√ Serba Serbi Google Search Console dan Cara Pengaturannya

Mistertekno.com - Sebagai pemilik situs pastinya Anda melakukan optimasi SEO agar masuk pada laman pertama mesin pencarian khususnya Google. Sebetulnya ada banyak sekali tools yang dapat digunakan untuk mendaftarkan situs Anda dalam mesin pencarian. Google sendiri memberikan cara yang cukup sederhana untuk mendaftarkan situs bahkan laman Anda dengan mudah, contohnya dengan Google Search Console.
Google Search Console
Google Search Console
Walaupun memiliki fungsi yang luar biasa, tak banyak orang tahu cara menggunakan Google Search Console. Bahkan beberapa dari pemilik situs belum familiar mengenai apa itu Google Search Console. Tapi bagi Anda para web developer, pelaku jasa SEO atau digital marketing agency pasti sudah sangat familiar dengan tools ini karena berhubungan erat dengan mengelola website dan aktifitas SEO.

Tapi jangan khawatir, Anda datang ke artikel yang tepat. Karena kali ini kami akan membahas detail mengenai Google Search Console dan bagaimana cara penggunaannya.


Apa itu Google Search Console?


Google Search Console  (sebelumnya bernama Google Webmaster Tools) adalah layanan gratis dari Google yang membantu Anda memantau tampilan situs web Anda dalam hasil pencarian mereka. Tools ini digunakan untuk memperbaiki kesalahan teknis dalam situs, melihat backlink, dan masih banyak lagi.


Bagaimana Cara Mengatur Google Search Console?

  1. Masuk ke kolom Search Console dengan akun Google Anda.
  2. Anda akan melihat pesan dengan dua opsi. Pilih opsi yang pertama, lalu masukkan domain atau subdomain Anda (tanpa  http(s)://).
  3. Klik “Continue”
Cara Memverifikasi Domain Anda Pada Google Search Console



Sebelum Anda dapat melihat data apa pun di Search Console, Anda terlebih dahulu harus melakukan verifikasi kepemilikan domain. Proses ini akan berbeda sesuai dengan tipe properti yang akan Anda tambahkan.


Verifikasi untuk  properti Domain

  1. Klik pada bagian Instruction. Lakukan pengecekan apakah domain Anda terdaftar dengan penyedia yang terdaftar?
  2. Jika demikian, pilih penyedia dan tekan tombol "Start Verification".
  3. Masuk ke akun pendaftar Anda.
Jika provider Anda tidak pada pilihan dropdown, maka:
  1. Pilih "Any DNS provider"
  2. Masuk ke akun Anda dengan penyedia domain Anda, pilih domain, lalu cari opsi untuk mengelola DNS atau Server Name Domain.
  3. Pilih opsi menambahkan catatan TXT , copy lalu paste note dari Search Console, selanjutnya klik Save
  4. Kembali pada kolom Search Console lalu klik “Verification”
  5. Jika verifikasi gagal, teruslah mencoba.
Verifikasi untuk domain URL Prefix

Google menawarkan beberapa cara untuk melakukan ini. Cara default mereka adalah dengan mengunggah file HTML ke situs web Anda lalu ikuti cara yang sama dengan instruksi sebelumnya.


Cara Menambahkan Sitemap ke Google Search Console


Sitemap sendiri berfungsi untuk memberi tahu Google kolom dengan konten terpenting di situs web Anda. Seperti misalnya salah satu website design agency dan design annual report ini, Anda bisa melihat adanya menu-menu di halaman Services dimana itu merupakan halaman-halaman yang penting dan perlu dimasukkan dalam file sitemap untuk disubmit ke Google.

Untuk itu, Anda sangat disarankan untuk mengirimkan sitemap ke Google Search Console. Untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat melakukan cara berikut:
  1. Pilih kolom “Sitemap”
  2. Copy dan Paste URL Sitemap XML ke dalam kotak dengan label “Enter URL Sitemap”
  3. Tekan “Send”
Demikianlah artikel mengenai Google Search Console, semoga menambah wawasan Anda dalam mengelola sebuah website berdasarkan laporan yang tersedia dalam tools ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel