Cara Merawat Komputer dengan Mudah dan Benar


Mistertekno.com - Mungkin sebagian orang banyak yang beralih dari PC/Komputer ke laptop. Alasannya adalah, selain mudah dibawa keman-mana dan praktis, laptop tidak membutuhkan tempat yang besar seperti meja. Namun, bagi pecinta game dan pekerja desain grafis PC/komputer tetap punya kelebihan yang tidak bisa digantikan. Performa dan tampilan monitor yang lebar membuat orang puas dengan kinerjanya.
Merawat Komputer dengan Mudah dan Benar
Perawatan rutin komputer tidak sesulit seperti perawatan laptop, karena cukup dibersihkan dari luar saja tanpa harus membongkar casingnya. Apa saja perawatan rutin untuk PC/komputer yang harus kita lakukan? Caranya mudah kok!

1. Selalu bersihkan debu yang menempel baik di casing maupun keyboard dan monitor. Karena debu yang sudah terlalu lengket bisa merusak komponen hardware komputer. Kalian bisa memakai tisu ataupun kuas kecil ukuran 1 ½. Untuk debu yang menempel di casing komputer kalian bisa menyedot atau menyemprotnya dengan vacuum cleaner khusus komputer.

2. Jika dirasa suhu komputer terlalu cepat panas, kalian bisa mengganti pasta pendingin processor dengan yang baru, dan membersihkan fan atau kipas processor dari debu. Karena komputer yang lebih cepat panas bisa mengakibatkan sering mati atau restart, bahkan harddisk bisa cepat rusak. Untuk mengecek suhu komputer kamu bisa memakai tool bawaan dari windows 7 yang bernama “CPU Meter”. Caranya cukup klik kanan di desktop pilih Gadgets dan klik CPU Meter. Dari tool ini kita bisa lihat berapa suhu komputer saat dipakai dan penggunaan memory yang terpakai. Suhu normal jika dipakai membuka aplikasi standart seperti Microsoft Word, Gom Player adalah 10-25%, jika diatas 25% bisa dipastikan komputer kalian termasuk kategori cepat panas.

3. Terakhir adalah instalasi kelistrikan, usahakan memakai kabel power untuk PC dan monitor yang bagus. Karena kabel dengan kualitas jelek akan cepat aus jika sering dipakai.  Biasanya kabel power PC dengan kualitas bagus berbentuk tebal dan berserabut banyak. Harganya pun mungkin selisih antara 10-25rb.

Mulai sekarang selalu rawat komputermu dengan rutin ya! Karena komputer yang selalu dirawat akan selalu awet seperti cinta. Hehe…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel