-->

Cara Menambahkan dan Menghapus Akun Email di Mac

Mister TeknoCara Menambahkan dan Menghapus Akun Email di Mac - Bagi Anda pengguna Mac memiliki beberapa alamat email memang sangat dibutuhkan. Karena untuk membedakan antara email pribadi dan email yang berhubungan dengan pekerjaan. Sehingga, mau tidak mau membuat Anda ingin memeriksa semua akun email di komputer Anda di satu tempat. Nah artikel kali ini akan membahas tentang cara menambahkan dan menghapus alamat email untuk akun yang tidak lagi Anda gunakan.


Menambahkan dan Menghapus Akun Email di Mac
menambahkan dan menghapus akun email di Mac


Menambahkan dan Menghapus Akun Email di Mac


Jika Anda sudah tidak ingin memakai alamat gmail tersebut di perangkat Mac Anda, karena berhubungan dengan pekerjaan yang sudah lama Anda tinggalkan. Anda bisa menghapusnya sekarang juga. Berikut ini Mister Tekno tunjukkan cara menambah dan menghapus akun email di Mac:


1. Tambahkan akun email secara otomatis atau manual


Jika Anda menggunakan email yang berasal dari penyedia email seperti Google, Yahoo, atau iCloud. Maka mail akan secara otomatis menambahkan akun email Anda hanya dengan alamat email dan kata sandi Anda.

Namun, jika Anda menggunakan alamat email dari penyedia layanan internet (ISP), Anda mungkin harus memasukkan pengaturan akun email secara manual. Untuk mengatur akun email Anda secara manual, Anda perlu mengetahui nama pengguna Anda (umumnya alamat email lengkap Anda), Server Email Masuk, dan Server Email Keluar. Jika Anda tidak mengetahuinya, cari atau hubungi penyedia email Anda.


#POP vs. IMAP


Anda juga harus memilih IMAP atau POP untuk akun email Anda. IMAP adalah singkatan dari Internet Message Access Protocol , sementara POP adalah Post Office Protocol. Protokol-protokol ini memungkinkan Anda menerima email menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Mail.

Jika Anda mengakses email di beberapa perangkat, seperti komputer, ponsel, dan tablet Anda, Anda harus menggunakan IMAP. Email dan struktur folder disimpan di server dan hanya salinan yang disimpan secara lokal di perangkat Anda. Menggunakan IMAP memastikan bahwa semua perangkat Anda melihat email dan struktur folder yang sama.

POP adalah protokol yang lebih lama, tetapi dapat bermanfaat jika Anda ingin mengunduh dan menyimpan email (bukan salinan) secara lokal di perangkat Anda. Email yang diunduh menggunakan POP tersedia bahkan ketika Anda tidak terhubung ke internet.

POP juga merupakan cara yang baik untuk memiliki cadangan semua email Anda. Namun, jika Anda memilih POP di klien email di perangkat seluler, kemungkinan besar Anda tidak akan dapat membuat dan menggunakan folder untuk mengatur email Anda.

Jika Anda menggunakan POP di klien email di komputer Anda, pastikan Anda mengatur opsi untuk meninggalkan salinan email yang diunduh di server. Dengan begitu, Anda dapat mengunduh email ke komputer dan masih menerima pesan yang sama di perangkat seluler Anda.


2. Tambahkan Akun Email dengan Otentikasi Dua Faktor


Otentikasi dua faktor (2FA) adalah metode keamanan yang memberikan keamanan tambahan saat masuk ke akun online. Saat menggunakannya, Anda harus membuktikan identitas Anda dengan dua cara berbeda. Salah satunya adalah kata sandi biasa, yang dapat diakses dengan beberapa cara .

Tingkat keamanan kedua pada akun Anda dengan 2FA mengharuskan Anda untuk tidak hanya mengetahui kata sandi, tetapi juga memiliki sesuatu, seperti nomor telepon Anda. Hal ini akun email Anda lebih aman, karena orang lain lebih sulit untuk meretas akun Anda.

Jika Anda menambahkan akun email yang mengaktifkan otentikasi dua faktor, seperti akun Gmail, Anda harus mendapatkan kata sandi khusus aplikasi sebelum menambahkan akun email Anda ke Mail.

Sandi khusus aplikasi adalah kode yang dibuat oleh layanan atau penyedia email. Kode ini digunakan sebagai ganti kata sandi normal Anda saat menambahkan akun email ke Mail, atau klien email pihak ketiga lainnya. Penyedia email Anda harus memiliki instruksi tentang cara mendapatkan kata sandi khusus aplikasi untuk akun email Anda.


3. Tambahkan Akun Email ke Mail di Mac


Anda dapat menambahkan akun email di Mac Anda di aplikasi Mail atau di System Preferences. Hasilnya sama dengan menggunakan salah satu metode; kami akan tunjukkan keduanya.


3.1. Tambahkan akun email dalam Mail


Untuk menambahkan akun email menggunakan aplikasi Mail, buka dan buka Mail > Add Account dari menu bar.

Pilih jenis akun email yang Anda tambahkan dan ikuti petunjuknya.
menambahkan dan menghapus akun email di Mac


Jika Anda tidak melihat jenis akun di daftar, pilih Other Mail Account. Pilih Continue setelah Anda memutuskan pilihan.

Jika Anda memilih Other Mail Account, sistem akan tetap mencoba menambahkan akun email secara otomatis. Kotak dialog berikut ini ditampilkan jika nama akun dan kata sandi tidak dapat diverifikasi.
menambahkan dan menghapus akun email di Mac

Kemudian masukkan informasi tambahan seperti yang dibahas di atas dan pilih IMAP atau POP. Selanjutnya, klik Sign In.

Jika akun email Anda memverifikasi, Anda ditanya aplikasi mana yang ingin Anda gunakan dengan akun baru. Pilih aplikasi yang ingin Anda gunakan dan klik Done. Perhatikan bahwa akun email Anda mungkin tidak mendukung semua aplikasi yang terdaftar.
menambahkan dan menghapus akun email di Mac


3.2. Ubah deskripsi akun di Mail


Akun email Anda ditampilkan di bawah Inbox dalam Mail. Secara default, alamat email ditampilkan sebagai deskripsi untuk akun. Untuk mengubah ini, klik kanan pada akun di bawah Inbox dan pilih Edit dari popup menu.

Pilih akun email yang ingin Anda ganti namanya. Selanjutnya, masukkan New Description dan tutup kotak dialog.
menambahkan dan menghapus akun email di Mac


3.3. Tambahkan akun email di system preferences


Anda juga dapat menambahkan akun email ke Mac Anda melalui System Preferences. Menambahkan Akun Internet menambahkan akun ke aplikasi Mail di Mac Anda dan pengaturannya sama.

Klik ikon System Preferences di Dock Anda atau buka menu Apple > System Preferences dari bilah menu. Kemudian pilih Internet Accounts. Pilih jenis akun email yang ingin Anda tambahkan dan ikuti petunjuknya. Pilih Add Other Account jika Anda tidak melihat jenis email Anda dalam daftar.
menambahkan dan menghapus akun email di Mac


3.4. Ubah deskripsi akun di system preferences


Secara default, alamat email ditampilkan sebagai deskripsi untuk akun. Namun, Anda dapat mengubah ini seperti Anda dapat di aplikasi Mail.

Kembali ke System Preferences > Internet Accounts. Kemudian pilih akun yang ingin Anda ganti namanya dan klik tombol Detail. Masukkan deskripsi baru dan klik OK.
menambahkan dan menghapus akun email di Mac


4. Hapus atau Nonaktifkan Akun Email di Mac


Jika Anda memiliki akun email di Mac yang tidak lagi digunakan, Anda dapat menghapus atau menonaktifkannya. caranya sebagai berikut:

Klik ikon System Preferences di Dock Anda atau buka menu Apple > System Preferences dari bilah menu. Kemudian buka Internet Accounts.


4.1. Hapus sebuah akun


Jika Anda ingin menghapus akun sepenuhnya, pilih di daftar dan klik tanda minus di bawah daftar. Konfirmasikan tindakan ini dengan mengklik OK.
menambahkan dan menghapus akun email di Mac

4.2. Nonaktifkan akun


Anda juga dapat membuat akun tidak aktif dengan menghapus centang semua aplikasi terkait untuk akun tersebut. Jika Anda ingin menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia tetapi tidak mengirim email, hapus centang Mail di daftar sambil membiarkan aplikasi yang ingin Anda gunakan diperiksa.
menambahkan dan menghapus akun email di Mac
 Artikel lainnya: Pengertian dan Sejarah iPad dari Apple

Kesimpulan


Sekian artikel dari Mister Tekno kali ini, tentang cara menambahkan dan menghapus akun email di Mac, dimana Mail on macOS adalah aplikasi email yang bagus untuk menghubungkan dan mengelola semua akun Anda. Jadi, jika Anda ingin menambahkan akun Exchange atau menghapus akun Google di Mac Anda, Apple Mail membuatnya jadi lebih mudah. 

Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke mistertekno.com, jika ada pertanyaan silahkan hubungi Contact Us. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel Tutorial selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel