Cara Mengatasi Laptop Atau Komputer Gagal Booting 2018

Advertisement

Iklan 970x90px

Cara Mengatasi Laptop Atau Komputer Gagal Booting 2018

Rabu, 01 Mei 2019

Hai sobat, pada artikel kali ini saya akan sedikit membahas perihal bagaimana caranya mengatasi laptop atau komputer yang gagal booting, bagi sobat yang pertama kali mengalami hal tersebut memang cukup kaget pastinya, sama dikala saya mengalami hal tersebut semasa saya duduk di kursi sekolah SMK, dimana saya punya sebuah laptop yang dikala hendak di operasikan justru malah mengalami gagal booting.

Tetapi untungnya, saya sangat bersyukur dengan apa yang saya pelajari semasa sekolah, dimana saya mengambil jurusan Teknik Komputer dan Jaringan sehingga rasa panik itu tidak muncul secara berlebihan hehe ... tetapi meskipun demikian saya tetap kaget dikala pertama kali mengalaminya, kemudian apa sih penyebab gagal booting dari PC atau Laptop yang kita punya? nanti saya bahas beberapa penyebabnya ya.

Gagal Booting pada Laptop ataupun PC ( Personal Computer ) 

Bagaimana sih tampilan dari gagal booting tersebut? apakah semua komputer kemungkinan dapat insiden gagal booting tersebut? jawabannya semua komputer dapat saja sewaktu-waktu terjadi gagal booting tersebut, tetapi dapat diminimalisir dengan beberapa perawatan. untuk tampilannya sendiri ibarat halnya dikala pertama kali menyalakan komputer, kemudian muncul loading dan logo windows maupun brand Laptop yang digunakan. 


Gambar diatas sebuah ilustrasi, kira-kira tampilannya ibarat itu dan tidak mau masuk ke sajian utama Windows / Desktop komputer ataupun Laptop yang sobat punya. sepakat dibawah ini eksklusif saja ke inti pembahasan perihal Cara mengatasi Laptop atau komputer Gagal Booting

Cara Mengatasi Laptop atau Komputer Gagal Booting

  1. tekan tombol CTRL + ALT + DEL, pada keyboard sobat secara bersamaan, dengan begitu maka kita akan diarahkan ke sajian BIOS ( Basic Input Output System )  kemudian kita dapat merestart nya. 
  2. Tekan Paksa Tombol Power di Laptop, memang cara ini terkesan ekstrem tetapi ini ialah cara paling ampuh yang pernah saya coba, meskipun beresiko akan terjadi kerusakan apabila terlalu sering di tekan, tetapi kalau dalam keadaan darurat dan tidak punya opsi lain, maka cara ini dapat sobat lakukan dengan cara menekan tombol POWER hingga Laptop mati, kemudian nyalakan kembali, maka akan eksklusif masuk ke sajian desktop :) 
  3. Tekan Tombol restart button, kalau yang anda gunakan ialah PC / Komputer, menekan tombol kecil dibawah tombol POWER di bawah CPU yang sobat punya, ini biasanya otomatis akan merestart dengan sendirinya apabila kita menekan tombol tersebut. 
Diatas merupakan 3 cara yang sering saya gunakan dikala memperbaiki laptop ataupun komputer teman yang mengalami duduk perkara tersebut, sebelum hal tersebut terjadi ada baiknya kita juga mencegah nya, sebab mencegah itu lebih baik daripada mengobati 😉

Penyebab Komputer atau Laptop tidak mau Booting

ada beberapa faktor penyebab kenapa Komputer tidak bsia Booting, Komputer Hidup tidak mau bootin, nah berikut ini ialah beberapa penyebabnya

MASALAH PADA SOFTWARE

Software, dapat jadi peneybab kenapa laptop atau komputer tidak mau masuk ke windows atau desktop, diantaranya 
  • Terserang Virus, kalau komputer atau laptop tidak mau booting, dapat jadi salah satu penyebabnya ialah terjangkit virus, kalo berbicara perihal virus memang namanya sudah tidak abnormal lagi, saya yakin para pengguna Laptop ataupun PC pernah terjangkit oleh yang namanya virus ... kemudian jenis virus apa yang menjadi penyebab duduk perkara gagal booting? ... penyebab utamanya ialah Virus jenis TROJAN memang cukup berbahaya ... cara mengatasi nya dapat dengan cara menginstall antivirus terpercaya di Laptop maupun Komputer. Perlu Diingat, untuk antivirus ini cukup dipasang 1 aplikasi saja, tidak perlu berlebihan dan pilihlah antivirus yang sudah terpercaya pola nya ; Smadav, Kaspersky, dna masih banyak lagi
  • File Corrupt, dapat jadi penyebab komputer atau laptop gagal booting berikutnya ialah terdaat sebuah file yang corrupt pada Laptop ataupun PC sobat. 
  • Ada Driver yang belum terinstal dengan baik, pastikan dikala sobat beres menginstal ulang ataupun dikala gres membeli laptop baru, pastikan terlebih dahulu Driver yang ada pada Laptop sobat sudah tersintal ... bagaimana cara mengeceknya? akan saya bahas pada artikel selanjutnya yaa :) 

MASALAH PADA HARDWARE 

Selain Software, duduk perkara pada Hardware pun bias menjadi penyebab utamanya Laptop atau Komputer yang gagal booting. 

  • Masalah pada HDD ( Harddisk ) , cobalah untuk membongkar dan periksa HDD yang sobat miliki, coba bersihkan area sekitaran HDD kemudian coba pasangkan kembali, kalau belum berhasil coba ganti dengan yang baru. 
  • Masalah pada RAM ( Random Access Memory ), selain HDD, coba juga mengusut RAM yang tertanam pada motherbaord, lakukan langkah sama ibarat diatas, kalau belum berhasil cobalah ganti dengan RAM yang baru. 

Nah sobat, itulah ia langkah dan cara mengatasi Laptop atau Komputer yang Gagal Booting, alangkah baiknya kita selalu menjaga dan membersihkan Laptop ataupun Komputer yang kita punya, baik itu dari segi software maupun dari segi Hardware nya ... beberapa langkah kiat mudah diatas setidaknya dapat menunjukkan sedikit pencegahan biar tidak terjadi hal2 yang tidak diinginkan. 

Selamat Mencoba!!