√ Cara Mengatasi Blue Screen di Windows 10

Mistertekno.com - Kasus bluescreen di windows 10 memang seringkali terjadi pada laptop/PC kita. Tentunya hal ini bisa bikin Anda pusing, apalagi dihadapkan dengan kerjaan yang menumpuk, namun laptop/PC Anda mengalami masalah bluescreen. Banyak faktor yang menyebabkan laptop/PC mengalami bluescreen atau layar berwarna biru dengan ditandai muncul-muncul angka.
Cara Mengatasi Blue Screen di Windows 10
Cara Mengatasi Blue Screen di Windows 10
Mungkin bagi Anda yang tidak mau repot untuk mengatasi masalah ini bisa langsung ke toko servis komputer untuk memperbaikinya. Biasanya di jasa servis akan menyarankan untuk meng-install laptop kita agar masalah bisa teratasi dengan cepat. Namun sebenarnya ada alternatif lain yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi bluescreen pada laptop maupun PC kita tanpa harus  meng-install ulang laptop kita.

Berikut ini kami berikan beberapa alternatif untuk mengatasi bluescreen pada laptop/PC Anda di Windows 10. Simak yuk!

Uninstall Program yang Menyebabkan Bluescreen 

Bluescreen bisa terjadi di windows 10 karena ada driver atau program yang crash dengan sistem. Sebaiknya ingat-ingat program atau software apa yang Anda install sebelumnya sehingga menyebabkan bluescreen. Setelah itu uninstall dulu softwarenya, kemudian restart komputernya.

Scan dengan Windows Defender

Jika cara pertama belum berhasil, Anda bisa menuju ke langkah selanjutnya. Yakni scan system windows 10 maupun Data dengan antivirus bawaan windows 10, yaitu Windows Defender. Setelah proses scan selesai, jika muncul notifikasi berwarna merah di dashboard windows defender, berarti ada virus dikomputer Anda. Bersihkan dengan cara klik “Clean Computer”, setelah itu restart komputer Anda.

Bersihkan Dengan Software CC Cleaner

Jika memang virus menjadi penyebab blue screen pada laptop Anda, maka cara kedua mestinya sudah bisa berhasil. Namun jika belum berhasil, alternatif lain adalah membersihkan registry yang menumpuk di system C, dengan menggunakan software gratisan bernama: CC Cleaner. Anda tinggal unduh CC Cleaner lalu masuk ke menu untuk scan semua registry yang sudah usang dan membuat laptop menjadi lemot. Setelah itu, Anda tinggal klik “clean registry”.

Cek Hardware Laptop Anda

Semua alternatif yang berhubungan dengan program maupun software sudah dilakukan, namun laptop masih mengalami bluescreen. Ada kemungkinan hardware di laptop Anda yang mengalami masalah. Langkah terbaik adalah bersihkan memory laptop Anda, dengan penghapus pensil agar debu-debu yang menempel di memory laptop bisa hilang. Jika ragu untuk membuka laptop, sebaiknya bisa melihat tutorial di Youtube cara membuka memory, sesuai tipe laptop Anda.

Install Ulang Laptop Anda

Langkah terakhir ini adalah alternatif yang dianjurkan, yakni dengan cara meng-install ulang laptop Anda. Karena kemungkinan bluescreen pada laptop di windows 10 , bisa disebabkan oleh virus dan registry yang menumpuk pada System C, dan antivirus tidak mempan. Sebelum install ulang pastikan Anda sudah membackup data-data penting yang ada pada laptop Anda.

Langkah-langkah yang saya berikan diatas adalah yang pernah saya alami sendiri di laptop Toshiba L745 Core i5 dan sudah berhasil. Mungkin masih banyak alternatif yang tidak saya sebutkan diatas, karena saya belum pernah mengalaminya.

Baca juga: Cara Install Ulang Windows 7

Kesimpulan

Selalu cek berkala pada system windows 10 di laptop/PC Anda dengan software yang berfungsi untuk membersihkan cache atau registry yang menumpuk di System C. Atau uninstall program-program yang sekiranya tidak digunakan lagi.
   
Tips untuk sobat tekno, sebaiknya install semua driver di windows 10 dengan komplit, mulai dari driver vga hingga driver chipset, sebelum kita meng-install program atau software lainnya.

Semoga bermanfaat artikel tentang cara mengatasi bluescreen pada laptop/PC di windows 10 ini. Ingat ya sobat, sebaiknya cari referensi dulu di internet maupun dari teman, sebelum melakukan langkah-langkah di atas. Atau jika memang ingin lebih aman, Anda bisa membawa laptop ke jasa servis komputer yang lebih berpengalaman saja. Namun jangan takut untuk mencoba, selama kita mengikuti panduannya dengan benar, maka laptop Anda juga aman-aman saja. 

Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel