-->

5 Keuntungan Memakai VPN

Mister Tekno, 5 Keuntungan Memakai VPN - Virtual Private Network (VPN) adalah metode koneksi yang digunakan untuk meningkatkan keamanan dan privasi ke jaringan pribadi dan publik. Biasanya ini digunakan oleh perusahaan untuk melindungi data sensitif. Namun saat ini menjadi semakin populer untuk penggunaan pribadi karena banyak orang mencari cara yang lebih cerdas untuk melindungi data dan privasi mereka.

Keuntungan Memakai VPN
Keuntungan Memakai VPN

Apa itu VPN?


VPN bisa berfungsi menggantikan alamat IP awal pengguna dengan satu dari penyedia Jaringan Pribadi Virtual. Para pengguna dapat memperoleh alamat IP dari kota gateway mana pun yang disediakan pada layanan VPN. 

Contohnya, Anda tinggal di Indonesia, tetapi dengan fitur VPN bisa memanipulasi IP, dan Anda bisa menggunakan jaringan seolah-olah berada di Jepang atau sejumlah kota lainnya.

Lalu Apa Saja Manfaat Menggunakan VPN?


Selain yang tersebut diatas, ada beberapa keuntungan dari VPN, antara lain:

1. Keamanan


Manfaat utama  dari server VPN adalah berfungsi sebagai tindakan pengamanan tambahan saat online. Teknologi ini dapat menyamarkan alamat IP Anda yang sering digunakan oleh pemerintah, peretas, atau pihak ketiga lainnya untuk mendapatkan akses ke aktifitas Anda secara online serta lokasi Anda.

VPN juga akan mencegah penyedia layanan internet atau ISP Anda menyimpan atau mencatat aktivitas online Anda, dan menghentikan informasi Anda diambil. Karena alamat IP Anda biasanya dapat ditelusuri kembali ke komputer Anda, namun dengan menggunakan VPN ini tidak lagi mungkin.

2. Enkripsi data


Saat menggunakan server VPN, semua informasi dikirim melalui "jalur pintas yang terenkripsi", hal ini memastikan data Anda tidak dapat dilihat oleh pihak yang tidak berwenang. Tentu ini sangat penting bagi perusahaan yang mengirim atau bekerja pada informasi sensitif melalui internet.

3. Manfaat geografis


Fitur server VPN memungkinkan pengguna memilih negara mana yang mereka inginkan untuk menampilkan alamat IP mereka. 

Tentu ini memiliki banyak manfaat, termasuk kemampuan untuk mengakses situs dan layanan yang diblokir di negara-negara tertentu.

4. Tidak bergantung pada jaringan tertentu


VPN beroperasi pada koneksi atau jaringan apa pun serta hotspot Wifi. Setelah dimuat di perangkat, Anda sepenuhnya dilindungi terlepas dari bagaimana Anda terhubung ke web. 

Bahkan pada penyedia VPN tertentu memungkinkan Anda untuk menautkan sejumlah perangkat ke satu paket, menurunkan biaya dan meningkatkan perlindungan.

5. Tersedia di semua perangkat pintar


Layanan ini dapat melindungi semua jenis perangkat termasuk smartphone, komputer desktop, tablet, dan laptop. Jadi, Anda dapat memilih untuk terhubung ke internet setelah VPN Anda dimuat, memastikan bahwa Anda terlindungi.

Jika Anda pemakai ponsel Android, Anda bisa mengunduhnya disini : eVPN Android

Kerugian yang ditimbulkan VPN


Selain memberikan manfaat, VPN juga mempunyai dampak kerugian. Karena ilegal di beberapa negara dan tidak boleh digunakan jika Anda tinggal di salah satu negara ini. Dan dapat menyebabkan denda besar atau hukuman penjara, jadi penting untuk memeriksa dulu. Menggunakan VPN memang memiliki manfaat signifikan untuk melindungi data Anda di saat kejahatan dunia maya semakin meningkat, dan kekhawatiran pengguna akan privasi mereka. 

Sayangnya, kadang-kadang VPN digunakan untuk melakukan tindakan yang ilegal, seperti, mengunduh dan menjual informasi hak cipta, meretas ke dalam komputer atau jaringan tanpa izin, dan cyberstalking.

Beberapa layanan VPN gratis juga dapat memperlambat koneksi Anda atau memengaruhi kinerja komputer Anda, jadi penting untuk melakukan aktifitas pekerjaan Anda dan memilih penyedia yang dapat menawarkan jaringan aman berkecepatan tinggi. Baca juga: 4 Cara Terbaru Membuka Situs yang Diblokir 100% Work

Kesimpulan


Jika Anda khawatir tentang informasi pribadi apa yang sedang dilacak di internet atau ingin meningkatkan keamanan ketika Anda terhubung ke jaringan WiFi di tempat-tempat umum, VPN dapat menjadi solusinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel