Pertanyaan Yang Sering Diajukan Hrd Dalam Interview

Interview atau dalam bahasa Indonesia nya sering disebut dengan wawancara merupakan sebuah proses test yang dilakukan HRD ( Human Resource Development ) terhadap calon pelamar kerja, biasanya interview akan sangat besar lengan berkuasa bagi pelamar akan diterima atau tidaknya si pelamar di perusahaan yang ia lamar. 



Bagi sahabat yang ketika ini sedang mencari pekerjaan, saya yakin sahabat sedang mencari-cari kisi-kisi pertanyaan seputar interview, apa saja sih pertanyaan yang nantinya akan di tanyakan oleh HRD? , berkunjung ke Blog ini merupakan pilihan yang tepat, alasannya ialah saya akan mengembangkan pengalaman saya mengenai interview ( murni 100% menurut pengalaman pribadi ).

Pertanyaan yang sering diajukan HRD dalam interview sendiri bahwasanya bervariasi tergantung kebutuhan perusahaan dan kebutuhan HRD nya, biasanya pertanyaan dari HRD ( Human Resource Development ) sendiri terbagi menjadi beberapa kategori.


Interview Merupakan Percakapan Yang Telah di Setting



Pernahkah terpikir, interview merupakan sebuah percakapan yang telah di setting, seorang HRD biasanya telah menyiapkan beberapa pertanyaan dalam sebuah buku / kertas yang kemudian nantinya akan ditanyakan kepada calon pelamar, biasanya HRD sudah menguasai daftar pertanyaan yang akan diberikan dan biasanya pertanyaan yang diberikan tergantung dari calon pelamar, apakah sudah berpengalaman di dunia kerja ataupun masih fresgraduate atau gres lulus. 

Jika HRD sudah menyiapkan daftar pertanyaan yang akan ditanyakan nantinya, kiprah sahabat ialah sebaliknya yaitu menyiapkan tanggapan dari pertanyaan yang akan keluar nantinya, "bagaimana cara supaya kita tahu pertanyaan yang akan keluar dari verbal HRD"? sobat dapat mengetahuinya dengan cara membaca artikel dibawah. 

Jadi siapkan pertanyaan sahabat sebaik mungkin, jangan gugup, lakukan dengan maksimal! dan banyak berlatih. 

Pertanyaan Yang Sering Diajukan HRD




Seperti yang saya bilang pertanyaan HRD sendiri terbagi menjadi beberapa kategori, dan bervariasi tergantung HRD nya sendiri akan memulai menawarkan pertanyaan dari mana , namun inilah pertanyaan yang paling umum dan sering ditanyakan HRD kepada calon pelamar kerja. 

Pertanyaan yang sering ditanyakan Human Resource Development sendiri biasanya tidak lebih dari 10 pertanyaan ( tergantung tanggapan sahabat ), kalau HRD merasa puas dengan tanggapan sobat, maka tidak jarang HRD hanya menanyakan 5 pertanyaan saja, tapi kalau kurang puas maka biasanya anda akan diberikan pertanyaan 5 pertanyaan dalam 1 kategori , silahkan disimak pertanyaan yang sering diajukan HRD dalam interview berikut ini ( menurut pengalaman pribadi saya )


Pertanyaan mengenai Dasar / Pembuka

Yang pertama biasanya akan diawali dengan pertanyaan pembuka yang isinya akan bertanya mengenai diri kita

  • Betul nama anda...? 
  • Benar ketika ini anda tinggal di...?
  • Rumah Sendiri atau kost...?
  • Info Loker ini tahu dari mana...?

merupakan 5 point utama yang sering ditanyakan HRD kepada calon pelamar, lanjut ke kategori berikutnya


Pertanyaan mengenai Latar Belakang

berikutnya biasanya menanyakan perihal latar belakang calon pelamar kerja menyerupai berikut : 

  • Anda anak ke berapa...?
  • Anda sudah berkeluarga...?
  • Anda tinggal bersama siapa...?
  • Anda Sudah menganggur berapa lama...?
  • Apa aktifitas anda selama menganggur...?
Setelah membahas latar belakang, maka biasanya akan lanjut mengenai pendidikan 

Pertanyaan mengenai Pendidikan

  • Betul anda lulusan...? 
  • Kenapa anda mengambil jurusan tersebut...?
  • Apa saja aktifitas anda selama kuliah / sekolah...?
  • Prestasi terbaik anda selama sekolah / kuliah...?
  • Anda pernah magang? dapat diceritakan...? 

Pertanyaan perihal Infomasi Perusahaan

  • Apa yang anda ketahui perihal perusahaan kami...?
  • kenapa anda melamar ke perusahaan kami...?
  • Pernah memakai produk kami...?
  • sudah tahu jobdesk dari posisi yang dilamar...?
  • Mengapa melar di posisi...?
Perlu digaris bawahi, biasanya kalau sudah masuk ke pertanyaan perihal perusahaan yang akan dilamar, ini merupakan pertanyaan yang cukup memilih bagi seorang pelamar, jadi pastikan sahabat sudah mereview profil perusahaan yang akan dilamar sehingga pada ketika interview sahabat sudah mengetahui profil perusahaan yang dilamar. 


Pertanyaan Untuk Yang Sudah Berpengalaman

  • Betul anda bekerja di perusahaan ... sebelumnya?
  • tolong jelaskan jobdesk anda di perusahaan sebelumnya...? 
  • Prestasi terbaik anda di perusahaan sebelumnya...?
  • Kendala yang pernah dialami di perusahaan sebelumnya...?
pertanyaan diatas hanya akan diajukan kepada yang sudah pernah bekerja sebelumnya, tidak untuk yang freshgraduate atau gres lulus sekolah maupun kuliah.


Pertanyaan Teknis

  • Bagaimana cara anda mencapai target...?
  • Apa yang biasa anda lakukan ketika bosan...?
  • Bagaimana cara menanggapi komplain dari orang lain...?
mengenai pertanyaan teknis, biasanya hanya akan diberikan 3 pertanyaan saja ( usahakan tanggapan anda fokus). 

Pertanyaan Jebakan 

  • Apa kelebihan anda...?
  • Apa kekurangan anda...?
  • Apa Motivasi anda bekerja...?
  • Apa Hobi anda...?
  • Apa yang akan anda capai dalam waktu 5 tahun...? 
"Pertanyaan jebakan", banyak calon pelamar yang terkecoh ketika diberi pertanyaan menyerupai ini, fokuskan tanggapan anda ke tanggapan yang posifif jangan menjawab  pertanyaan yang negatif, apalagi menjawab kata Tidak tahu ... dan usahakan ketika ditanya oleh HRD jangan BAPER ( Bawa Perasaan )


Jangan pernah mengucapkan kata tidak tahu! , usahakan ketika ditanya jawab sebisa mungkin dan prepare jawabannya jangan pernah sahabat menjawab pertanyaan HRD dengan kata tidak tahu!, alasannya ialah akan menjadi nilai negatif di mata HRD. 

Tips Lulus Interview Kerja

Diterima di sebuah perusahaan yang bonafit merupakan keinginan bagi semua calon karyawan, tetapi banyak yang gagal ketika akan masuk ke proses interview, banyak pelamar yang terkecoh dengan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh HRD, berikut ini ialah beberapa tips bagi sahabat supaya lulus interview. 

  1. Lakukan banyak persiapan, pastikan sebelum hari H interview, anda sudah melaksanakan banyak persiapan, salah satunya melatih tanggapan anda sehingga pada ketika proses interview tidak terlalu gugup dan terbata-bata, anda dapat berlatih di depan cermin seakan-akan sedang berbicara bersama HRD.
  2. Tulis Pertanyaan & Jawaban Interview, tulis pertanyaan dan tanggapan pada buku / kertas, kemudian hafalkan dan hingga berulang-ulang, terkadang kita dapat hafal pada ketika masih dirumah tetapi otak dapat saja hank ketika berhadapan pribadi dengan HRD. 
  3. Jangan Gugup, kebanyakan calon pelamar biasanya gugup ketika mereka akan berhadapan dengan HRD, entah itu alasannya ialah takut gagal dan fikiran negatif lainnya, so tetap fokus. 
  4. Konsentrasi, dengarkan setiap pertanyaan yang ditanyakan oleh HRD jangan hingga anda bilang "hah?" ketika ditanya HRD alasannya ialah anda tidak fokus mendengarkan pertanyaan dari Bapak / Ibu HRD.
  5. Fokus , abaikan keadaan di sekitar tetap fokus pada tujuan di depan mata.
  6. Hilangkan Negative Thinking, hilangkan pikiran negatif di otak sobat, alasannya ialah akan menciptakan kita nervous ketika berhadapan dengan HRD.
  7. Anggap Bapak / Ibu HRD Sebagai Teman, layaknya berbicara pada orang yang sudah usang kita kenal, begitupun harus kita lakukan ketika di interview, anggap saja sahabat sedang berbicara dengan mitra usang yang sudah usang tak bertemu.

Baiklah, diatas merupakan beberapa pertanyaan yang sering diajukan HRD dalam interview ( yang paling umum ditanyakan ), supaya dapat bermanfaat bagi para calon pencari kerja! tetap semangat dan sukses selalu!



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel