-->

Iklan

Penyebab Komputer Mati Sendiri Saat Booting dan Cara Mengatasinya

Mister Tekno, Penyebab Komputer Mati Sendiri Saat Booting – Halo sobat, apakah Anda pernah mengalami komputer mati sendiri saat booting?, Jika Anda ingin mengetahui penyebab komputer mati sendiri saat booting secara tiba-tiba dan cara mengatasinya. Simak artikel tentang penyebab komputer mati sendiri saat booting dibawah ini hingga tuntas yuk!
Penyebab Komputer Mati Sendiri Saat Booting
penyebab komputer mati sendiri saat booting


Penyebab Komputer Mati Sendiri Saat Booting


Komputer sering mati sendiri saat booting memang sangat menganggu, apalagi jika ada pekerjaan atau tugas sekolah yang menumpuk. Namun sobat tidak perlu bingung, karena sebelum kita memperbaikinya sebaiknya kenali dulu beberapa penyebab yang bisa membuat komputer mati sendiri.  

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang bisa membuat komputer mati sendiri saat booting: 

1. Komputer jarang dibersihkan

Penyebab Komputer Mati Sendiri Saat Booting

Hal ini sering menjadi penyebab utama pada komputer. Karena jarang dibersihkan sehingga menyebabkan debu-debu menempel pada berbagai kompunen CPU. Pasalnya, jika terlalu banyak debu yang menempel dapat berpengaruh terhadap kinerja komputer itu sendiri. Contoh kecil adalah debu yang terlalu banyak menempel pada fan / kipas processor hingga membuat kipas tidak bisa berputar normal, dan mengakibatkan processor cepat panas.

2. Power supply rusak

Penyebab Komputer Mati Sendiri Saat Booting

Power supply berfungsi agar komputer mendapatkan aliran listrik, sehingga komputer dapat menyala. Jika power supply rusak atau sudaah tidak normal, meskipun komputer dapat nyala, tapi asupan daya listrik ke bagian komputer akan berkurang atau bahkan hilang sama sekali. Inilah yang bisa membuat komputer mati sendiri saat booting.

Banyak faktor yang mengakibatkan power supply rusak, antara lain korsleting listrik atau bisa juga terkena lonjakan daya listrik yang didapatkan power supply. 

3. Harddisk dan memory rusak

Penyebab Komputer Mati Sendiri Saat Booting

Penyebab lainnya adalah harddisk dan memory yang rusak. Karena jika dua komponen ini mengalami masalah maka komputer tidak bisa menyala normal seperti biasanya. Ada banyak faktor yang mengakibatkan kerusakan pada harddisk dan memory, seperti debu, faktor umur harddisk yang sudah terlalu lama, sering terkena korsleting listrik, sering terkena overheating, dan masih banyak lainnya. .

4. VGA bermasalah

Penyebab Komputer Mati Sendiri Saat Booting

Ini memang jarang terjadi, namun komponen VGA ini bisa jadi yang membuat komputer sering mati saat booting. Karena VGA adalah komponen yang berhubungan dengan bagian grafis atau tampilan dalam komputer. Jika komponen ini mengalami masalah, maka tampilan di dalam layar komputer tidak akan muncul atau hanya menampilkan blue screen saja. VGA yang bermasalah bisa membuat komputer akan hidup sebentar, dan beberapa saat kemudian akan mati sendiri.

Salah satu faktor yang membuat kerusakan pada VGA adalah disebabkan oleh udara panas yang berada di dalam CPU (overheating). Sebaiknya Anda memakai komponen VGA Card yang bisa dilepas untuk dibersihkan daripada memakai VGA jenis add-on (menempel).

5. Terkena Virus

Penyebab Komputer Mati Sendiri Saat Booting

Virus pada komputer memang bisa sangat menganggu dan membuat komputer sering rusak. Selain merusak program-program yang ada di dalam komputer, namun dapat juga merusak komponen komputer lainnya. Virus komputer yang bisa sampai membuat kerusakan pada sistem artinya kategori sangat parah. Dan salah satu ciri komputer terkena virus adalah komputer selalu mati sendiri ketika baru dinyalakan, atau bisa juga super lemot jika dibuat menjalankan program seperti word, maupun pemutar musik.

Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri Saat Booting


Beberapa cara mengatasi komputer mati sendiri saat boooting:  

Periksa suara beep (Beep Code)


Jika Anda mendengar bunyi kode beep dari komputer, maka kemungkinan akan lebih mudah untuk mengetahui letak permasalahan. Kode beep akan memberi tahu dengan persis apa penyebab komputer Anda mati. Dengarkan dengan seksama kode beep yang berbunyi saat komputer mulai dinyalakan. Jika terlewatkan, cukup restart/hidupkan kembali komputer anda, dan dengarkan lagi. 

Berikut adalah kode beep error komputer:

     Beep Code          Descriptions
  • 1 short           DRAM refresh failure.
  • 2 short          Parity circuit failure.
  • 3 short          Base 64 K RAM failure.
  • 4 short          System timer failure.
  • 5 short          Process failure.
  • 6 short          Keyboard controller Gate A20 error.
  • 7 short          Virtual mode exception error.
  • 8 short          Display memory Read/Write test failure.
  • 9 short          ROM BIOS checksum failure.
  • 10 short          CMOS shutdown Read/Write error.
  • 11 short          Cache memory error.
  • 1 long, 3 short  Conventional/Extended memory failure.
  • 1 long, 8 short  Display/Retrace test failed.
  • Two-tone siren  Low CPU fan speed, voltage level issue.

Periksa power supply


Pastikan tegangan power supply ke komputer benar-benar normal. Karena jika tegangan power supply ke komputer bermasalah maka komputer Anda kemungkinan hanya bisa menyala sebentar.

Periksa suhu komputer


Periksa suhu komputer agar mendapatkan sirkulasi udara yang bagus. Karena jika suhu komponen di komputer kurang dingin, kemungkinan akan terjadi overheat di suatu titik yang membuat komputer otomatis mati.

Anda bisa coba untuk membuka chasing komputer, dan periksa apakah komponen dalam komputer Anda berdebu terutama di kipas / fan processor. Jika terdapat kotoran atau debu, sebaiknya komputer dibersikan dengan menggunakan pompa angin atau bisa dengan melepas komponen satu persatu dan membersihkannya. lalu cobalah untuk menyalakan kembali. 

Korsleting listrik


Ini sangat penting untuk memeriksa apakah ada korsleting listrik di dalam komputer Anda. Karena ini sangat sering menjadi penyebab masalah saat komputer menyala sebentar lalu mati. Segera cari penyebab yang dapat menyebabkan korslet, sebelum mengakibatkan komponen lainnya akan rusak parah.

Korsleting listrik di dalam komputer sering disebabkan oleh sekrup, dalam kasus ini mungkin ada kontak fisik dengan logam pada motherboard atau komponen internal lainnya. Sekrup yang digunakan untuk mengamankan hampir setiap komponen bagian dalam kasus termasuk kartu video, kartu suara, hard drive, drive optik. Goyang-goyangkan PC Anda, jika ada bunyi gemeretak kemungkinan ada sekrup yang telah lepas, gunakan obeng yang kecil dan agak panjang untuk membantu mengeluarkannya.

Atau bisa juga korsleting listrik di dalam komputer disebakan kabel yang telah kehilangan lapisan pelindung, hingga membuat kontak fisik dengan komponen internal.

Cek tombol power


Cek tombol power di bagian depan PC Anda, jJika tombol power korslet atau mungkin melekat dan terus tertekan ke dalam, ini bisa menjadi penyebab komputer mati dengan sendirinya. Anda bisa mengganti tombol power tersebut segera jika itu masalahnya.

Rapikan semua komponen komputer


Cabut semua kabel dan hardware dalam komputer lalu pasang kembali. Karena bisa jadi ada satu atau lebih kabel ataupun hardware telah longgar. Cabut dan pasang kembali komponen seperti kabel power, kabel data, memori, VGA card, sound card, dan lain-lain.

Gunakan hardware secukupnya


Nyalakan komputer Anda dengan hardware yang paling penting saja. Hal ini bertujuan untuk melepaskan sementara hardware sebanyak mungkin namun tetap mempertahankan komputer agar dapat menyala dengan normal. Anda bisa mencoba dengan melepas harddisk, jika komputer dapat menyala, maka kemungkinan harddisk tersebt yang bermasalah.

Baca juga: Penyebab Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Kesimpulan


Dari semua penyebab kerusakan komputer kebanyakan disebabkan oleh instalasi listrik dan debu. Sebaiknya sering bersihkan dari debu dan cek kembali yang berhubungan dengan instalasi listrik. Bagi sobat yang merasa kesulitan untuk melakukan langkah-langkah diatas dapat menyerahkannya kepada jasa servis komputer atau teman yang sudah berpengalaman untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.



Sekian artikel dari Mister Tekno yang bisa admin bagikan kali ini, tentang penyebab komputer mati sendiri saat booting dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke Mistertekno.com, jika ada pertanyaan silahkan hubungi admin di Contact Us, sampai jumpa lagi di artikel-artikel Tips n Trik selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel