√ 6 Virus Komputer Paling Ganas Di Dunia

Mistertekno.com - Virus di komputer memang menjadi momok menakutkan bagi para pengguna gadget. Selain bisa menyebabkan data hilang, virus juga bisa menyebabkan kinerja laptop/komputer semakin lemot. 

Banyak jenis virus yang sudah terbukti membuat kerusakan di perangkat gadget. Salah satunya adalah jenis virus komputer paling ganas di dunia. Bahkan jenis virus ini diklaim telah menimbulkan kerugian senilai 95 miliar dollar AS setara dengan Rp 1.366 triliun.

Saking ganasnya virus ini, beberapa waktu yang lalu seniman internet asal China bernama Gou O Dong justru melelang laptopnya dengan harga selangit, karena didalamnya terdapat 6 virus komputer paling ganas didunia. Keenam virus ganas yang ada di dalam laptop Netbook Samsung NC-10 itulah yang membuat harganya melejit.
Virus Paling Ganas Di Dunia
Laptop dengan 6 Virus Paling Ganas Di Dunia
Gou O Dong menjual laptop tersebut dengan dilelang secara online lewat sebuah situs. Harga lelang dimulai dengan 1,2 juta dollar AS atau lebih dari Rp 17 miliar, termasuk unit laptop dan keenam virus di dalamnya, kabel daya, dan script untuk restart. Begitu pembeli sudah ada, konektor-konektor dan fungsi internet laptop 10,2 inci yang menjalankan sistem operasi Windows XP SP3 itu akan dimatikan.

Guo sendiri membuat laptop ini berkolaborasi dengan DeepInstinct, firma kemanan siber asal New York, AS. Keenam virus ganas yang ada didalam laptop itu adalah sebagai berikut: 

1. ILOVEYOU
Virus Paling Ganas Di Dunia

Virus ganas ini menyebar lewat email dan file sharing pada awal dekade 2000-an. Virus ini diklaim menginfeksi lebih dari 500.000 komputer dan menimbulkan kerugian senilai 15 miliar dollar AS setara Rp 215 triliun. 

2. MyDoom
Virus Paling Ganas Di Dunia

Diduga bikinan spammer e-mail asal Rusia, MyDoom adaalah salah satu worm yang penyebarannya paling cepat dan diproyeksikan menimbulkan kerugian 38 miliar dollar AS (Rp 546 triliun). 

3. SoBig
Virus Paling Ganas Di Dunia

Worm dan Trojan ini melancarkan aksinya dengan menyebar lewat e-mail sebagai spam. Virus SoBig bisa mengkopi file, menduplikat, dan mengirimkan diri sendiri lewat e-mail, serta merusak hardware dan software komputer. Sebanyak ribuan PC terkena dampak dengan nilai kerugian mencapai 37 miliar dollar AS (Rp 531 triliun). 

4. WannaCry
Virus Paling Ganas Di Dunia

Ini merupakan jenis virus terbaru, Wannacry adalah sebuah ransomware yang menyandera komputer dan memeras uang tebusan dari korban. Virus ini menyebabkan lebih dari 200.000 komputer di 150 negara terjangkit karena penyebarannya yang sangat cepat. Nilai kerugiannya mencapai 4 miliar dollar AS setara dengan Rp 57 triliun. 

5. DarkTequila
Virus Paling Ganas Di Dunia

Sebuah malware canggih yang menyasar korban di wilayah Amerika Latin. DarkTequila mencuri informasi rekening bank dan data perusahaan, bahkan ketika offline. Kerugian yang diimbulkan ditaksir mencapai kisaran ratusan juta dollar AS. 

6. BlackEnergy
Virus Paling Ganas Di Dunia

Virus yang satu ini memakai metode injeksi rootkit, dibekali enkripsi, serta arsitektur modular. BlackEnergy digunakan dalam serangan siber yang membuat mati listrik dalam skala besar di Ukraina pada Desember 2015. 

Baca juga:

Kesimpulan

Untuk memastikan data Anda aman dari virus, sebaiknya selalu simpan data-data penting di dua media penyimpanan yang berbeda. Anda bisa menggunakan hdd eksternal/portable. Dan ingat, ketika menyimpan di media penyimpanan yang berbeda, pastikan benar-benar bersih dari virus.

Yang terakhir adalah selalu gunakan windows, dan anti virus yang berbayar atau memiliki license. Karena dengan menggunakan windows asli dan antivirus yang  berbayar, bisa meningkatkan keamanan di perangkat gadget Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel