-->

Tips Baterai Smartphone dan Tablet Dapat Bertahan Lama

Mister Tekno, Anda sering mengalami kehabisan baterai saat menggunakan samrtphone maupun tablet?. Pasti bikin kesal, apalagi di saat momen kita sedang butuh banget dan lagi di jalan otomatis Anda tidak bisa mengisinya. Nah, artikel kali ini akan mengulas tentang cara mengatasi baterai boros di ponsel/tablet Anda.

Tips Battery Smartphone dan Tablet Dapat Bertahan Lama

Tips Baterai Smartphone dan Tablet Dapat Bertahan Lama

Baterai merupakan salah satu komponen paling krusial dari perangkat smartphone dan tablet. Pada saat Anda memilih smartphone baru, hal yang selalu diperhatikan yaitu apakah baterainya tahan lama atu tidak. Ada sejumlah faktor yang berkaitan dengan daya tahan baterai yang buruk di smartphone atau tablet. 

Mulai dari bentuk smartphone yang tipis, layar yang lebih cerah, prosesor yang lebih cepat, banyak aplikasi yang berjalan dan koneksi internet yang lebih cepat dapat berdampak buruk pada baterai smartphone.

Namun, dibalik itu semua ada beberapa tips agar baterai smartphone atau tablet Anda dapat bertahan lama. Tips ini terbukti ampuh untuk membuat baterai bertahan lama dan tips ini cukup praktis untuk Anda terapkan.

1. Matikan GPS jika tidak Digunakan

Tips pertama ini berfungsi untuk meningkatkan daya tahan baterai dan tablet. Smartphone Android saat ini menggunakan beberapa modul lain termasuk WIFI dan Bluetooth untuk mendeteksi suatu lokasi. Hal tersebut memungkinkah lebih banyak masa pakai baterai dan biasanya tidak begitu dibutuhkan. 

Jadi Anda bisa langsung menonaktifkan fitur lokasi dari menu bar notifikasi dibagian atas yang biasanya digulirkan ke bawah. Selain itu, Anda juga bisa mengubah izin lokasi untuk setiap aplikasi yang tidak memerlukannay setiap waktu.

2. Aktifkan Dark Mode

Pada smartphone yang memiliki tipe layar AMOLED, maka bisa menggunakan latar belakang berwarna gelap. Mode gelap ini dapat meningkatkan ketahanan baterai karena layar AMOLED ini hanya menerangi pixel yang berwarna. 

Untuk pixel warna gelap tidak menyala, jadi semakin banyak pixel gelap yang Anda miliki maka semakin sedikit daya yang diperlukan.

Baca juga: 9 Tips Nge-cas HP yang Benar Agar Baterai Awet

3. Batasi Aplikasi yang Berjalan

Setiap aplikasi yang Anda gunakan pasti akan tetap aktif begitu pula saat Anda tidak menggunakan aplikasi tersebut. Dengan latar belakang aplikasi yang masih aktif akan membuat baterai Anda terkuras dengan cepat.

Maka dari itu pengaturan dapat Anda lakukan untuk membatasi aplikasi yang menguras baterai. Caranya yaitu buka Pengaturan, lalu pilih Aplikasi dan Pemberitahuan. Setelah itu pilih aplikasi yang akan ditutup, lalu klik Lanjutan. Pilih Baterai dan pilih Pembatasan Latar Belakang. 

4. Menon-aktifkan Google Assistant

Google Assistant praktis untuk memudahkan suatu pekerjaan, namun hal tersebut juga merupakan salah satu fitur Android yang terus-menerus menguras daya baterai smartphone Anda. Jika Anda tidak terlalu butuh dalam penggunaan Google Assistant, lebih baik untuk menonaktifkan. 

Caranya ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Anda masuk ke aplikasi Google lalu tekan tab More. 
  • Setelah itu pilih Pengaturan dan dibawah sendiri ada tajuk Google Assistant lalu pilih Pengaturan lagi. 
  • Selanjutnya, Anda pilih tab Assistant dan pilih nama smartphone Anda di bagian bawah daftar. 
  • Terakhir matikan opsi Google Assistant dan selesai.

5. Atur Kecerahan pada Layar

Penyebab baterai tidak tahan lama yaitu resolusi yang tajam dan pixel yang melimpah. Kecerahan pada layar sangat mempengaruhi kinerja baterai dan kinerja mata Anda. 

Maka dari itu aturlah keceraha layar smartphone Anda di bagian pengaturan lalu sesuaikan dengan keadaan pencahayaan di sekitar Anda. Selain itu Anda juga bisa mengubah waktu untuk layar smartphone Anda tetap aktif. 

Baca juga: Cara Mengatasi Persentase Baterai Error di HP Android

Demikian artikel tentang tips baterai smartphone dan tablet dapat bertahan lama. Semoga dengan mengetahui tips tersebut, Anda bisa mendapatkan waktu kinerja baterai yang bertahan lebih lama dan menghindari kerusakan baterai akibat dari pemakaian pengguna.

0 Response to "Tips Baterai Smartphone dan Tablet Dapat Bertahan Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel