-->

Jawaban yang Tepat Saat Interview Bagi Pemula

Mister Tekno, Apabila Anda mendapatkan panggilan pekerjaan dan akan diinterview untuk pertama kalinya, maka tepat sekali membaca artikel ini. Karena, di sini akan membahas tentang jawaban yang tepat saat interview bagi pemula. 

Jawaban yang Tepat Saat Interview Bagi Pemula

Ketika melakukan interview kerja untuk pertama kalinya, biasanya akan terasa gugup dan grogi. Apalagi untuk pemula yang baru mengalami wawancara/interview kerja. Pelajari bagaimana jawaban yang tepat saat interview bagi pemula yang pas dan tepat.

Pengetahuan yang minim di lingkungan kerja akan membuat seseorang gugup atau takut di awal. Setiap pertanyaan yang diajukan di setiap interview tentu berbeda-beda, sama halnya dengan jawabannya. Namun sebaiknya pilih jawaban yang benar-benar pas dan tepat saat interview.

Jenis-jenis Jawaban yang Tepat Saat Interview Bagi Pemula

Gaya jawaban dari setiap orang tentu berbeda-beda, dan Anda tidak perlu terpaku pada jawaban di bawah ini. Namun jawaban ini akan menjadi gambaran bagi Anda yang akan melakukan interview. Simak pertanyaan dan jawaban yang tepat berikut ini:

1. Deskripsikan Diri Anda Secara Singkat

Jelaskan tentang diri Anda pada sebuah sesi perkenalan dan pendidikan terakhir Anda. Jika pertanyaannya seperti itu maka Anda bisa menjawab dengan cara berikut:

Nama saya Diani dari Jakarta, saya merupakan lulusan dari Fakultas Komunikasi tahun 2018. Sehingga saya menekuni bidang komunikasi dan jurnaistik hingga saat ini. Awalnya saya hanya mencoba menulis sebuah berita jurnalistik di sebuah media.

Namun ternyata banyak yang tertarik dengan hasil tulisan tersebut. Saya pun mulai magang di beberapa media. Saya berniat melamar pekerjaan di perusahaan ini untuk mengasah keterampilan menulis dan menghasilkan berita terbaik.

2.  Apa yang Anda Ketahui dari Perusahaan ini?

Pertanyaan ini menjadi salah satu jenis pertanyaan yang cukup penting, karena perusahaan ingin tahu sejauh apa pengetahuan Anda mengenai perusahaan. Mereka juga harus memastikan apakah pelamar tahu visi misi perusahaan.

Jawabannya:

Sebagian besar dari perusahaan ini saya tahu, walaupun masih banyak hal lainnya yang perlu saya pelajari lagi. Sejauh yang saya tahu, perusahaan ini bergerak di bidang komunikasi dan media internet dengan sederet keunggulan. 

Salah satunya yaitu prestasi yang pernah diraihnya dan beberapa penghargaan untuk perusahaan.

3. Mengapa Anda ingin Bekerja di Perusahaan ini?

Apabila perusahaan sudah mempertanyakan perusahaan ini artinya mereka sudah lebih serius untuk mengetahui lebih jauh tentang Anda, dan seberapa serius Anda ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Jawabannya:

Awalnya saya hanya seorang freelancer di beberapa perusahaan, tetapi sekarang saya ingin mencoba menjadi pekerja tetap dan mendidikasikan waktu dan pekerjaan saya untuk perusahaan.

Saya juga ingin menjadi bagian dari perusahaan dengan cara yang profesional. Kemudian saya ingin berkontribusi lebih banyak pada perusahaan. Saya menyukai tradisi/budaya kerja di sini dan sesuai dengan visi misi hidup dan karir saya.

4. Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan yang Anda Miliki?

Sebutkan beberapa kelebihan dan kekurangan Anda, yang sesuai dengan karakter Anda dengan jawaban yang apa adanya.

Jawabannya kira-kira seperti ini:

Saya memiliki sifat yang jujur, bisa dipercaya, amanah dan bisa bekerja dengan tim. Namun saya juha memiliki kekurangan yaitu sering kali telat bangun pagi. Saya akan berupaya keras untuk selalu bangun pagi agar tidak telat sampai di kantor.

5. Apakah Anda Mampu Bekerja Sama dengan Tim?

Perusahaan tempat Anda melamar tentunya memberlakukan juga bekerja secara tim. Maka mereka akan menanyakan hal ini untuk memastikan apakah Anda mampu bekerja bersama tim.

Jawabannya:

Tentu saya bisa karena di pekerjaan yang sebelumnya saya juga bekerja bersama tim yang solid. Saya juga sudah terbiasa bergabung dengan kegiatan sosial yang melibatkan banyak orang.

6. Apakah Anda Bisa Bekerja di Bawah Tekanan?

Hampir semua perusahaan akan menerapkan sistem bekerja keras bagi karyawannya. Supaya mereka bisa mencapai target yang telah ditentukan. Maka mereka akan lebih berhati-hati ketika memilih karyawan yang tepat.

Jawabannya:

Saya mampu dan terbiasa bekerja di bawah tekanan, karena hal itu sudah menjadi bagian dari tanggung jawab saya. 

7. Bagaimana Respon dan Sikap Anda Saat Menerima Kritik?

Setiap orang tentu akan menerima kritik dari orang lain, sama halnya dengan di dunia kerja. Terutama kritik dari atasan pada karyawannya. 

Jawabannya:

Semua kritik di dunia pekerjaan biasanya akan ditujukan sebagai tujuan yang membangun. Saya akan mendengarkan kritik tersebut kemudian berusaha memperbaikinya. Sehingga saya tidak pelu melakukan kesalahan berulang.

8. Bagaimana Sikap Anda Ketika Menghadapi Masalah Besar

Perusahaan juga tentu ingin tahu bagaimana sikap karyawan ketika harus menghadapi sesuatu yang besar. Mereka juga ingin memastikan sikap Anda dalam mengatasi masalah.

Jawabannya:

Saya akan mencari di mana dan apa akar permasalahannya, sebelum mencari solusinya. Lalu saya akan coba memperbaiki hal itu semampu saya. Saya juga tidak akan lepas tanggung jawab atau berpura-pura tidak ada masalah. Tentu saya harus menghadapi semuanya.

Baca juga: Pertanyaan yang Sering Diajukan HRD Dalam Interview

Kesimpulan

Sebaiknya persiapkan diri Anda dengan referensi dari teman yang sudah berpengalaman atau sering-sering membaca artikel. Jawaban yang tepat saat interview bagi pemula di atas hanya gambaran saja, selebihnya bisa Anda kembangkan sendiri atau disesuaikan dengan perusahaan tempat Anda melamar. 

0 Response to "Jawaban yang Tepat Saat Interview Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel