-->

7 Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Mister Tekno, Banyak orang yang masih bingung dengan cara menggunakan kartu kredit, khususnya bagi pemula. Kartu kredit akan membantu Anda dalam mengatur keuangan dan memenuhi kebutuhan. Namun jika pola konsumsinya berlebihan maka Anda bisa terjerat hutang yang menumpuk.

Cara Menggunakan Kartu Kredit

Kebanyakan orang menggunakan kartu kredit secara berlebihan dan tidak dimanfaatkan dengan baik. Pola hidup yang konsumtif membuat mereka kewalahan dalam mengatur keuangan sehingga jumlah utangnya terus bertambah.

Cara Menggunakan Kartu Kredit Sesuai Fungsi

Bagaimana cara menggunakan kartu kredit agar tidak menjadi beban finansial Anda? Gunakan kartu kredit dengan langkah yang tepat seperti berikut ini:

1. Pilih Produk yang Tepat

Sebelum memilih produk kartu kredit apa yang akan digunakan sebaiknya pahami dulu setiap produk yang ada saat ini. Ada banyak pilihan produk kartu kredit yang bisa Anda gunakan, tetapi pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Bahkan banyak bank yang sudah memberlakukan pemakaian kartu kredit sesuai dengan syariat agama, yaitu kartu kredit syariah. Bagi Anda yang beragama Muslim bisa menggunakan kartu kredit tersebut.

Pilih juga jenis produk kartu kredit yang di dalamnya terdapat beragam kemudahan dan fasilitas lengkap. Misalnya kemudahan dalam memesan tiket pesawat, reservasi hotel, dan sebagainya.

2. Memerhatikan Biaya dan Fasilitasnya

Jika Anda sudah memilih produk kartu kredit tertentu sebaiknya perhatikan juga biaya apa saja yang akan dibebankan nantinya. Setiap produk memiliki biaya biaya yang berbeda-beda. Ada yang mengharuskan penggunanya membayar biaya admin secara tahunan.

Biaya tahunan ini mempunyai range yang berbeda dengan limit dan fasilitas yang diperoleh nantinya. Ada pula yang gratis biaya admin secara tahunan untuk kepemilikan pertama kartu kredit itu sendiri.

Lalu perhatikan berapa besar biaya bunga yang muncul, supaya Anda tidak kaget dengan biaya yang harus dibayar di akhir. Pastikan juga total limit kredit yang Anda miliki saat ini tidak lebih besar dari jumlah pendapatan Anda.

3. Membayar Tagihan Kartu Kredit Tepat Waktu

Pemakaian kartu kredit sebenarnya sama saja dengan peminjaman uang ke bank. Maka Anda tetap harus melunasi pinjaman tersebut dengan membayar tagihannya setiap bulan. 

Maka bayarlah dengan tepat waktu karena tagihan yang lewat dari tenggat waktu ada biaya adminnya. Semakin telat membayar tagihan maka jumlah utang Anda akan semakin menumpuk.

Cara menggunakan kartu kredit untuk belanja online juga harus memperhatikan kemampuan Anda dalam membayar tagihan. 

4. Membayar Tagihan dengan Penuh

Tak hanya membayar tepat waktu saja tetapi bayar tagihan secara penuh, karena akan ada beban bunga yang bertambah apabila jumlah tagihan tidak dibayar penuh. 

Umumnya, sebagian besar produk yang dibeli dengan kartu kredit, harus dibayar minimal 10% dari jumlah total. Namun jumlah bunganya akan lebih besar karena total tagihan lainnya masih besar.

Maka aturlah pembayaran tagihan setiap bulannya dengan menggunakan sistem pembayaran cicilan yang tepat. 

5. Sebaiknya Tidak Menarik Uang

Sebaiknya tidak menarik uang tunai menggunakan kartu kredit. Pahamilah bahwa kartu kredit ini adalah sebuah alat yang akan memudahkan Anda dalam berbelanja dan bukan tempat pengambilan uang.

Jadi akan lebih baik menarik uang dari tabungan saja karena beban biaya yang harus dibayarkan lebih besar, jika Anda menarik uang dari kartu kredit.

6. Maksimalkan Satu Kartu Saja

Cara menggunakan kartu kredit saat belanja disarankan bagi Anda untuk tidak menggunakan beberapa kartu sekaligus. 

Karena Anda akan kerepotan membayarnya, maksimalkan saja pemakaian pada satu kartu, dengan pembayaran tagihan yang tepat dan sesuai kebutuhan.

7. Sesuaikan Limit Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan

Biasanya bank penerbit kartu kredit akan menawarkan kartu kredit dengan limit 2-3 kali gaji bulanan Anda. Contoh, jika gaji Anda sebesar Rp 10 juta per bulan, maka Anda bisa mendapatkan limit kartu kredit hingga Rp 30 juta. 

Jadi, sesuaikan limit kartu kredit dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Semisal, kartu kredit yang Anda miliki ditujukan untuk buat belanja bulanan atau kebutuhan pokok lainnya. Maka, sebaiknya limit kartu kredit harus disesuaikan dengan perkiraan pengeluaran Anda selama sebulan.

Baca juga: Pengertian Cash Advance dan Keuntungannya

Cara menggunakan kartu kredit dengan bijak yang telah dijelaskan di atas, akan menjadi panduan yang tepat bagi Anda dalam menggunakan kartu kredit dengan tepat dan sesuai kebutuhan. Sekaligus dapat menentukan masa depan Anda dan keluarga.

0 Response to "7 Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel