-->

Penting! 5 Cara Cek Asuransi Mobil Bekas Sebelum Transaksi Pembelian

Mister Tekno, Saat sedang mencari mobil bekas, selain bertanya terkait kondisi mobil, Anda juga harus memastikan keberadaan asuransi mobil bekas kepada pemiliknya. Saat terjadi pemindahan kepemilikan maka asuransi pada mobil yang terdaftar pun akan pindah ke tangan Anda sehingga penting untuk mengeceknya.

Asuransi Mobil Bekas

5 Langkah Cek Asuransi Mobil Bekas Sebelum Membeli

Sebelum membeli mobil bekas, cek asuransi mobil bekas yang sudah didaftarkan oleh pemilik mobil tersebut sebelumnya. Simak cara untuk mengeceknya di bawah ini:

1. Bertanya Mengenai Jenis Asuransi

Ada banyak jenis asuransi mobil yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Setiap jenis asuransi tersebut mempunyai pertanggungan yang berbeda. 

Jenis asuransi yang biasa digunakan adalah asuransi all risk hingga TLO (Total Loss Only). 

2. Kemungkinan Perluasan Jaminan 

Cek juga apakah terdapat pengajuan perluasan jaminan asuransi yang dilakukan oleh pemilik sebelumnya kepada perusahaan asuransi. Perluasan jaminan biasanya meliputi pertanggungan terhadap mobil apabila terkena bencana alam dan sebagainya. 

Cara cek asuransi mobil bekas adalah dengan menanyakan rincian langsung ke perusahaan asuransi dengan membawa dokumen yang dibutuhkan meliputi STNK, kartu identitas, dokumen polis, hingga akta jual beli yang menerangkan pemindahan kepemilikan mobil dari pemilik sebelumnya kepada Anda.

3. Memeriksa Kesesuaian Identitas di Polis Asuransi

Langkah penting selanjutnya saat mengecek asuransi mobil bekas adalah memeriksa kesesuaian identitas di dokumen polis asuransi. Minta kepada pemilik mobil dokumen polis asuransi, KTP dan STNK untuk diperiksa. 

Identitas harus dipastikan sesuai karena jika berbeda maka akan menyulitkan pengajuan klaim. 

4. Cek Biaya Polis dan Masa Berlaku

Asuransi mobil bekas mempunyai masa berlaku yang harus dipastikan dengan cermat sebelum transaksi jual beli selesai. Cek juga besaran polis asuransi yang harus Anda bayar setelahnya. 

5. Balik Nama

Lakukan balik nama ke pihak asuransi agar nama tertanggung pada polis berubah atas nama Anda. Mintakan kepada pemilik mobil sebelumnya surat keterangan secara hitam di atas putih sebagai bukti ketika pengurusan di perusahaan.  

Artikel Terkait: Kenali 5 Langkah Klaim Asuransi Mobil Online, Persiapkan Agar Klaim Cair 

Umumnya mobil bekas yang memiliki asuransi akan dijual dengan harga lebih mahal dibandingkan mobil yang tidak terdaftar asuransi. Oleh karena itu pastikan kepada pemilik sebelumnya terkait asuransi mobil bekas karena ada beberapa hal yang harus diurus terkait pemindahan mobil kepada perusahaan asuransi.

FAQ

Apakah mobil bekas bisa asuransi?

Asuransi mobil terbagi menjadi dua, yaitu asuransi all risk mobil atau comprehensive dan asuransi TLO atau Total Loss Only. Hal ini juga berlaku pada mobil bekas, tetapi dengan pertimbangan yang dilihat dari merek dan usia kendaraan.

Apakah asuransi mobil penting?

Kerugian pasti akan didapatkan ketika terjadi kecelakaan atau pencurian. Asuransi akan menjadi jaminan pemilik mobil supaya tidak mengalami kerugian yang berlebihan. Misalnya mobil mengalami kecelakaan dan rusak parah. Asuransi bisa meringankan biaya perbaikannya.

Kenapa mobil harus diasuransikan?

Asuransi secara otomatis meringankan kerugian yang Anda alami saat hal-hal buruk terjadi pada kendaraan. Sebut saja pencurian, kecelakaan, huru-hara, demonstrasi, dan lain sebagainya. Apalagi biaya perbaikan mobil itu sendiri tidak murah, khususnya untuk kerusakan pada bagian sparepart.

0 Response to "Penting! 5 Cara Cek Asuransi Mobil Bekas Sebelum Transaksi Pembelian"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel