√ Cara Ampuh Mengatasi Virus di Windows 10

Mister Tekno, Cara Ampuh Mengatasi Virus di Windows 10 - Virus komputer memang menjadi momok yang menakutkan bagi pengguna windows. Apalagi jika virus itu nantinya bisa menghilangkan data kita, dalam banyak kasus biasanya virus akan menyembunyikan data atau bahkan data itu tidak bisa dibuka sama sekali.

Namun bagi Anda pengguna windows 10 jangan khawatir, karena sebenarnya di windows 10 sendiri sudah ada antivirus bawaannya. Jadi Anda tidak perlu repot untuk mencari antivirus windows 10 terbaik guna menghilangkan virus di dalamnya.


Namanya adalah Windows Defender atau Microsoft Security Essentials, antivirus ini sudah tersemat didalam windows 10 saat kita menginstalnya. Antivirus windows 10 ini free alias gratis. Anda bisa membukanya lewat menu program dan ketik saja “Windows Defender” nanti akan muncul. 

Antivirus Microsoft Security Essentials
Antivirus Windows 10


Yang perlu diperhatikan adalah antivirus ini tidak bisa bekerja maksimal jika Anda belum meng-updatenya. Karena otomatis jika belum di update antivirus ini tidak bisa mengenali database virus terbaru yang menyerang data/program di dalamnya.  

Cara update Windows Defender/Microsoft Security Essentials sangat mudah, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:


1. Ketik saja di google “Update Windows Defender  / Microsoft Security Essentials”, nanti akan muncul beberapa pilihan. Pilih saja yang “Techspot”.




2. Setelah itu akan muncul pilihan file update yang akan di download, pilih saja sesuai dengan system windows Anda,  64-bit atau 32-bit. Untuk mengetahui system windows, Anda bisa mengecek dengan klik kanan “My Computer” dan pilih “System/Properties” nanti akan muncul.




3. Jika sudah memilih salah satu, maka akan otomatis terdownload jika Anda memakai IDM, namun jika tidak tunggu saja atau tekan “Click Here” jika belum juga terdownload.

Kemudian buka file yang sudah di download tadi, lalu klik kanan filenya dan pilih “Run as administrator”.



4. Tunggu beberapa saat, jika proses sudah selesai maka tampilan Windows Defender/Microsoft Security Essentials akan berwarna hijau dan siap untuk digunakan scan virus di komputer.




5. Sebaiknya pilih yang mode “Full” untuk men-scan komputer Anda, agar hasilnya bisa lebih maksimal. Dalam proses scan jika ditemukan virus di dalam komputer maka tampilannya akan berwarna merah, Anda tinggal klik “Clean Computer” saja.



Mengapa harus memakai antivirus Windows Defender/Microsoft Security Essentials? Karena selain ringan antivirus ini juga lengkap dengan fitur seperti:
  • Real time protection
  • Cloud delivered protection
  • Automatic sample submission
  • Tamper protection
  • Ransomware protection
Dan tentunya juga direkomendasikan, karena merupakan bawaan dari windows 10.

Nah itulah cara ampuh menghilangkan virus di windows 10 dengan Windows Defender/Microsoft Security Essentials. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel