√ Jadi Blogger, Dapat Uang Dari Mana?

Mendapatkan Uang dari Blog
Menjadi Blogger Sukses
Mistertekno.com - Sebelum terjun ke dunia blogging dan menjadi seorang blogger, alangkah baiknya untuk tentukan tujuan Anda terlebih dulu. Apakah Anda murni ingin menjadi seorang penulis yang selalu memberikan informasi melalui tulisan yang bermanfaat, atau hanya sekedar mencari pundi-pundi uang lewat iklan Google Adsense. Langkah awal ini sangat penting, karena bisa menentukan konsistensi dan eksistensi Anda di dunia blogging.

Karena banyak dari teman sesama blogger yang awalnya tertarik terjun kedunia ini karena tergiur dengan gajian adsense yang fantastis. Sebenarnya ini sah-sah saja, namun yang menjadi permasalahan adalah proses yang akan dihadapi seorang blogger nanti adalah konsistensi dalam menulis artikel. Perlu diingat bahwa uang dari adsense tidak bisa secara instan Anda dapatkan, kecuali kamu memiliki kemampuan dalam tekhnik SEO. 

Dalam beberapa kasus banyak blogger yang baru bisa mendapatkan gaji dari adsense setelah kurang lebih selama 1 tahun menekuni dunia blogging. Bisa dipastikan dengan estimasi waktu yang lama seperti ini, banyak para blogger yang jenuh dan memilih mengundurkan diri. Menjadi blogger membutuhkan proses yang lumayan lama agar bisa menghasilkan uang, konsistensi inilah yang menjadi penyebab banyak para blogger yang tumbang.



Untuk menekuni dunia ini, Mistertekno sarankan Anda memakai platform blogspot terlebih dulu agar tidak mengeluarkan modal yang banyak. Platform ini gratis, Anda cuma butuh perangkat komputer/laptop, internet dan sebuah artikel saja. Banyak belajar dari blogger yang sudah sukses seperti Mas Sugeng, Mas Timon, Mas Airul dan masih banyak lagi yang bisa dijadikan panutan. Mereka-mereka inilah yang konsisten dalam menulis hingga akhirnya bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Gabung dengan komunitas juga diperlukan untuk  mempelajari tekhnik dan hal-hal yang berkaitan dengan dunia blog.  

Jangan fokus ke hasil uang yang dihasilkan terlebih dulu, karena ini bisa mengakibatkan para blogger bisa frustasi karena hasilnya tidak sesuai ekspektasi meraka. Fokus dulu dengan tulisan kalian, agar bisa memberi informasi yang bermanfaat kepada pembaca, dengan begitu lambat laun blog kalian akan dikenal.  


Apakah Blogger hanya dapat uang dari adsense?


Jawabannya tidak! Karena masih banyak sumber penghasilan dari dunia blog selain adsense, diantaranya adalah:


1. Jasa Backlink


Salah satunya yang sudah populer adalah jasa backlink/content placement yang bertujuan untuk menaikkan atau mengenalkan suatu situs dengan menaruh link aktif di blog kita. Hal ini bisa kalian lakukan jika blog kalian sudah bertrafik tinggi atau mempunyai Domain Authority (DA) dan Page Auhority (PA) yang tinggi.


Kalian bisa menawarkan jasa BL ke media sosial maupun marketplace. Jasa backlink sangat menguntungkan kedua belah pihak, selain bisa meningkatkan popularitas sebuah blog, tentunya juga menghasilkan uang dari jasa yang kita tawarkan. Tarif backlink pun bervariasi, mulai dari 50 ribu – jutaan rupiah tergantung dari peringkat dan trafik blog tersebut. 


2. Iklan Banner


Atau kalian bisa juga menawarkan spot iklan banner di blog kalian kepada perusahaan atau produk-produk lainnya.


3. Link Afiliasi


Bagi blog yang sudah mempunyai trafik tinggi, bisa menaruh link afiliasi di dalam blognya. Banyak platform yang menawarkan kerjasama berupa afiliasi, seperti amazon, aliexpress dan masih banyak lainnya. Sistem kerja afiliasi adalah kita akan mendapatkan komisi jika ada pengunjung blog kalian yang membeli suatu produk dari link atau iklan banner yang sudah kita pasang dalam blog. 


Jadi buat para blogger jangan hanya terfokus kepada hasil uang saja, namun lebih baik fokus ke blog kalian dulu agar bisa mendatangkan trafik/pengunjung yang tinggi. Karena trafik tinggi adalah kunci blog bisa menghasilkan uang


Kesimpulan


Menjadi blogger membutuhkan kesabaran, karena selain menulis artikel, kalian juga harus banyak-banyak membaca untuk menambah amunisi kosakata. Banyak sumber yang bisa dihasilkan dari kegiatan blogging, semua itu bisa kalian dapatkan dengan rajin update blog kalian. Dan yang paling penting kegiatan blogging bisa kalian lakukan dirumah saja.


Semoga sukses!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel