-->

5 Jenis Asuransi Kendaraan Mobil Paling Banyak Dipilih, Simak Perbedaannya!

Mister Tekno, Ada banyak jenis asuransi kendaraan mobil yang ditawarkan perusahaan asuransi. Setiap jenis asuransi mobil mempunyai perbedaan terutama dalam hal pertanggungan yang diberikan. Mereka yang mendaftarkan mobilnya ke asuransi tentu harus memahami apa saja perbedaan jenis asuransi tersebut. 

Asuransi Kendaraan Mobil

5 Jenis Asuransi Kendaraan Mobil dan Perbedaannya

Sebelum Anda memutuskan asuransi mobil mana yang akan digunakan untuk perlindungan mobil, sebaiknya kenali dulu jenis-jenisnya. 

1. Asuransi Kendaraan Mobil All Risk

Jenis asuransi kendaraan yang pertama dan cukup banyak dipilih terutama oleh pemilik mobil baru adalah asuransi all risk. Asuransi all risk atau asuransi komprehensif disebut sebagai asuransi kendaraan mobil terbaik karena memberi pertanggungan berbagai risiko pada mobil dari kerusakan ringan hingga berat. 

Asuransi all risk juga memberikan fasilitas perluasan pertanggungan pada mobil akibat bencana alam dan sebagainya. Karena fasilitas yang luas, asuransi all risk mematok harga premi yang mahal. 

Cara klaim asuransi mobil all risk sebagai berikut:

  • Lampirkan Foto Klaim Kerusakan Mobil. ...
  • Jika Sedang di Luar Kota, Hubungi Agen Asuransi. ...
  • Isi Formulir Klaim Asuransi yang Tersedia di Bengkel. ...
  • Ajukan Konfirmasi Klaim Kepada Pihak Asuransi

2. Asuransi Total Loss Only 

Asuransi Total Loss Only atau TLO adalah jenis asuransi terbaik lainnya yang banyak dijadikan alternatif selain all risk oleh nasabah. Asuransi TLO memberikan pertanggungan keseluruhan pada mobil namun dengan syarat bahwa kerusakan yang dialami lebih dari 75% termasuk dalam hal ini adalah kehilangan. 

Cara klaim asuransi kendaraan mobil TLO membutuhkan surat keterangan dari Kepolisian daerah setempat yang menerangkan apabila mobil telah hilang akibat dicuri atau mobil rusak parah karena kecelakaan. Namun terkait syarat pencairan lebih tepatnya menyesuaikan ketentuan perusahaan. 

3. Liability Insurance

Liability Insurance memberi pertanggungan berupa kerusakan berat yang dialami oleh kendaraan bermotor akibat adanya kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi. Selain penggantian biaya perbaikan kendaraan, asuransi ini juga ikut membiayai tagihan medis akibat cedera. 

Polis asuransi ini adalah pertanggungan yang harus dibayarkan penanggung akibat adanya kelalaian dari tertanggung. Contoh sederhananya yaitu seperti kerugian berupa luka badan maupun material.

4. Collision Coverage

Asuransi kendaraan mobil Collision Coverage memberikan pertanggungan akibat kecelakaan mobil berupa tabrakan yang disebabkan oleh pengemudi. Perusahaan asuransi akan memberi ganti rugi sesuai dengan harga mobil yang dimiliki atau membiayai perbaikan mobil. 

Asuransi ini adalah pertanggungan yang membantu membayar untuk memperbaiki atau mengganti mobil Anda jika rusak karena kecelakaan dengan kendaraan atau objek lain, seperti pagar atau pohon. Jika leasing atau pembiayaan mobil Anda, cakupan tabrakan biasanya diperlukan oleh pemberi pinjaman. Jika mobil Anda dilunasi, tabrakan adalah pertanggungan opsional pada polis asuransi mobil Anda.

5. Personal Injury Protection (PIP)

Perlindungan cedera pribadi (PIP), juga dikenal sebagai "asuransi tanpa kesalahan," adalah komponen dari rencana asuransi mobil yang mencakup biaya perawatan kesehatan yang terkait dengan kecelakaan mobil. PIP menanggung biaya pengobatan bagi pemegang polis dan penumpang yang terluka, bahkan jika beberapa tidak memiliki asuransi kesehatan.

Jika biaya perawatan medis yang diperlukan melebihi batas PIP polis asuransi mobil , asuransi kesehatan terkadang menanggung biaya lebih lanjut. Polis memiliki maksimum per orang, artinya pertanggungan dibatasi hingga jumlah tertentu per orang jika banyak orang terluka dalam suatu kecelakaan.

Artikel Terkait : 5 Daftar Produk Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia Tahun 2022

Masing-masing asuransi kendaraan mobil memiliki perbedaan dalam hal pertanggungan dan syarat pengajuan klaim yang diberikan. Semakin besar pertanggungan klaim yang diberikan maka semakin mahal pulalah biaya polis yang dibayarkan oleh nasabah ke perusahaan asuransi. 

0 Response to "5 Jenis Asuransi Kendaraan Mobil Paling Banyak Dipilih, Simak Perbedaannya!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel