-->

Mengenal Aplikasi Signal, Aplikasi Messenger Saingan WhatsApp

Mister Tekno, Mengenal Aplikasi Signal - Belakangan ini nama aplikasi Signal menjadi trending, hal ini tidak lepas dengan kebijakan WhatsApp terbaru terkait privasi penggunanya. Sontak banyak yang merespon dengan sinis, salah satunya adalah CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk, bahkan pemilik perusahaan mobill listrik ini menyarankan pengguna WhatsApp beralih ke Signal.

Aplikasi Signal

Apa itu Aplikasi Singal?

Signal adalah layanan pesan terenkripsi terpusat lintas platform yang dikembangkan oleh Signal Technology Foundation dan Signal Messenger LLC . Aplikasi ini menggunakan Internet untuk mengirim pesan satu-ke-satu dan grup, yang dapat mencakup file , catatan suara, gambar dan video, Wikipedia.

Sama seperti WhatsApp, aplikasi Signal juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan suara dan video satu ke-satu dan grup, dan versi Android secara opsional dapat berfungsi sebagai aplikasi SMS.

Aplikasi ini juga bisa digunakan di dekstop berbasis Windows, Mac, dan Linux. Signal adalah aplikasi gratis hanya cukup menggunakan nomor telepon seluler standar. Sebagai pengenal dan mengamankan semua komunikasi ke pengguna Signal lain dengan enkripsi ujung ke ujung . 

Aplikasi tersebut menyertakan mekanisme di mana pengguna dapat secara independen memverifikasi identitas kontak mereka dan integritas saluran data. Pengguna akan disuguhkan dengan berbagai fitur layaknya aplikasi perpesanan serupa. Misalnya fitur mengirim pesan pribadi, grup, stiker, mengirim foto dan video, serta panggilan suara dan video.

Kapasitas Penggunaan Aplikasi Signal

Dikutip dari How to Geek, kapasitas grup di Signal juga bisa sampai 1.000 orang, dan panggilan telepon di aplikasi Signal bisa mencapai delapan orang.

Namun, keamanan di aplikasi ini sangat terjaga, karena percakapan di Signal sangat aman karena terenkripsi end-to-end. Artinya, pemilik Signal sekalipun tidak dapat memantaunya. Hanya pengirim dan penerima pesan itu yang bisa melihatnya.

Cara Menggunakan Aplikasi Signal

Anda bisa mengunduhnya di toko aplikasi yang ada di ponsel Anda (play store dan iOS), ukuran fileny sekitar 34 mb. Untuk pemakaian di Android, pastikan operasi sistem yang digunakan versi 4.4 atau di atasnya. Sedangkan untuk di perangkat Apple, Signal bisa berfungsi di iOS 11.1 atau di atasnya.

Untuk pengunaan versi desktop, Signal bisa digunakan pada Windows harus 64-bit: 7, 8, 8.1 dan 10. Dan di macOS harus versi 10.10 atau lebih. Sementara di Linux harus 64-bit distribusi yang mendukung APT, seperti Ubuntu atau Debian.

Pengguna WhatsApp Banyak yang Beralih ke Signal

Dengan kebijakan aturan privasi baru dari WhatsApp, Signal sangat diuntungkan dengan isu ini. Bahkan, data terbaru jutaan pengguna WhatsApp mulai beralih menggunakan Signal sebagai alternatif layanan perpesan di ponsel mereka. 

Dikutip dari The Verge, Kamis (28/1/2021), adopsi Signal tak terbendung, jadi nomor 1 aplikasi paling banyak diunduh di puluhan negara. Signal menyatakan saat ini pengguna mereka sudah meroket sampai 40 juta dan pertumbuhannya masih terus melesat. Beberapa fitur baru pun ditambahkan demi kenyamanan penggunanya.  

Sejumlah fitur utama anyar telah disiapkan untuk mengantisipasi membanjirnya pindahan pengguna dari WhatsApp. Pembaruan ini terdiri dari berbagai fitur yang memperkaya layanan, antara lain:

  • Dengan update terbarunya, pengguna dapat memilih dari koleksi latar belakang dan menerapkannya ke obrolan satu per satu atau memilih satu untuk diterapkan ke semua obrolan.
  • Signal juga memberi dukungan untuk stiker animasi secara langsung dengan pembaruan tersebut. Selain itu, ada juga paket stiker animasi resmi pertama yang disebut "Day by Day" oleh Miguel Ángel Camprubí, tetapi pengguna juga memiliki pilihan untuk membuat stiker animasi sendiri melalui Signal Desktop.
  • Selain fitur stiker, ada beberapa fitur sosial lainnya mengalami pembaruan. Seperti, ada bagian Tentang baru di Profil Signal, yang merupakan laman profil pengguna. Sekarang, pengguna juga dapat melihat foto profil orang lain dalam layar penuh dengan mengetuknya.
  • Pengguna juga bahkan bisa melihat obrolan Signal muncul di saran mereka saat berbagi sesuatu dari aplikasi lain. Ini adalah kemampuan yang berguna karena dapat mempermudah pengguna dalam menyalin dan menempel saat mereka berpindah antar aplikasi.
  • Kini Signal juga dapat menurunkan penggunaan data untuk panggilan dan memberi pengguna kemampuan menjeda dan melanjutkan unduhan lampiran. Selain melakukannya secara manual, Signal juga akan menjeda unduhan lampiran secara otomatis saat panggilan sedang berlangsung.
  • Dari fitur kompresi gambar juga telah ditingkatkan, yang berarti kualitas gambar akan lebih baik secara keseluruhan. 
  • Terakhir, Signal sekarang akan menampilkan nama pengirim dalam obrolan grup saat mereka melihat pratinjau daftar obrolan yang diperluas.

Kelemahan Aplikasi Signal

Signal sendiri belum punya mekanisme atau kebijakan untuk menangkal kaum kriminal atau sejenisnya di platform mereka. Dengan enkripsi yang aman, pesan-pesan berbahaya bisa jadi lalu lalang di aplikasi ini.

Bahkan mantan pegawai Signal bernama Greeg Bernstein mengatakan, "Dunia memang butuh produk seperti Signal, tapi Signal juga harus lebih berpikir lagi. Signal tak punya kebijakan semacam itu (menangkal pengguna berbahaya). Mereka bahkan resisten untuk mempertimbangkan akan seperti apa,"

Jadi, bisa saja Signal berpotensi disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan fitur baru semacam pengguna bisa membuat grup dengan 1.000 orang. Ha ini tentu bisa menjadi favorit bagi oknum untuk menggerakkan masa/pendukung tertentu misalnya. 

Karena sangat terlindungi, bahkan Signal sendiri tidak dapat mengetahui apapun di grup tersebut. Dikhawatirkan Signal hanya akan mementingkan pertumbuhan dengan tujuan utama memperoleh 100 juta pengguna aktif. Angka itu dipandang akan mendukung Signal mampu membiayai operasionalnya yang mengandalkan donasi dari para user.

Baca juga: Cara Mengirim Pesan WhatsApp Tanpa Perlu Menyimpan Nomor Penerima

Ringkasan

Semoga saja aplikas Signal tidak disalahgunakan oleh para pelaku kejahatan, karena itu akan berdampak pada pengguna lainnya. Seperti kita ketahui aplikasi Signal sangat mengandalkan keamanan dan privasi sebagai nilai jual aplikasinya.

1 Response to "Mengenal Aplikasi Signal, Aplikasi Messenger Saingan WhatsApp"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel