-->

Iklan

Cara Mengatasi Speaker HP yang Terkena Air, Work 100%

Mister Tekno, Cara Mengatasi Speaker HP yang Terkena Air Work 100% – Halo sobat tekno, apakah sobat pernah mengalami speaker hp yang terkena air?, Jika sobat pernah mengalaminya dan bingung cara mengatasinya, maka tepat sekali berkunjung di blog ini. Sobat bisa membaca artikel tentang cara memperbaiki speaker hp yang terkena air dibawah ini hingga tuntas.

cara mengatasi speaker hp yang terkena air
cara mengatasi speaker hp yang terkena air

Mengatasi Speaker HP yang Terkena Air


Jika speaker HP rusak karena terkena tumpahan air, atau rusak setelah HP jatuh ke air. Sobat tidak perlu panik, Mister Tekno akan bagikan cara mengatasi speaker HP yang rusak karena kemasukan air. Cara ini bisa sobat terapkan untuk semua tipe ponsel, seperti Xiaomi, Samsung, iPhone, Lenovo, Vivo, Oppo, Huawei, Nokia, Advan, Mito dan lainnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa performa ponsel akan menjadi tidak sempurna jika speaker rusak kena air. Otomatis sobat tidak akan bisa mendengarkan lagu, menonton Youtube maupun untuk video call. Biasanya suara speaker jadi kresek-kresek atau bahkan tidak keluar suara sama sekali. 

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi speaker HP yang rusak terkena air:


1. Cek dulu pengaturan volume

cara mengatasi speaker hp yang terkena air



Jangan panik, pertama kali yang harus dilakukan adalah cek terlebih dulu. Apakah suara yang dikeluarkan speaker masih normal atau tidak.

Caranya, dengan menaikkan pengaturan volume menjadi maksimal.


  • Bisa lewat Settings.
  • Pilih menu Suara.
  • Lalu atur volumenya di sana.

Atau sobat bisa dengan memutar musik menggunakan player, seperti MXPlayer, atau yang lain. Ketika melakukan pengecekan, perhatikan suaranya dengan seksama. Apa benar kurang keras, karena kadang-kadang masalahnya bukan karena airnya, melainkan karena pengaturan volume HP-nya itu sendiri.


2. Cek dengan kode test speaker

cara mengatasi speaker hp yang terkena air

Setelah melakukan pengecekan pada volume, ternyata suara speaker tidak keluar. Selanjutnya sobat bisa mencoba gunakan kode pengecekan informasi hardware. Cara ini sangat akurat untuk mengetahui apakah speaker-nya memang rusak atau tidak.

Cara ini berbeda dengan metode pertama, dengan memakai kode tes ini akan membuat speaker dipaksa menyala. Sedangkan untuk caranya, setiap HP memiliki kode yang berbeda-beda, sobat bisa mencarinya sendiri di Google. Masukkan kata kunci “Kode Rahasia Xiaomi” misalnya. Kemudian tinggal lakukan tes speaker menggunakan kode tersebut saja.


3. Jemur HP dibawah terik matahari

cara mengatasi speaker hp yang terkena air

Untuk mengatasi speaker HP yang rusak gara-gara terkena air, sobat perlu melakukan cara yang satu ini. Yakni dengan cara menjemur ponsel di bawah sinar matahari. Namun, sebelun dijemur, sebaiknya buka casing HP sobat yang terkena air terlebih dahulu agar bagian speaker yang kemasukan air bisa cepat kering.


Pasalnya, ini bertujuan agar air yang ada di dalam speaker HP cepat menguap dan speaker menjadi kering. Memang sih terdengar sepele, tapi dengan cara ini rata-rata speaker yang rusak karena kemasukan air akan kembali normal dan bisa berfungsi kembali. Jika dirasa sudah kering, cobalah untuk mengetes speaker dengan memutar lagu. 


4. Bersihkan speaker dengan peniti /klip kertas

cara mengatasi speaker hp yang terkena air

Cara memperbaiki speaker yang terkena air selanjutnya adalah dengan membersihkan bagian speaker dengan peniti atau klip kertas. Biasanya kalau terkena air, maka debu-debu akan mudah menempel. Debu dan kotoran yang menempel pada speaker inilah yang akan menghalangi suara yang keluar dari speaker, hingga membuat speaker HP menjadi keprek.



Namun, cara ini agak beresiko, karena sobat harus membuka casing ponsel anda dan melihat apakah ada debu atau kotoran yang menempel pada bagian port-nya. Lakukan dengan hati-hati dan perlahan untuk membersihkan debu menggunakan klip kertas atau peniti, agar tidak merusak bagian speaker.


5. Keringan speaker HP dengan kipas

cara mengatasi speaker hp yang terkena air

Cara konvensional ini memang masih ampuh untuk memperbaiki speaker hp yang pecah / rusak terkena air. Yakni dengan mengeringkan bagian speaker menggunakan kipas.


  • Buka casing HP anda dan arahkan kipas angin ke speaker HP yang rusak karena terjatuh ke dalam air. Diamkan selama 1-2 jam.
  • Lalu coba test lagi apakah speaker sudah bisa berfungsi normal atau belum.

6. Bawa ke servis HP

cara mengatasi speaker hp yang terkena air

Cara terakhir ini adalah jurus pamungkas, jika cara-cara diatas tidak berhasil. Karena kemungkinan speaker HP yang terkena air mengalami korosi (karatan), efek terlalu lama kena air.


Sobat bisa datang ke Service Center sesuai tipe ponsel sobat yang rusak. Usahakan perbaiki HP anda di service center resmi, siapa tahu bisa klaim garansi, atau sobat bisa datang ke tempat service HP yang sudah berpengalaman di daerah sobat.

Sobat juga bisa lihat video cara mengatasi speaker HP terkena air dibawah ini





Penutup


Demikian artikel dari Mister Tekno kali ini, tentang cara mengatasi speaker HP yang terkena air work 100%, dimana langkah terbaik untuk memperbaiki speaker HP yang terkena air adalah dengan mengeringkannya. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke mistertekno.com, jika ada pertanyaan silahkan hubungi Contact Us.


Jangan lupa share artikel ini agar orang lain terbantu dengan adanya informasi dalam artikel ini. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel Tips n Trik selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel