-->

Lebih Mudah dan Sesuai Format, Simak Cara Membuat Flowchart di Word dengan Benar

Mistertekno.com, Tidak jarang masih banyak orang yang tidak paham tentang flowchart ini, padahal berbagai perusahaan sudah menerapkan flowchart. Tentu Anda akan tertarik tentang flowchart, fungsi, hingga cara membuatnya yang mudah setelah mendapatkan gambaran yang lebih jelas.Cara Membuat Flowchart di Word

Tidak jarang masih banyak orang yang tidak paham tentang flowchart ini, padahal berbagai perusahaan sudah menerapkan flowchart. Tentu Anda akan tertarik tentang flowchart, fungsi, hingga cara membuatnya yang mudah setelah mendapatkan gambaran yang lebih jelas.

Apa Itu Flowchart?

Membahas tentang flowchart tentu membuat Anda langsung penasaran dan ingin tahu berbagai hal yang berkaitan dengan flowchart. Pasalnya, sudah banyak orang maupun perusahaan yang menggunakan metode flowchart dalam membuat susunan aktivitas.

Sebenarnya flowchart adalah diagram atau bagan yang menyajikan gambaran atau rangkaian proses sebuah aktivitas secara lebih ringkas dan detail. Biasanya pembuatan flowchart ini terdari dari berbagai simbol dua dimensi, seperti lingkaran atau panah.

Cara membuat flowchart di Word juga tergolong mudah dan bisa Anda buat step by step sesuai urutan prosedur yang benar. Tidak heran jika banyak perusahaan yang sudah menggunakan flowchart dalam menyajikan prosedur atau SOP menjadi lebih sederhana.

Apa Saja Fungsi Menggunakan Flowchart?

Dengan mengetahui tentang flowchart tentu Anda bisa mendapatkan gambaran tentang bentuk dari flowchart itu sendiri. Selain itu, Anda juga harus paham perihal fungsi dari penggunaan flowchart dalam membuat sebuah susunan aktivitas atau prosedur tertentu.

Pemahaman Konsep

Salah satu fungsi menggunakan flowchart dalam menyajikan susunan prosedur atau kegiatan akan lebih sederhana atau ringkah. Dengan begitu, bisa membantu orang lain untuk memahami alur prosedur yang berhubungan pada konsep tertentu.

Perencanaan Proyek

Biasanya penyajian susunan aktivitas atau rangkaian kegiatan lainnya dalam bentuk paragraf atau poin akan lebih sulit memahaminya. Sehingga Anda bisa menggunakan flowchart agar orang lain lebih paham terlebih dalam membuat perencanaan proyek.

Menyederhanakan Prosedur

Cara membuat flowchart di Word sudah tidak asing lagi dan juga lebih mudah membuatnya ketimbang menjabarkan dalam bentuk paragraf. Tentu penyajian susunan prosedur akan lebih sederhana, ringkas dan detail sehingga orang lain lebih mudah memahami.

Membangun Komunikasi

Menggunakan flowchart di era modern nyatanya memiliki banyak fungsi bahkan di luar dugaan sehingga lebih multifungsi. Salah satunya bisa membangun komunikasi yang baik antar personal dalam mengerjakan sebuah proyek bersama-sama.

Lebih Mudah Mengamati Proses

Biasanya menyajikan prosedur atau rangkaian proses dalam bentuk paragraf atau poin numbering memang lebih umum. Akan tetapi, Anda akan lebih mengamati setiap proses yang sudah terlaksana atau sedang berjalan dengan menggunakan flowchart.

2 Cara Membuat Flowchart di Word

Dengan mengetahui tentang flowchart dan fungsinya tentu Anda akan penasaran dengan cara membuat flowchart di Word. Pasalnya, flowchart sudah menjadi metode penjabaran SOP atau prosedur yang lebih detail dan jelas dalam bentuk yang lebih sederhana.

Tentu tidak sulit membuat pola flowchart untuk menyajikan rangkaian kegiatan agar memudahkan orang lain memahaminya. Ada dua cara yang bisa Anda pilih salah satu, yaitu cara pembuatan manual atau pembuatan menggunakan drawing canvas.

Secara Manual

Cara yang pertama bisa Anda coba adalah cara manual, biasanya orang-orang pemula lebih senang menggunakan cara ini. Untuk proses pembuatannya bisa mengikuti langkah-langkah berikut secara benar dan tepat.

1. Pertama-tama buka aplikasi Word yang ada pada laptop atau PC yang akan Anda gunakan.

2. Setelah itu pilih menu “Insert" dan pilih sub menu “Shape", maka akan muncul bentuk-bentuk simbol.

3. Cara membuat flowchart di Word secara manual dengan memilih simbol dalam menu Shape sesuai keinginan atau kebutuhan.

4. Berikan teks atau keterangan pada setiap simbol sesuai urutan prosedur yang akan Anda buat dan susun menjadi satu kesatuan.

5. Setelah itu, susun letak serta ukuran simbol agar sama besar dan terlihat lebih rapi sehingga orang akan lebih jelas ketika melihatnya.

Menggunakan Drawing Canvas

Selain secara manual, Anda juga bisa menggunakan drawing canvas untuk membuat flowchart yang tepat dan sesuai. Langkah membuat flowchart menggunakan drawing canvas tidak sulit dengan mengikuti cara sebagai berikut:

1. Untuk membuat flowchart, Anda perlu membuka aplikasi Word yang sudah terpasang pada PC atau laptop.

2. Pilih opsi “Insert", kemudian klik opsi “Shape".

3. Setelah memilih opsi “Shape", Anda bisa klik “New Drawing Canvas" yang terletak pada pojok bawah kolom Shape.

4. Pilih beberapa simbol yang akan Anda rangkai menjadi flowchart dan berikan teks menggunakan bantuan “Text Box".

5. Kemudian atur simbol dan rangkaian simbol sesuai susunan prosedur yang benar.

Baca juga: Tips Trik Convert File Microsoft Word Secara Online Gratis

Demikian ulasan singkat tentang cara membuat flowchart di Word baik secara manual atau menggunakan drawing canvas. Anda bisa memilih salah satu cara di atas agar lebih mudah dalam membuat susunan alur yang detail serta ringkas. Artikel tentang seputar microsoft word bisa baca disini.

0 Response to "Lebih Mudah dan Sesuai Format, Simak Cara Membuat Flowchart di Word dengan Benar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel