√ Pengertian Cash Advance dan Keuntungannya

Mister Tekno, Pengertian Cash Advance dan Keuntungannya - Saat ini fitur cash advance seolah menjadi kebutuhan bagi hampir semua masyarakat dan perusahaan. Cash advance adalah proses permintaan sejumlah uang oleh karyawan sebelum suatu kegiatan perusahaan akan dimulai. Atau pinjaman uang tunai jangka pendek yang ditawarkan oleh kartu kredit.

Cash Advance termasuk salah satu cara mendapatkan uang tunai yang sedang populer di era masyarakat modern saat ini. Salah satu fitur dari kartu kredit, jadi penggunaannya mewajibkan Anda harus membayar kembali uang tunai yang ditarik.
Cash Advance dan Keuntungannya
Fitur Cash Advance

Fitur Cash Advance

Meskipun sama-sama menggunakan kartu, yang harus diperhatikan bahwa penarikan uang tunai menggunakan kartu debit adalah penarikan uang tunai dari tabungan Anda.

Untuk setiap jenis cash advance di setiap perusahaan pun berbeda-beda, seperti business trip atau perjalanan dinas, biaya bulanan, biaya maintenance gedung, dan lain sebagainya. Perbedaan kategori ini berdasarkan pada perbedaan kegiatan yang akan dilakukan oleh masing-masing perusahaan. 

Alhasil, periode permintaan cash advance juga berbeda setiap perusahaan, ada yang satu bulan sekali bahkan satu minggu sekali atau setiap akan ada kegiatan baru akan mengajukan permintaan cash advance.

Teknis pelaksanaan cash advance dimulai dibagian finance atau keuangan yang dapat melakukan transafer langsung ke akun bank karyawan melalui fitur Direct Bank Transfer. Data report yang diinginkan dapat ditarik secara real time dan data setiap transaksi yang terjadi dapat diintegrasikan dengan berbagai sistem akuntasi. Tentu fitur ini memudahkan bagi setiap perusahaan.

Sebelum menggunakan fitur cash advance Anda harus benar-benar paham dampak dari fitur ini. Karena layanan cash advance ini tidak murah, ada biaya yang harus ditanggung nantinya. Dan juga bunga dari pembayaran baliknya ke perusahaan yang mengeluarkan kartu kredit, dimana Anda menarik cash advance menggunakan kartu itu.

Biar tidak salah menggunakan layanan cash advance dan malah terlilit pengeluaran yang lebih besar lagi, ada baiknya pelajari lebih dulu keuntungan dan kekurangan cash advance. 
Karena beberapa bank di Indonesia membatasi mengambil uang tunai dari kartu kredit hanya sebesar 30%. Jadi Anda tidak bisa mengambil terlalu banyak uang tunai dari fitur ini. 

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan layanan Cash Advance:

Kelebihan Cash Advance


Cash advance memudahkan Anda menarik uang tunai dengan cepat dan mudah, layaknya uang di kartu debit. Jadi fitur ini sangat bermanfaat dalam kondisi darurat, jika Anda membutuhkan uang tunai. Saat anda memerlukan uang tunai dan tidak ada layanan untuk pembayaran menggunakan kartu.

Jika besar uang yang harus Anda tarik tidak terlalu banyak, maka Anda bisa membayarnya dalam jangka waktu singkat juga. Sehingga kondisi darurat bisa dilewati dengan mudah. 

Baca juga: Private Office di Jakarta: Enjoy dan Nyaman dalam Bekerja

Kekurangan Cash Advance


Biaya besar yang dibebankan saat menggunakan cash advance, bisa sangat memberatkan untuk Anda. Proses pembayarannya pun membutuhkan waktu singkat, jadi Anda harus perhitungkan dulu apakah mampu membayar sejumlah uang tunai itu dengan tambahan biayanya dalam waktu singkat.

Sebaiknya jangan pernah mengambil uang tunai dari kartu kredit untuk menutup tagihan kartu kredit juga. Hal ini akan membuat bunga semakin besar dan Anda tidak bisa menanggulanginya lagi. 

Memang terlihat sangat memudahkan kebutuhan uang tunai Anda, apalagi untuk orang yang memang sedang sangat membutuhkan uang tunai dan bingung bagaimana cara mendapatkannya. Meskipun prosesnya mudah dan cepat, Anda harus mempertimbangkan baik-baik jika ingin melakukan penarikan uang tunai dengan cash advance. Pergunakan fitur cash advance dengan bijak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel