-->

Iklan

Tips Membeli HP iPhone Bekas dan Cara Mengeceknya

Mister Tekno, Anda sedang mencari informasi tentang tips beli iphone bekas, maka Anda sudah menemukan artikel yang pas, karena dalam artikel ini akan diberikan penjelasannya secara gamblang.

Tips Membeli HP iPhone Bekas
cara membeli hp iPhone bekas

Tips Membeli HP iPhone Bekas

Walaupun HP Android masih menguasai pasaran, terutama di Indonesia. Namun, iPhone masih menjadi incaran semua orang didunia, karena banyak fitur canggih terutama fitur keamanan yang ditawarkan produk dari Apple ini. Selain itu kamera iPhone juga dapat dikategorikan sempurna karena dapat memotret gambar dengan resolusi yang tinggi.

iPhone juga dianggap hp mewah yang bisa membuat penggunanya lebih kelihatan stylish. Namun, dengan semua fitur yang dimiliki hp iPhone membuat harganya sangatlah mahal. Karena harganya mahal, maka banyak peminat iPhone memilih membeli dalam kondisi bekas.

Nah, agar Anda tidak tertipu dalam membeli hp iPhone bekas, berikut ini Mister Tekno sajikan tipsnya.

1. Cek Kondisi iPhone

Hal pertama yang harus dilakukan adalah cek dulu kondisi iPhone. Perhatikan fisiknya dengan melihat banyak atau tidaknya baret yang ada di hp iPhone yang akan Anda beli.

Pastikan layar dalam keadaan baik-baik saja tanpa adanya keretakan, periksa sudut-sudut iPhone apakah ada yang crack, dan jangan lupa periksa port charge, tombol, speaker dan mic. 

2. Cek Nomor IMEI

Anda bisa menanyakan kelengkapan iPhone bekas tersebut, apakah lengkap dan masih original. Jika semua informasi yang diberikan sudah cukup, sebelum melakukan transaksi ada baiknya Anda cek nomor IMEI iPhone.

Caranya adalah pergi ke menu Settings > General > About.

Setelah itu, cocokan dengan nomor IMEI di dusnya, untuk mengetahui apakah itu iPhone asli atau palsu.

3. Usahakan Membeli iPhone dengan COD

Sebaiknya beli iPhone bekas secara langsung atau COD (Cash On Delivery). Pasalnya, ini bertujuan untuk menghindari maraknya penipuan di internet dan banyak drama-drama olshop yang sering kita jumpai. 

Karena saat ini sudah banyak kasus penipuan jual beli online, semisal barang yang diterima oleh pembeli tidak sesuai dengan deskripsi produk. 

Baca juga: Urutan HP Berdasarkan Kualitas, Terbaik dan Awet!

4. Periksa iCloud iPhone

Fitur iCloud inilah yang membuat iPhone berbeda dengan Android. Jangan sampai lupa untuk mengecek iCloud nya. Pastikan si penjual iPhone sudah menghapus iCloud mereka pada perangkat iPhone yang akan Anda beli. Jadi iPhone yang sudah Anda beli nanti dalam keadaan iCloud kosong.

Suruh si penjual untuk menonaktifkan akunnya terlebih dulu. Cara untuk mengeceknya:

  • Masuk ke menu Settings > iCloud, dan pastikan akun sudah kosong. Jika masih ada, tanyakan langsung dan minta untuk segera mengeluarkan iCloud beserta fitur Find My iPhone.

5. Memeriksa Activation Lock dan Lost Mode

Activation Lock merupakan fitur untuk mengunci perangkat iPhone ketika iPhone mereka telah dicuri. Selain itu bisa jadi iPhone tersebut dikunci karena ada alasan lainnya. 

Pada update OS terbaru fitur ini berubah namanya menjadi Lost Mode. Yang dapat membuka kunci iPhone yang terlock adalah penggunanya sendiri, dan Anda seharusnya tidak membali iPhone dalam keadaan terkunci. 

6. Cek Kunci Passcode iPhone

Hal ini sering terjadi pada mereka yang membeli iPhone bekas secara online. Karena pada saat mereka menerima paket iPhone yang diterima dalam keadaan terlock dengan Passcode. Tak ayal, hp iPhone tidak bisa digunakan oleh si pembeli.

Jika penjual tidak mengetahui Passcode, maka bisa jadi kemungkinan iPhone yang mereka jual adalah hasil curian, karena jika penjual lupa seharusnya mereka mencantumkannya di deskripsi. 

7. Mencoba Kartu SIM

Pastikan iPhone bekas yang Anda bidik dapat melakukan telepon maupun mengirim SMS. Anda bisa mencoba memasukan kartu SIM kamu kedalam perangkat, dan cobalah untuk mengirim pesan singkat dan mencoba menelpon, dan pastikan SIM yang kamu insert tadi terbaca dan telepon maupun SMS lancar. 

Hal ini bertujuan untuk menghindari iPhone yang kamu terima adalah iPhone luar negeri yang SIM-nya tidak kompitable dengan kartu SIM di Indonesia.

8. Cek Kesehatan Baterai iPhone

Cara termudah mengecek kesehatan baterai iPhone adalah dengan menggunakannya selama 10 hingga 15 menitan dengan membuka aplikasi ringan atau browsing. 

Perhatikan presentase baterainya, jika selama 10 hingga 15 menit presentasi baterai menurun dengan signifikan maka baterai iPhone yang akan kamu beli itu dalam keadaan tidak sehat.

Cara Cek Beli iPhone Bekas

Selain cara-cara diatas, ada cara efektif lainnya (walaupun agak repot) untuk mengecek keaslian iPhone bekas yang akan Anda beli, yaitu dengan aplikasi 3uTools. Syaratnya Anda harus memiliki laptop untuk mengeceknya saat melakukan COD.

  • Dengan menggunakan aplikasi 3uTools, Anda tinggal hubungkan iPhone ke laptop dengan kabel lighting dan usahakan original.
  • Kemudian buka aplikasi 3uTools hingga iPhone ditampilkan. Lalu, untuk mengecek kondisi iPhone bekas, kamu tinggal klik tombol View Verification Report.
  • Sehingga akan tampil sejumlah status dari bagian iPhone bekas. Jika status berwarna hijau berarti masih original, sementara jika status berwarna merah berarti sudah pernah dibongkar atau diganti.
  • Jangan lupa perhatikan pula Testing Score yang ada di bagian bawah. Di mana banyak orang menyarankan skor antara 90 hingga 100 untuk mendapatkan iPhone bekas dalam kondisi terbaik.

Baca juga: Cara Agar Kamera iPhone Menjadi Terbaik

Ringkasan

Sekian artikel mengenai tips membeli hp iPhone bekas. Semoga dengan adanya informasi ini dapat memberikan manfaat bagi Anda yang mau membeli iPhone bekas tapi masih bagus dan aman.

0 Response to " Tips Membeli HP iPhone Bekas dan Cara Mengeceknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel