-->

Kriteria Utama Data Center yang Berkualitas

Mister Tekno, Data center atau pusat data merupakan salah satu infrastruktur IT yang berguna untuk menyimpan dan mengolah data. Instansi penting dan besar seperti pemerintah, organisasi, dan perusahaan saat ini sudah lazim untuk memiliki data center agar bisa menjalankan operasionalnya dengan lebih baik.

Kriteria Utama Data Center yang Berkualitas

Data center menjadi kebutuhan utama dalam sebuah bisnis, terutama bagi bisnis yang dilakukan secara online di masa digital seperti saat ini.

Saat ini sudah banyak pusat data yang bisa digunakan bersama-sama oleh beberapa pengguna sekaligus, yang biasa disebut sebagai “colocation”. Perusahaan pengelola colocation idealnya memiliki infrastruktur terbaik dan teknologi terbaru agar layanan penyimpanan data yang yang diberikan dapat optimal.

Pemilihan data center tidak boleh dilakukan secara sembarangan, karena ini merupakan perangkat penting dalam sebuah instansi. Berikut ini kriteria data center yang yang harus dicermati sebelum memilih penyedia data center colocation yang tepat:

1. Lokasi

Lokasi menjadi hal utama yang diperhatikan agar dapat terjaga ketersediaan dan efisiensinya. Data center harus berada di lokasi yang aman dan strategis, baik dari tindak kejahatan maupun berbagai bencana alam. Hal ini penting agar infrastruktur di dalamnya dapat berjalan dengan baik.

2. Skalabilitas

Pelayanan data center yang baik haruslah mampu memiliki fleksibilitas dan skalabilitas yang baik. Misalnya fleksibilitas dalam mengatur penggunaan server yang berubah sesuai kebutuhan bisnis di kemudian hari. 

Struktur data center harus efisien dan diperhatikan agar selaras dengan perubahan bisnis.

3. Kecepatan Pemrosesan Data

Data center yang baik tentunya perlu menyediakan pemrosesan data yang cepat. Hal ini demi kelancaran kegiatan instansi atau peruhahaan. Pilihlah penyedia data center yang sudah menggunakan prosesor multi-core. 

Dengan menggunakan prosesor jenis ini, kecepatan memproses data akan meningkat, dengan demikian akses setiap data dapat dilayani dengan cepat.

4. Sumber Daya Listrik

Hal penting lainnya adalah memastikan jika sumber daya listrik tidak ada yang terganggu dan selalu dapat mengalirkan listrik. 

Data center haruslah memiliki pasokan listrik yang baik, tidak lupa juga untuk selalu memiliki sarana cadangan seperti genset. 

5. Keamanan

Fungsi keamanan sangat penting dalam sebuah data center, baik keamanan fisik dan nonfisik. Untuk menjaga keamanan, dapat dilengkapi dengan akses fisik seperti konfirmasi identitas melalui sidik jari, pindai mata, dan video-login serta dukungan teknis 24 jam dalam seminggu, agar bisa memantau semua aktivitas.

Artikel Terkait: 5 Keuntungan Memakai VPN

Meskipun saat ini sudah banyak layanan data center Indonesia, pilihlah yang telah memenuhi kriteria di atas. Hal ini agar kebutuhan perusahaan Anda dapat terpenuhi dengan maksimal dan tidak terjadi gangguan. Solusi data center berkualitas adalah memilih layanan data center dari neuCentrIX.

0 Response to "Kriteria Utama Data Center yang Berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel