-->

Cara Mempercepat Waktu Booting di Windows 10

Mistertekno.com, Salah satu masalah windows 10 yang sering dialami adalah kecepatan startup yang lambat. Pasalnya, ketika Windows 10 membutuhkan waktu lama untuk boot, Anda akan takut menyalakan atau me-reboot komputer Anda lagi.

Cara Mempercepat Waktu Booting di Windows 10

Namun, untungnya, masalah boot lambat saat ini bisa diatasi. Mister Tekno akan menunjukkan kepada Anda cara mengatasi masalah booting yang lambat di Windows 10.

Cara Mempercepat Waktu Booting di Windows 10

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memepercept waktu booting di windows 10, salah satunya sebagai berikut:

1. Nonaktifkan Fast Startup

Salah satu pengaturan paling bermasalah yang menyebabkan waktu boot lambat di Windows 10 adalah opsi startup cepat . Ini diaktifkan secara default dan seharusnya mengurangi waktu startup dengan memuat beberapa informasi boot sebelum PC Anda mati.

Meskipun namanya fast startup, tapi itu menimbulkan masalah bagi banyak orang. Jadi, ini adalah pengaturan pertama yang harus Anda alihkan saat Anda mengalami masalah booting yang lambat.

Untuk menonaktifkan Fast Startup, buka Settings dan telusuri System > Power & Sleep. Di sisi kanan layar ini, klik Additional power settings untuk membuka menu Power Options di Control Panel.

Di sini, klik Pilih apa yang dilakukan tombol daya di sidebar kiri. Anda harus memberikan izin administrator untuk mengubah setelan di laman ini, jadi klik teks di bagian atas layar yang bertuliskan Change settings that are currently unavailable.

Sekarang, hapus centang Turn on fast startup (recommended), diikuti oleh Save Changes, untuk menonaktifkan pengaturan ini.

Cara Mempercepat Waktu Booting di Windows 10

Jika Anda tidak melihat fast startup di sini, Anda tidak mengaktifkan hibernasi dan karenanya tidak akan muncul. Untuk mengaktifkan hibernasi, buka Command Prompt administrator atau jendela PowerShell. Anda dapat melakukannya dengan mengklik kanan tombol Start atau menekan Win + X dan memilih Command Prompt (Admin) atau Windows PowerShell (Admin).

Ketik perintah berikut untuk mengaktifkan hibernasi, lalu coba nonaktifkan mulai cepat lagi:

powercfg /hibernate on

2. Nonaktifkan Beberapa Program Startup

Mungkin waktu boot Anda yang lambat bukan disebabkan oleh salah satu masalah di atas. Jika Anda mengalami kelambatan antara masuk dan benar-benar menggunakan komputer Anda, terlalu banyak program yang berjalan saat startup bisa menjadi penyebabnya.

Cara Mempercepat Waktu Booting di Windows 10

Setelah penginstalan, atau bahkan terkadang saat memperbarui, banyak perangkat lunak mengatur dirinya sendiri untuk berjalan secara otomatis saat pengaktifan. Jika Anda memiliki lusinan aplikasi yang dimuat segera setelah Anda masuk, ini benar-benar dapat membuat sistem Anda macet. Ikuti panduan kami untuk menghapus program startup yang berat dan lihat apakah membongkar beberapa membuat perbedaan.

3. Sesuaikan Pengaturan File Paging

Memori virtual adalah nama fungsi yang membuat Windows mendedikasikan bagian dari drive penyimpanan Anda sebagai RAM virtual, bagian ini disebut file paging. Dengan lebih banyak RAM, Anda dapat menjalankan lebih banyak tugas di sistem Anda sekaligus. Jadi jika Windows hampir memaksimalkan RAM yang sebenarnya, itu masuk ke dalam memori virtual.

Beberapa orang telah menemukan bahwa Windows 10 dapat mengubah pengaturan memori virtual sendiri, menyebabkan masalah booting. Karena itu Anda harus melihat pengaturan memori virtual Anda dan melihat apakah Anda dapat mengubahnya untuk memperbaiki masalah boot yang lambat.

Untuk melakukannya, ketik Performance ke dalam Start Menu dan pilih Adjust the appearance and performance of Windows. Di bawah tab Advanced, Anda akan melihat ukuran file paging; klik Ubah untuk mengeditnya.

Cara Mempercepat Waktu Booting di Windows 10

Pada jendela yang dihasilkan, nilai paling bawah adalah yang terpenting. Anda akan melihat jumlah memori yang Disarankan dan nilai Saat Ini Dialokasikan. Beberapa pengguna yang mengalami masalah ini menemukan bahwa alokasi mereka saat ini melebihi jumlah yang disarankan.

Jika milik Anda terlihat dengan cara yang sama, hapus centang Secara otomatis kelola ukuran file paging untuk semua drive untuk membuat perubahan. Kemudian pilih Ukuran Khusus dan atur Ukuran Awal dan Ukuran Maksimum ke nilai yang disarankan yang muncul untuk sistem Anda (yang mungkin berbeda dari tangkapan layar di bawah). Restart komputer/laptop Anda, dan waktu boot Anda akan meningkat.

4. Perbarui Driver Grafik

Sayangnya, Windows 10 diketahui mengacaukan driver. Memperbarui driver kartu grafis Anda terkadang dapat memperbaiki masalah boot, jadi Anda harus memeriksanya selanjutnya.

Buka Device Manager dengan mengklik kanan tombol Start (atau tekan Win + X ) dan pilih Device Manager. Arahkan ke Display adapters untuk melihat kartu grafis mana yang Anda gunakan (biasanya Nvidia atau AMD jika Anda memiliki kartu grafis khusus).

Anda biasanya dapat membuka perangkat lunak vendor yang sesuai di PC Anda untuk memeriksa pembaruan driver grafis. Jika Anda tidak memiliki perangkat lunaknya, Anda harus membuka situs web vendor (atau situs web pabrikan laptop Anda, jika Anda menggunakan grafik terintegrasi) untuk memeriksa pembaruan driver.

Instal semua versi baru yang tersedia, mulai ulang, lalu lihat apakah waktu boot Anda dipercepat.

Kami telah membahas pembaruan driver komputer Anda secara lebih rinci jika Anda memerlukan bantuan. Semoga pembaruan akan memperbaiki masalah Anda. Mungkin ada baiknya memeriksa pembaruan driver lain saat Anda melakukan ini, tetapi driver grafis adalah yang paling umum yang akan menyebabkan booting lambat.

Saat Anda menginstal pembaruan, sebaiknya periksa pembaruan Windows di Pengaturan > Pembaruan & Keamanan > Pembaruan Windows dan instal apa pun yang tertunda.

5. Matikan Subsistem Linux

8. Tingkatkan Drive Penyimpanan Anda  Jika Anda menjalankan Windows dari HDD, Anda akan mengalami kinerja lambat secara keseluruhan. Hard disk drive bagus untuk menyimpan banyak data dengan biaya rendah, tetapi terlalu lambat untuk digunakan sebagai disk OS utama Anda akhir-akhir ini.    Jika memungkinkan pada mesin Anda, Anda harus meningkatkan ke SSD , yang akan sangat meningkatkan kinerja Windows. Ini memang memerlukan biaya tambahan, tetapi SSD adalah peningkatan besar yang akan Anda hargai.

Windows 10 menawarkan terminal Linux lengkap selain lingkungan shell lainnya seperti Command Prompt klasik. Ini menarik bagi pengembang, tetapi mungkin juga penyebab masalah boot Anda. Namun, fitur ini tidak diaktifkan secara default. Jadi jika Anda tidak tahu apa itu Bash, kemungkinan besar Anda tidak perlu mencoba langkah ini, karena Anda akan tahu jika Anda mengaktifkannya.

Untuk mematikan shell Linux, ketik fitur Windows ke dalam Start Menu untuk membuka menu Turn Windows on or off . Gulir ke bawah ke Subsistem Windows untuk Linux , hapus centangnya, dan mulai ulang.

Jika ini memperbaiki masalah boot lambat Anda tetapi Anda masih memerlukan antarmuka Bash, coba terminal Windows baru untuk opsi lain.

6. Tingkatkan Drive Penyimpanan Anda

Apabila Anda menjalankan windows dari HDD, Anda akan mengalami kinerja lambat secara keseluruhan. Hard disk drive bagus untuk menyimpan banyak data dengan biaya rendah, tetapi terlalu lambat untuk digunakan sebagai disk OS utama Anda akhir-akhir ini. 

Jika memungkinkan pada laptop/komputer Anda, Anda harus meningkatkan ke SSD, yang akan sangat meningkatkan kinerja Windows. Ini memang memerlukan biaya tambahan, tetapi SSD adalah salah satu cara membuat kinerja komputer/laptop Anda semakinj cepat. 

7. Jika Semuanya Gagal, Lakukan Reset

Jika Anda telah mencoba semua solusi di atas dan masih tidak dapat mempercepat waktu boot Anda, mungkin lebih baik menginstal ulang Windows 10 yang baru.

Anda memiliki beberapa opsi untuk mengatur ulang PC Anda. Opsi Refresh bawaan dapat menginstal ulang Windows tanpa menghapus file Anda. Anda tetap harus mencadangkan data komputer Anda sebelum melakukan ini.

Buka Pengaturan> Perbarui & Keamanan> Pemulihan dan pilih Mulai di bawah Reset PC ini untuk memulai.

Artikel terkait tentang windows 10

Kesimpulan

Windows 10 memang memiliki default booting yang lambat dan sangat menyebalkan, tetapi untungnya Anda memiliki opsi untuk mengatasi ini. Semoga cara mempercepat waktu booting windows 10 ini bisa membantu Anda. Selamat mencoba!

0 Response to "Cara Mempercepat Waktu Booting di Windows 10"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel