense Anda aman.

3. Jangan sering gonta-ganti unit iklan

Terkadang kita sering melakukan eksperimen pada unit iklan untuk meningkatkan CPC, yakni dengan sering gonta-ganti unit iklan pada blog. Namun dengan intensitas terlalu sering mengganti unit iklan adsense bisa menyebabkan iklan Anda blank. Jika ingin melakukan eksperimen dengan mengganti unit iklan minimal Anda bisa merubahnya 1 bulan sekali, karena update terbaru dari google tidak suka dengan struktur blog yang berubah-rubah setiap saat.Untuk settingan ad balance/saldo iklan jangan sampai dibawah 50%.

4. Update artikel rutin blog Anda

Algoritma terbaru dari google adalah mengutamakan blog yang sering update artikel. Jadi sebaiknya sering-sering update artikel blog Anda jika ingin iklan adsense Anda tidak blank terus menerus. Bila kesulitan untuk update artikel tiap hari, Anda bisa menjadwalkan paling tidak seminggu 3 kali artikel kita update. Tentunya bukan hanya artikel ang asal-asalan jika ingin meningkatkan trafik SE, unsur SEO dan artikel yang menarik dan informatif harus diutamakan. Dengan begitu blog  Anda akan ditandai google sebagai blog yang aktif dan bisa mendapat prioritas.

5. Setting ads.txt di blog Anda

Hal ini dilakukan untuk memverifikasi bahwa blog yang diterima adsense adalah murni milik Anda. Karena setting ads.txt hanya bisa dilakukan oleh admin atau pemilik blog sendiri, yakni di menu setelan preferensi penelusuran di kolom monetisasi blog Anda. Jika blog Anda belum terpasang ads.txt bisa dipastikan iklan adsense akan blank.

6. Verifikasi PIN segera

Jika blog Anda sudah mendapat notifikasi verifikasi PIN, karena sudah mencapai batas ambang pembayaran maka lakukan segera. Pasalnya jika langkah ini belum dilakukan, bisa dipastikan iklan adsense Anda tidak tampil di blog. Reqeust PIN bisa dilakukan lewat pengiriman kantor pos dan biasanya memakan waktu hingga berbulan-bulan. Namun jangan takut, bila PIN belum kunjung datang setelah berbulan-bulan, Anda bisa mengajukan hingga 3 kali. Jika sesudah 3 kali PIN belum datang, langkah terakhir kita bisa request verifikasi data KTP atau SIM, tapi ingat untuk verifikasi KTP atau SIM harus masih aktif, jangan memakai KTP atau SIM yang kadaluarsa.

7. Konten yang melanggar

Hindari artikel yang mengandung kata-kata yang dilarang di google, misalnya seperti konten porno, SARA, minuman keras hingga rokok. Dan hindari artikel copy paste dari blog orang lain, karena jika pemilik artikel tidak terima dan melaporkan ke pihak google, otomatis iklan Anda akan dibatasi. Pasalnya dalam update google terbaru, konten yang membahas seperti ini otomatis iklan tidak bisa ditampilkan dalam blognya. Untuk itu hindari konten-konten yang bisa menyebabkan blog Anda rawan banned.

Faktor inilah yang banyak dialami sobat blogger hingga iklan adsense mereka blank. Jadi sebaiknya mulai saat ini Anda harus memperhatikan faktor-faktor diatas agar iklan bisa normal lagi dan akun adsense Anda aman dari banned. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel