Cara Kustom Domain di Blogspot

Mistertekno.com - Domain diibaratkan sebagai sebuah alamat rumah kalau di dunia nyata, dimana ketika kita ingin mengunjungi rumah teman tentunya kita harus mengetahui alamatnya lebih dulu, jika tidak tentunya pasti nyasar! Begitu pula dengan domain, mungkin bagi blogger yang sudah expert sudah mengetahui apa itu domain. Sedangkan hosting ibarat tanah dari domain tersebut.

Selain gampang dicari di mesin penelusuran, nama domain juga meningkatkan level blog kita dimata netizen. Apalagi nama domain kita mengandung Keyword atau gampang diingat orang. Tentunya bisa berdampak pada sumber trafik blog kita. Usahakan membeli domain yang TLD (Top Level Domain) seperti com, net, org, info atau me. Karena domain TLD juga memudahan kita untuk mendaftar di adsense.

Untuk mengkustom blogspot menjadi domain sangatlah mudah, prosesnya pun realtif cepat, tergantung dari server penyedia domain itu sendiri. Kali ini kita ambil contoh kustom domain di penyedia domain Namecheap. Langsung saja kita simak step by stepnya:

Cara Kustom Domain Blogspot di Namecheap

  • Login ke dashboard blogspot kalian
  • Klik Setelan lalu klik +Siapkan URL pihak ketiga untuk blog kalian
Siapkan URL pihak ketiga
  • Silakan masukkan domain yang ingin kalian gunakan diawali dengan www, lalu klik tombol Simpan. Langkah ini kita lakukan untuk mendapatkan kode CNAME yang akan kita masukkan ke record DNS domain yang akan Anda gunakan.
Simpan untuk mendapatkan CNAME Record
  • Berikutnya, kalian akan diberi dua data CNAME yang harus dimasukkan ke DNS Record domain Namecheap. Pada langkah ini, jangan menekan tombol Simpan, sebab kalian belum memasukkan CNAME record dan A Record pada domain.
Salin CNAME masukkan domain kalian
  • Langkah selanjutnya, tinggalkan blogspot, lalu buka halaman Namecheap pada tab baru di browser kalian
  • Login ke dashboard Namecheap Anda, pilih salah satu domain yang akan di custom atau yang akan di gunakan untuk menggantikan domain blogspot kalian, lalu klik Manage
Pilih Manage
  • Klik Advanced DNS, lalu hapus semua record yang terlihat disana. Lalu ganti dengan DNS record baru yang mengarah ke blogspot dimana blog kita berada.
Hapus record yang tidak penting
  • Setelah semua record telah terhapus, kalian harus memasukkan data CNAME yang diberikan oleh blogspot pada langkah sebelumnya di atas dengan cara menekan tombol Add New Record
Masukkan New Record
  • Contoh di bawah ini saya memasukkan CNAME
  1. www                     ghs.google,com
  2. ckfd674wulac       gv-kjy7zqclchmz5l.dv.googlehosted,com
  • Selain CNAME, masukkan juga 4 settinggan IP untuk A Record di bawah ini. ke 4 IP dalam A Record ini berfungsi untuk menggunakan WWW dalam nama domain Anda, seperti seocafe,me menjadi www.seocafe,me.
  1. 216.239.32.21
  2. 216.239.34.21
  3. 216.239.36.21
  4. 216.239.38.21
  • Masukkan CNAME dan A Record satu per satu kedalam DNS Record Namecheap. Namun sebelum melakukan semua itu, awali dengan memasukkan URL Redirect Record domain kalian
Seting CNAME Record dan A Record
  • Pastikan seluruh CNAME Record, A Record, dan URL Redirect Record, telah di masukkan semuanya, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
Settingan CNAME Record dan A Record di Namecheap
  • Setelah melakukan langkah di atas, butuh 24 hingga 48 jam sampai penyesuaian propagasi selesai. Namun, berdasarkan pengalaman saat custom di Namecheap, prosesnya cuma beberapa jam saja. Dan domain Namecheap sudah tersambung ke blogspot.
  • Setelah beberapa jam menunggu, kini saatnya kembali ke dashboard blogspot kalian. Klik tombol Save pada setelan domain pihak ketiga yang telah kita atur sebelumnya. Jika penyesuaian propagasi telah selesai maka akan hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.
  • Jangan lupa pilih ketersediaan HTTPS menjadi Ya.

Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel