5 Sistem Pendinginan Terbaik untuk PC

Mistertekno.com - Bagi sobat tekno yang ingin merakit sendiri PC/computer, atau ingin upgrade komputer kalian. Satu komponen yang tidak boleh dilewatkan adalah sistem pendingin. Karena, sebagian besar prosesor disertai pendingin saat kita membelinya. Namun biasanya pendingin bawaan dari processor tidak bisa maksimal kinerjanya, dan juga sangat bising suaranya.

Untuk membuat kinerja PC maksimal dan menjaga suhu prosesor tetap dingin. Sebaiknya menggunakan sistem pendingin pihak ketiga.

Sistem Pendingin Udara untuk PC

Pendingin udara terdiri dari pendingin untuk memindahkan panas dari prosesor, dilengkapi satu atau lebih kipas untuk menyebarkan panas itu. Dengan sistem pendingin udara pihak ketiga, kinerja PC akan lebih maksimal.

Bagi kalian pecinta gaming maupun desain grafis, disarankan memakai sistem pendingin PC yang lebih optimal. Inilah 5 daftar pendingin terbaik untuk PC:


1. Dark Rock 4


Dark Rock 4 Cooler memiliki ukuran besar tetapi dengan suarat yang tenang. Kipas 135mm tetap di bawah 22dB bahkan pada kecepatan maksimum sekalipun.

Pendingin ini memiliki enam pipa panas tembaga dan sirip pendingin yang berkontur khusus. Ada juga opsi untuk menambahkan kipas 120mm lainnya agar prosesor lebih dingin. Seperti yang lain, pendingin ini kompatibel dengan sebagian besar prosesor Intel dan AMD.


2. Corsair H150i

Pendingin ini hadir dalam ukuran 240mm, 280mm, dan 360mm yang masing-masing dilengkapi dengan 1-3 kipas yang bersuara rendah. Ada menu pilihan untuk mematikan kipas sepenuhnya ketika suhu rendah untuk kinerja yang lebih tenang. Corsair H150i adalah favorit bagi mereka yang menginginkan kinerja yang solid tanpa banyak tambahan.

Kinerja pendingin ini dapat di kustomisasi melalui software Corsair. Kalian dapat mengubah kecepatan kipas dan pompa, dan memantau CPU dan suhu cairan pendingin Anda. Tersedia juga beberapa opsi pencahayaan RBG untuk mencocokkan skema warna PC Anda.

Pendingin ini kompatibel dengan sebagian besar prosesor Intel dan AMD modern, dan tabungnya cukup panjang untuk memasangkan pendingin dengan nyaman ke sebagian besar casing desktop dan tower. 


3. Cooler Master Hyper 212 Evo

Pendingin ini memiliki empat pipa panas untuk membawa panas ke unit pendingin 4,6 x 2,0 x 6,3 inci. Ini juga kompatibel dengan banyak prosesor Intel dan AMD modern. Hyper 212 Evo sangat populer di komunitas gaming, karena kinerja yang solid dan harga yang relatif lebih murah.

Ukurannya yang tidak terlalu besar, membuat pendingin ini akan dengan mudah masuk ke sebagian besar kasing. Hyper 12 Evo dilengkapi dengan satu kipas, yang cukup untuk sebagian besar pengguna. Namun, ada opsi untuk menambahkan kipas 120mm kedua jika kalian membutuhkan lebih banyak pendinginan.


4. Noctua NH-D15

Sistem pendingin ini memiliki 6 pipa panas dan dua kipas, salah satunya diapit di antara dua set sirip. Kipas berukuran 140mm untuk mengalirkan udara maksimum dan dapat dijalankan pada kecepatan rendah untuk operasi yang lebih tenang. Noctua NH-D15 sangat ideal bagi mereka yang menginginkan kinerja pendinginan yang optimal, terutama saat overclocking.

Fitur rapi pendingin ini adalah sirip rendah yang tersembunyi. Ini menciptakan efek cut-out di sisi bawah pendingin. Yang berarti bahwa meskipun pendinginnya sangat besar, masih ada cukup ruang untuk memory stick yang lebih tinggi di bawahnya. Pendingin ini mendukung sebagian besar chip Intel dan AMD, dan dilengkapi pula dengan kit pemasangan yang mudah digunakan.


5. NZXT Kraken X62


NZXT Kraken X62 adalah pendingin all-in-one dengan penampilan yang indah. Blok CPU memiliki desain cermin infinity yang menunjukkan pola berputar-putar memukau dalam berbagai warna pilihan. Ada banyak mode pencahayaan yang dapat dikontrol melalui software NZXT's Cam, kalian juga dapat menyesuaikan warna logo NZXT dengan warna yang sempurna.

Selain penampilan, sitem pendingin ini hadir dalam berbagai ukuran, dengan varian 120mm, 140mm, 240mm, 280mm, dan 360mm. Ini memiliki pompa yang tenang namun kuat, dan dengan perangkat lunaknya, Anda dapat mengatur pompa dan kipasnya. Tubing diperkuat untuk membuatnya bertahan.

Kinerja PC Semakin Optimal Dengan Sistem Pendingin Ini

Dengan sistem pendingin yang optimal, akan membantu menjaga suhu prosesor PC, dan tentunya mengurangi suara bisingan di  komputer. Jika kalian mencari peningkatan yang sederhana dan terjangkau, dapatkan pendingin udara untuk meningkatkan kinerja. Atau jika ingin melakukan overclock secara serius terhadap sistem PC, pendingin cairan all-in-one dari air bisa menjadi alternatif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel