-->

Mengenal Asuransi Mobil All Risk, 4 Hal Penting yang Harus Dipahami

Mister Tekno, Asuransi mobil all risk adalah salah satu jenis asuransi mobil yang banyak dipilih terutama oleh pemilik mobil baru di tanah air. Biaya premi asuransi all risk lebih besar dibanding jenis asuransi lain, namun hal itu sesuai dengan jaminan yang ditawarkan. 

Asuransi Mobil All Risk

Istilah all risk dalam asuransi mobil adalah produk asuransi yang dapat melindungi mobil dari segala risiko yang mungkin terjadi. Mulai dari kecelakaan, bencana alam, rusak akibat terkena kerusuhan/huru-hara, bahkan ketika mobil Anda hilang dicuri orang.

4 Hal Penting Terkait Asuransi Mobil All Risk

Ada beberapa hal yang harus diketahui terlebih dulu bagi para calon pengguna asuransi mobil all risk. Simak penjelasan dan hal yang harus dipahami terkait asuransi all risk di bawah ini.

1. Jenis Kerusakan yang Ditanggung

Sesuai namanya, asuransi mobil all risk atau asuransi mobil comprehensive adalah asuransi perlindungan mobil yang lebih menyeluruh dari berbagai macam kerusakan. Kerusakan yang ditanggung oleh jenis asuransi ini mulai dari kerusakan minor seperti baret penyok dan halus hingga kerusakan besar.

Kerusakan besar yang ditanggung oleh asuransi mobil comprehensive seperti tabrakan yang menyebabkan badan mobil rusak parah hingga lebih dari 75%. Misalnya jika harga mobil berkisar Rp 200 juta, maka biaya perbaikan mencapai Rp 150 juta termasuk ke dalam kerusakan parah. 

Kehilangan mobil akibat pencurian juga akan ditanggung kerugiannya oleh asuransi mobil all risk. 

2. Bisa Melakukan Perluasan Perlindungan

Salah satu kelebihan utama menggunakan asuransi mobil all risk terbaik adalah dapat ilakukan perluasan perlindungan lebih menyeluruh. Perluasan perlindungan meliputi penggantian mesin mobil atau perbaikan apabila mobil terkena bencana alam seperti banjir atau gempa.

Perluasan perlindungan dari asuransi all risk terbaik juga termasuk penggantian mobil jika terkena bencana alam yang mengakibatkan mobil hilang terkena arus banjir dan sebagainya. 

Perlindungan terhadap kerusakan akibat aksi huru-hara dan tanggung jawab kepada pihak ketiga jika kecelakaan menimbulkan luka pada pengendara lain. 

3. Penyebab Asuransi Tidak Dapat Dicairkan

Pemilik asuransi harus memahami syarat klaim asuransi mobil all risk karena ada beberapa hal yang menyebabkan asuransi tidak bisa dicairkan. Berikut kondisi yang membuat asuransi tidak bisa dicairkan:

  • Rusak saat belajar mengemudi
  • Digunakan untuk turut serta dalam acara hingga unjuk rasa
  • Digunakan untuk tindak kejahatan dan sebagainya

4. Prosedur Klaim Asuransi

Sebelum mengajukan klaim asuransi mobil all risk, lengkapi dulu persyaratan dan hal yang harus dilakukan di bawah ini:

  • Foto kendaraan yang rusak
  • Menyerahkan dokumen asuransi termasuk salinan polis asuransi
  • Memperbaiki di bengkel rekanan asuransi

Artikel terkait : 5 Daftar Produk Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia Tahun 2022

Asuransi mobil all risk banyak dipilih oleh pemilik mobil baru saat ini karena layanan yang diberikan lebih lengkap dibandingkan asuransi lainnya. Asuransi ini menanggung perbaikan mulai dari kerusakan minor hingga kerusakan berat. 

FAQ

A. Berapa biaya asuransi mobil all risk?

Ketika Anda membeli asuransi mobil all risk, itu berarti Anda sudah tahu biaya mahal yang harus dibayarkan. Sebab premi asuransi ini bisa berada di kisaran 3,5 persen dari harga kendaraan per tahunnya.

B. Apakah klaim asuransi mobil bayar?

Sebagaimana yang telah diatur oleh OJK, biaya klaim minimal yang bisa diberlakukan oleh perusahaan adalah sebesar Rp 300.000. Akan tetapi biaya ini bisa saja lebih tinggi tergantung dari premi dan penyebab kejadian.

C. Bagaimana sistem asuransi mobil?

Cara kerja asuransi mobil bekerja antara lain pada saat nasabah membayar premi kepada sebuah perusahaan asuransi, premi tersebut bersama dengan premi pemegang polis yang lain akan masuk ke dalam penghimpunan dana besar yang dibentuk oleh pihak asuransi.

0 Response to "Mengenal Asuransi Mobil All Risk, 4 Hal Penting yang Harus Dipahami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel