-->

Daftar Merek Mobil Terbaik di Indonesia

Mister Tekno, Bagi Anda yang ingin membeli sebuah mobil tentunya harus jeli dalam menentukan merek dan jenis mobil apa yang diinginkan. Agar kedepannya nanti tidak ada penyesalan dalam memilih merek mobil.

Merek Mobil Terbaik di Indonesia

Tentunya mobil terbaik adalah yang sudah terkenal dan reputasinya yang baik di mata konsumen. Di Indonesia sendiri ada cukup banyak merek mobil yang terkenal dan juga yang terlaris yang bisa Anda jadikan referensi untuka mendapatkan mobil terbaik. 

Merek Mobil Terbaik dan Terkenal di Indonesia

Nah, berikut ini Mister Tekno sajikan beberapa pilihan mobil terbaik dan terkenal di Indonesia. Terbaik di sini adalah dari segi performa dan ketahanan mesin selama berapa tahun belakangan. Namun, sayang banget semua mobil yang cukup terkenal ini adalah mobil yang berasal dari luar negeri dan tidak ada yang berasal dari Indonesia. 

Semoga kedepannya mobil-mobil produksi dalam negeri bisa bersaing dengan merek mobil luar tersebut dan bisa menguasai pasar di Indonesia sendiri.

Karena mobil ini sudah cukup terkenal di Indonesia, otomatis Anda dapat dengan mudah mendapatkannya. Kebanyakan merek-merek mobil ini sudah memiliki perusahaan di Indonesia agar dapat menjangkau para konsumennya.

1. Toyota

Merek mobil asal Jepang ini sudah berdiri sejak tahun 1937, Toyota Motor Corporation adalah manufaktur otomotif multinasional Jepang yang memiliki markas di Toyota City, Jepang.

Perusahaan Toyota didirikan oleh Kiichiro Toyoda dan termsuk salah satu dari manufaktur auto mobil terbesar di dunia, yang berhasil memproduksi sebanyak 10 juta kendaraan per tahunnya.

Kini, Toyota mampu menjual lebih dari 40 kendaraan Hybrid di seluruh dunia. Toyota Motor corporation memproduksi kendaraan di bawah 5 merk yaitu Daihatsu, Hino, Lexus, Ranz, dan Toyota. Perusahaan ini juga memegang saham sebesar 20% pada Subaru Corporation dan beberapa perusahaan lainnya.

2. Suzuki

Suzuki Motor Corporation adalah produk asal Jepang yang memiliki markas di Hamamatsu, Jepang. Suzuki tercatat memproduksi auto mobil, sepeda motor, ATV, mesin kapal laut, kursi roda, dan berbagai engine combustion internal kecil lainnya.

Suzuki sempat mencatat sebagai pembuat kendaraan terbesar ke-11 di seluruh dunia pada tahun 2016. Kini, Suzuki memiliki lebih dari 45000 karyawan dan 35 fasilitas produksi di 23 negara serta 133 distributor di 192 negara termasuk di Indonesia.

Penjualan seluruh dunia dari auto mobil Suzuki adalah yang terbesar nomor 10, sementara penjualan domestik nya adalah terbesar ketiga di negara. Penjualan sepeda motor domestik Suzuki adalah yang terbesar ketiga di Jepang.

3. Honda

Pabrikan Honda adalah pembuat auto mobil pertama dari Jepang yang berhasil merilis brand mewah bernama Acura pada tahun 1986. Selain itu, Honda juga membuat peralatan bercocok tanam, mesin kapal laut, generator, sepeda motor, dan masih banyak produk lainnya.

Honda telah menjadi pembuat kendaraan bermotor terbesar sejak tahun 1959, bahkan produksinya mencapai sebanyak 400 juta sampai akhir tahun 2019.

Honda memiliki dua Venture gabungan di Cina yang bernama Dongfeng Honda dan Guangqi Honda. Pada tahun 2013, Honda menginvestasikan 5,7% dari pendapatannya untuk penelitian dan pengembangan. 

4. Daihatsu

Juga merupakan produk auto mobil dari Jepang, dan termasuk salah satu dari pembuat engine combustion internal Jepang tertua yang berhasil bertahan. Pada tahun 2021, kehadiran dari Daihatsu ini terbatas hanya pada di Jepang, Indonesia, dan Malaysia di mana perusahaan ini memiliki produksi dan juga operasi penjualan yang cukup signifikan. 

Perusahaan ini adalah perusahaan anak dari Toyota Motor Corporation sejak tahun 2016. Pada tahun 2021, penjualan yang diberikan Daihatsu adalah sebesar 4% dari total penjualan kendaraan Toyota Group. Sesuai sejarahnya, Daihatsu dikenal dengan kemampuannya membuat kendaraan beroda tiga dan kendaraan offroad.

5. Mitsubishi

Lagi-lagi adalah perusahaan dari Jepang, yakni Mitsubishi Group yang merupakan perusahaan multinasional yang masuk ke dalam banyak industri. 

Namun perusahaan ini akhirnya dibubarkan pada saat perang dunia ke-2. Konstituen lamanya meneruskan brand Mitsubishi dan juga trademark yang mereka miliki. Perusahaan ini didirikan oleh Iwasaki Yataro pada tahun 1870. Mitsubishi Group adalah keturunan dari Mitsubishi Zaibatsu yang merupakan perusahaan gabungan pada tahun 1870 sampai 1946.

Empat perusahaan utama dalam grup ini adalah Bank MUFG, Mitsubishi Corporation, Mitsubishi Electric, dan Mitsubishi Heavy Industries.

6. Isuzu

Isuzu motor merupakan perusahaan pembuat mesin diesel dan juga kendaraan komersial dari Jepang yang memiliki markas di Tokyo. Kegiatan utamanya adalah produksi, marketing, dan penjualan dari kendaraan komersial dan mesin diesel yang mereka produksi.

Isuzu memiliki banyak anak perusahaan dan joint venture termasuk UD Trucks, Anadolu Isuzu, Sollers-Isuzu, SML Isuzu, Jiangxi Isuzu Motors, Isuzu Astra Motor Indonesia, Isuzu Malaysia, Isuzu UK, Isuzu South Africa, Isuzu Philippines, Taiwan Isuzu Motors, Isuzu Vietnam, Isuzu Motors India, dan BYD Isuzu.

Pasar utama yang dimiliki oleh Isuzu adalah kendaraan komersial yang berbasis diesel seperti truk, bus, dan konstruksi. Mesin diesel Isuzu digunakan oleh banyak perusahaan manufaktur kendaraan termasuk General Motors.

7. Nissan

Perusahaan ini membangun brand mereknya pada awal abad ke-20 dengan nama Nissan Zaibatsu yang sekarang disebut sebagai Nissan Group. Sejak 1999, Nissan telah menjadi bagian dari Renault Nissan Mitsubishi Alliance yang merupakan partnership antara Nissan dan juga Mitsubishi di Jepang, dengan Renault yang ada di Prancis.

Nissan adalah pembuat kendaraan bermotor terbesar keenam di dunia pada tahun 2013 setelah Toyota, General Motors, Volkswagen Group, Hyundai Motor Group, dan Ford. Selain itu, Nissan adalah brand Jepang paling maju di Cina, Rusia, dan Meksiko.

Pada April 2018, Nissan adalah manufaktur kendaraan elektrik terbesar di dunia dengan penjualan global lebih dari 320.000 untuk semua kendaraan elektrik mereka. Mobil Nissan LEAF adalah mobil dengan penjualan terbesar kedua untuk mobil elektrik.

8. KIA

Perusahaan ini adalah pembuat automobil multinasional Korea Selatan yang bermarkas di Seoul, Korea Selatan. Kia awalnya dikenal sebagai Kyungsung Precision Industry dan Kia Motor Corporation, yang akhirnya diubah sebagai KIA. 

KIA adalah manufaktur auto mobil kedua terbesar di Korea Selatan setelah Hyundai Motor Company dengan penjualan lebih dari 2,8 juta kendaraan pada tahun 2019. Pada Desember 2015, Kia Corporation dimiliki oleh Hyundai, di mana mereka memegang stake value sebesar 33,88% atau 6 miliar dolar Amerika. 

9. Datsun

Datsun sendiru merupakan merek auto mobil yang dimiliki oleh Nissan. Produksi original Datsun dimulai pada tahun 1931. Mulai dari 1958 sampai 1986, hanya kendaraan yang diekspor oleh Nissan yang diidentifikasi sebagai Datsun.

Pada tahun 1986, Nissan sudah memiliki nama Datsun secara penuh tetapi merilis ulang nama tersebut pada Juni 2013 sebagai merek untuk kendaraan murah biaya. Nissan mempertimbangkan untuk kembali merilis ulang nama Datsun untuk kedua kalinya pada tahun 2019 dan tahun 2020.

10. Mazda

Pada tahun 2015, Mazda memproduksi 1,5 juta kendaraan untuk penjualan global dan kebanyakan dari kendaraan tersebut diproduksi di perusahaan Jepang, dan sisanya akan berasal dari berbagai bangunan yang ada di seluruh dunia. 

Di tahun 2015, Mazda adalah automaker terbesar ke-15 di dunia dengan produksi ke seluruh dunia nya. Mazda Motor Corporation merupakan perusahaan multinasional Jepang yang memiliki markas di Hiroshima, Jepang. 

11. BMW

Bayerische Motoren Werke adalahn perusahaan manufaktur multinasional Jerman yang memproduksi kendaraan mewah dan juga sepeda motor yang bermarkas di Bavaria, Jerman. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1916 sebagai manufaktur untuk mesin pesawat yang diproduksi pada tahun 1917 sampai 1918, lalu dari tahun 1933 sampai 1945.

Mobil yang dipasarkan diberi nama BMW, Mini, dan Rolls-Royce, dan sepeda motor dipasarkan diberi nama BMW Motorrad. Pada tahun 2017, BMW merupakan produsen kendaraan bermotor terbaik ke-14 di dunia, dengan 2 juta kendaraan yang mereka produksi.

Sampai sekarang BMW dikenal karena memiliki sejarah olahraga motor yang cukup penting terutama pada touring car, Formula One, mobil sport, dan Isle Of Man TT. 

Daftar Merek Mobil Terlaris di Indonesia

Selain daftar merek mobil terbaik dan terkenal di Indonesia, berikut admin juga sajikan daftar merek mobil terlaris di Indonesia harganya sesuai dengan jenis dan tipenya. 

#1. Merek Mobil Sedan Terlaris di Indonesia

Berikut ini merupakan daftar berbagai merk mobil sedan yang paling laris dijual di Indonesia yang telah admin rangkum.

Merek Harga Kisaran
Honda all new city 220 - 260 juta rupiah
Mercedes-benz c-class 500 juta sampai 1 miliar
Toyota New Corolla Altis 400 jutaan
Toyota Camry 550 juta rupiah
Toyota Vios 275 juta rupiah
Honda Civic 382 sampai 454 juta
BMW 3 series 895 juta rupiah
Honda Accord 650 juta rupiah
Mercedes Benz e class 850 juta rupiah
BMW 5 series Rp 1,039 miliar

#2. Merek Mobil MPV Terlaris di Indonesia

Merek Harga Kisaran
Toyota Avanza 217,2 juta rupiah
Mitsubishi Xpander 249,9 juta rupiah
Toyota Kijang Innova 355 juta rupiah
Daihatsu Sigra 124,2 juta rupiah
Toyota Calya 149,2 juta rupiah

#3. Merek Mobil SUV Terlaris di Indonesia

Berikut ini merupakan daftar berbagai merk mobil SUV yang paling laris dijual di Indonesia yang telah dirangkum.

Merek Harga Kisaran
Honda HRV 291 - 406 juta rupiah
Honda CRV 460 juta - 530 juta rupiah
Wuling almaz 250 - 370 juta rupiah
Mitsubishi New Pajero Sport 500 juta - 730 juta rupiah
BMW X1 760 juta - 850 juta rupiah
Toyota Fortuner 480 juta - 670 juta rupiah
Toyota Rush 240 juta - 260 juta rupiah
Hyundai palisade 780 juta rupiah - 1 miliar rupiah
Kia seltos 300 juta - 360 juta rupiah
Suzuki XL7 220 juta - 260 juta rupiah

Dan berikut ini adalah daftar 20 mobil terlaris selama bulan Januari 2022 di Indonesia berdasarkan penjualan unitnya :

Merek Jumlah Terjual
Suzuki Carry PU 5.307 unit
Mitsubishi Xpander 5.282 unit
Daihatsu Sigra 5.130 unit
Toyota Veloz 4.777 unit
Honda Brio 4.489 unit
Toyota Innova 3.971 unit
Toyota Rush 3.752 unit
Mitsubishi Colt L300 PU 3.734 unit
Daihatsu Xenia 3.512 unit
Daihatsu Gran Max PU 3.362 unit
Honda BR-V 3.257 unit
Toyota Avanza 3.188 unit
Toyota Fortuner 2.492 unit
Daihatsu Terios 2.390 unit
Mitsubishi Pajero Sport 2.151 unit
Toyota Raize 1.680 unit
Daihatsu Ayla 1.655 unit
Honda HR-V 1.440 unit
Wuling Confero 1.186 unit
Toyota Agya 1.011 unit

Artikel lainnya : 8 Fitur Canggih Mobil Presiden Jokowi Terbaru

Itulah artikel tentang merek mobil terbaik di Indonesia, semoga dapat membantu bagi Anda yang ingin membeli mobil namun masih bingung menentukan mana yang terbaik.

0 Response to "Daftar Merek Mobil Terbaik di Indonesia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel