8 Cara Jitu Menghemat Kuota Internet Smartphone

Cara menghemat kuota internet, niscaya menjadi salah satu hal yang tidak tidak mungkin untuk dilakukan. Karena menyerupai yang telah kita ketahui, kebutuhan internet seolah-olah sudah menjadi salah satu hal penting setiap orang dikala ini. Dengan adanya banyak sekali anjuran mengenai kualitas jaringan internet, menciptakan banyak orang semakin banyak yang berminat untuk menggunakannya.

Banyak sekali acara yang bahkan hampir semuanya dilakukan dengan internet, menyerupai menuntaskan kiprah kuliah, sosial media, toko online dan masih banyak lagi. Sehingga kualitas dan kecepatan saluran jaringan internet pun menjadi semakin berkembang setiap waktu.

Salah satu hal yang perlu di perhatikan dikala menggunakan jaringan internet yakni kuota internet. Dengan kuota inilah, semua acara internet sanggup dilakukan. Data internet yang dibeli ini pun kemudian mengharuskan penggunanya untuk memanfaatkan nya secara bijaksana dan sempurna sesuai kebutuhan. Tapi sayangnya banyak orang tidak mengetahui  cara menghemat kuota dengan baik. 

Karena memang terlalu asyik berselancar di dunia maya, hingga lupa akan kuota yang dimilikinya. Maka dari itu untuk ada baiknya juga untuk menyimak banyak sekali tips untuk sanggup menghemat kuota internet berikut ini. Bagaimana cara menghemat kuota yang ampuh? Maka berikut ini kami sudah merangkumkan nya. 

Cara Menghemat Kuota Biar Awet


 niscaya menjadi salah satu hal yang tidak tidak mungkin untuk dilakukan 8 Cara Jitu Menghemat Kuota Internet Smartphone

1. Ubah fitur Maps Anda ke Mode Offline

Cara yang pertama yakni dengan mengubah fitur ‘Maps’ ke mode offline. Aplikasi Maps ini memang menguras kuota internet dengan cepat. Dan anehnya banyak pengguna yang tidak menyadari hal tersebut. Bahkan aplikasi Maps ini akan semakin menguras data jikalau memakainya untuk layanan built-in navigation, turn-by-turn directions, melihat traffic secara real time atau melihat map dengan mode satelit.

 niscaya menjadi salah satu hal yang tidak tidak mungkin untuk dilakukan 8 Cara Jitu Menghemat Kuota Internet Smartphone

Untuk mengatasi supaya gak boros kuota, silahkan ubah pengaturan aplikasi Maps ini dari mode online ke mode offline. Untuk platform Android, kau sanggup menyentuh Search Bar di atas aplikasi Maps. Lalu geser kebawah hingga bertemu pilihan `Save map to use offline’. Kalau platfom iOS, kau hanya perlu mengubah mode ke flight mode. Praktis bukan?

2. Pakai Browser yang Lebih Efisien

Sebuah browser ternyata juga sanggup menguras kuota internet loh. Terutama browser default yang merupakan bawaan dari ponsel. Banyak yang meyakini bahwa ini sanggup menyedot kuota internet. Untuk mengatasi nya, kamu  sanggup mengunduh browser yang lebih efisien dan hemat menyerupai Opera Mini. 

Browser ini memang dipercaya sanggup menyimpan kuota data internet secara primer dengan mengompres website yang di kunjungi. Dengan fitur data-saving `video boost`, sanggup mengurangi proses buffer dan mengoptimalkan kualitas gambar tanpa menyedot kuota internet yang besar.
Selain aplikasi browser Opera Mini, silahkan juga gunakan browser Google Chrome dengan sebuah taktik khusus. 

Berikut caranya

Buka Chrome, sentuh ikon tiga titik di kanan atas. Lalu pilih Settings - Bandwith - Data Saver untuk mematikan data saving.

3. Non-aktifkan Opsi Sinkronisasi yang Tidak Diperlukan

Ternyata masih ada banyak orang yang melaksanakan sinkronisasi otomatis pada ponsel nya, yang imbas nya sanggup mengambil kuota data internet secara eksklusif tanpa di sadari. 
Untuk mengatasi hal tersebut, silahkan matikan saja opsi sinkronisasi otomatis pada beberapa akun yang jarang digunakan. 

Caranya

Masuk ke sajian Settings > Accounts > kemudian pilih akun yang tidak ingin kau sinkronisasikan. 

4. Batasi Penggunaan Mobile Data dan Aktifkan Peringatannya

Caranya yaitu dengan menggunakan fitur data usage warning dan limit system yang built-in pada platform Android. Dengan ini, kau akan mendapat peringatan ketika pemakaian data kuota internet sudah melampaui batas. 

Untuk mengatur nya, 

Silahkan masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit dan tap untuk mengaktifkannya.

5. Batasi Penggunaan Data di Background

Tak jarang habisnya kuota internet sanggup disebabkan oleh penggunaan data otomatis di background ponsel. Bahkan banyak juga yang tidak menyadarinya. 

Untuk mematikan penggunaan data di background, lakukan hal berikut ini.

Masuk ke sajian Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK. 

Namun resikonya kau bakal ketinggalan notifikasi dengan cepat. Hehehe jadi sesuai kan dengan kebutuhan ya.

6. Identifikasi Aplikasi yang Menyedot Kuota

Lakukan identifikasi aplikasi mana yang lebih banyak menyedot kuota. 

Bagaimana cara nya? 

Buka sajian Settings > Data Usage dan scroll ke bawah. 

Disinilah Anda akan menemukan daftar aplikasi yang memakan banyak kuota. Untuk menghemat kuota, uninstall saja aplikasi yang banyak nyedot kuota tersebut.

7. Batasi Penggunaan Data di Masing-Masing Aplikasi

Ada beberapa aplikasi sudah punya pilihan sinkronisasi dan pengaturan kuota internet sendiri-sendiri. Nah supaya sanggup lebih hemat, kau sanggup lakukan langkah berikut ini untuk mengatur nya.

Caranya 

Buka sajian setting pada aplikasi yang ingin diatur. Kami rujukan kan pada aplikasi Google Photos, kau sanggup masuk ke Settings - Back Up & Sync. 

8. Batasi Update Aplikasi, Kecuali Jika Terhubung dengan WiFi

Banyak yang tidak menyadari cara setting aplikasi yang membutuhkan pembaruan (update). Sebaiknya untuk menghemat kuota data  setel saja secara manual, atau update ketika tersambung dengan WIFI. 

Cara nya

Masuk ke Play Store dan pilih sajian Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only. 

Seperti itulah cara menghemat kuota internet yang sanggup kami sajikan pada kesempatan kali ini. Kalau sanggup menghemat kuota, mengapa tidak? Hemat kuota sam dengan menghemat uang ya. 

Terima kasih sudah berkunjung disini, biar bermanfaat. Dan jangan lewatkan tips menarik lainnya disini ya. Silahkan simak juga Cara Cepat Registrasi Ulang Kartu Indosat, Telkomsel, Tri

Akhir kata selamat menjalani hari yang indah dan tetap semangat menjalani hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel