Pilih Wordpress atau Blogspot Bagi Pemula?


Mistertekno.com - Bagi pemula memang agak sulit menentukan pilihan antara wordpress dan blogspot? Dua platform ini sebenarnya secara garis besar berbeda jauh. Bahkan pilihan ini yang paling penting dan menentukan langkah blog anda kedepan untuk selanjutnya.

Saat ini baik wordpress dan blogger adalah dua platform yang paling populer di dunia blogging, karena di antara keduanya yang paling banyak di gunakan oleh para penulis blog. Keduanya juga mempunyai keunggulan dan fungsi yang berbeda-beda. Saat ini kedua platform tersebut berlomba-lomba memperbaharui fitur dan performa, baik dari segi tampilan dan kualitas di mata search engine serta faktor SEO, agar blog tersebut bisa tampil di halaman pencarian.
Wordpress dan Blogger Punya Kelebihan Masing-masing
Sebelum memilih di antara keduanya, sebaiknya kita wajib kenali dulu kelebihan dan kekurangan kedua platform tersebut. Oleh karena itu, kita akan kupas apa saja keunggulan dan kelemahan dari masing-masing platform.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Namanya memqang sama dan berasal dari perusahaan yang sama, namun WordPress.org dan WordPress.com punya perbedaan yang sangat besar lho. Perbedaannya adalah WordPress.org merupakan layanan self hosted, sedangkan WordPress.com merupakan layanan hosted. Ibaratnya seperti tempat tinggal. Self hosted itu ibarat rumah pribadi. atau sepenuhnya milik sendiri, di tanah sendiri, dan bukan milik orang lain. Sedangkan hosted itu ibarat apartemen, tanahnya bukan milik sendiri, kita pun hanya punya sebuah unit di sebuah apartemen tersebut, karena apartemennya milik orang lain.

WordPress dan Blogger

WordPress.com dan Blogger hampir sama, karena keduanya paling mudah dibuat, hanya perlu mendaftarkan akun di websitenya masing-masing.

Untuk biaya pembuatan dan pengembangan di kedua platform tersebut hampir setara. Kita tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali untuk membuat akun di keduanya. Meskipun ada batasan penyimpanan, nantinya anda bisa upgrade untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan.

Kesimpulan

Setiap flatform wordpress maupun blogspot mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing. Untuk menentukan pilihan yang tepat, sebaiknya lihat dulu dari kebutuhan kita masing-masing.

Yakni tujuan untuk apa sebenarnya kita ngeblog? Jika untuk sekedar dokumentasi dan blog personal kita bisa memilih flatform blogger yang sederhana dan mudah di pahami. Namun jika ingin ke tingkat lebih lanjut dan lebih profesional, bisa sedikit mengeluarkan biaya untuk membuat blog wordpress self hosting.

Baik blogger dan wordpress tentunya bisa di gunakan untuk menghasilkan uang, baik dari Adsense maupun jualan backlink. Asalkan di kelola dengan rutin dan benar, karena banyak para blogger sukses yang cuma menggunakan blog gratisan untuk mengumpulkan pundi-pundi uang.

Ingat bahwa semua ini tergantung kepada pemilik blog masing-masing. Selalu update artikel yang berkualitas dan informatif bisa meningkatkan kunjungan ke blog maupun wordpress kita. Otomatis uang  akan mengalir ke rekening dengan sendirinya.

Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel