-->

Ingin Daftar Merek Secara Online? Yuk Simak Caranya Disini!

Mister Tekno, Ingin Daftar Merek Secara Online? Yuk Simak Caranya Disini! – Tahukah Anda cara daftar merek secara online?, Jika Anda belum mengetahuinya, tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena artikel kali ini akan mengulas tentang langkah apa saja yang harus dilakukan jika Anda ingin mendaftarkan merek secara online. Untuk lebih jelasnya Anda bisa baca artikel tentang daftar merek secara online dibawah ini hingga tuntas.
daftar merek secara online
daftar merek secara online


Cara Daftar Merek Secara Online


Brand atau merek merupakan salah satu hal yang melekat di dalam diri manusia. Hal ini dikarenakan setiap harinya anda akan bertemu dengan merek tersebut. Selain itu, dengan adanya merek sendiri dapat berfungsi untuk menjadi pembeda antara barang satu dengan barang yang lain. 

Untuk itu, bagi anda yang merupakan pelaku usaha, maka anda pun wajib untuk mendaftarkan merek yang anda miliki. Sehingga nantinya anda tidak akan kehilangan merek yang telah menjadi ciri khas dari produk anda.

Berikut ini adalah alur daftar merek yang perlu Anda tahu:


1. Dengan Melakukan Registrasi Akun


Untuk hal pertama yang anda lakukan ketika ingin mendaftarkan merek adalah dengan registrasi akun aplikasi yang ada di website. Untuk pendaftaran merek Anda bisa kunjungi web Patendo

Nantinya akun yang anda registrasikan akan otomatis terdaftar. Selanjutnya, anda pun bisa untuk melakukan aktivasi melalui link yang dikirimkan ke alamat email yang telah didaftarkan tersebut.


2. Melakukan Log In ke Akun yang Telah Terdaftar


Kemudian ketika anda telah berhasil melakukan registrasi, maka langkah selanjutnya yang bisa untuk anda lakukan adalah dengan log in ke akun yang telah anda daftarkan tersebut. Disana anda bisa mengajukan permohonan. Dimana nantinya anda pun akan diarahkan ke sebuah website yakni simpaki.dgip.go.ig. Pada alamat website tersebut, pendaftar akan diarahkan untuk pemesanan kode billing dan juga nomer pembayaran.

Selanjutnya, sistem akan menerbitkan perintah untuk pembayaran sesuai dengan data yang diinput. Anda pun bisa melakukan pembayaran dengan maksimal dilakukan pada satu hari setelah permohonan kode billing tersebut diajukan. Maka anda pun nantinya akan bisa melakukan pengisian data permohonan untuk pendaftaran merek setelah melakukan proses pembayaran.


3. Mengisi Identitas Merek yang Akan Didaftarkan


Ketika anda telah selesai melakukan pembayaran, maka anda pun bisa melakukan pengisian identitas untuk pemohon dan juga merek yang akan anda daftarkan ke dalam sistem. 

Nantinya ketika proses pengisian data dan juga klasifikasi merek dapat berjalan dengan lancar, maka pemohon pun hanya tinggal untuk menunggu pengecekan permohohan. Hal ini biasanya akan dilakukan oleh petugas Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.


4. Beberapa Syarat yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Mendaftarkan Merek


Proses pendafataran merek yang dilakukan secara online ini tentu saja akan terlihat mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, sebelum itu anda pun juga perlu memperhatikan beberapa hal yang perlu untuk anda persiapkan ketika ingin untuk mendaftarkan merek anda. Ada beberapa syarat dan juga tata cara yang harus untuk anda penuhi ketika ingin mendaftarkan merek.

Syarat tersebut adalah anda perlu untuk memperhatikan tanggal, bulan dan tahun untuk mengajukan permohonan. Selain itu, nama lengkap dan juga kewarganegaraan serta alamat pemohon pun juga perlu anda isi dengan benar dan juga sesuai agar proses bisa berjalan lebih lancar. Apabila anda mengajukan permohonan melalui kuasa, maka isilah nama lengkap dan juga alamat kuasa secara benar dan rinci.

Anda pun juga perlu untuk menuliskan nama negara dan juga tanggal permintaan merek. Dimana dalam hal ini adalah yang pertama kali dalam hal permohonan diajukan dengan menggunakan hak prioritas. Di dalam hal label merek, maka anda pun juga wajib untuk memuhi persyaratan yang diajukan. 

Dimana pendaftaran hak paten Anda harus menyiapkan label merek dengan memiliki ukuran paling kecil yakni 2 x 2 sentimeter, untuk cara membuat merek dagang yang mudah dapat menghubungi kami.

Baca juga: Cara Menampilkan Merk HP di Kamera Xiaomi dengan Gampang


Penutup



Sekian artikel dari Mister Tekno yang bisa dibagikan, tentang cara daftar merek secara online. Bagaimana prosedur pendaftaran merek yang harus Anda lakukan, agar merek Anda terdaftar secara resmi. 

Semoga dengan adanya informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Anda yang ingin mendaftarkan merek Anda secara online. Semoga sukses! Terima kasih dan sampai jumpa di artikel tips n trik selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel