-->

Iklan

Cara Mengatasi Printer Macet Canon iP2770 100% Work

Mister Tekno, Cara Mengatasi Printer Macet Canon iP2770 100% Work – Tahukah Anda cara mengatasi printer macet canon ip2770?, Jika Anda sering mengalami kendala saat mencetak dokumen pada printer canon iP2770, tepat sekali berkunjung di blog ini. Karena artikel kali ini akan mengupas tentang penyebab printer canon iP2770 macet dan cara mengatasinya. Lebih jelasnya Anda bisa baca artikel tentang cara mengatasi printer macet canon ip2770 dibawah ini hingga tuntas.


cara mengatasi printer macet canon ip2770
cara mengatasi printer macet canon ip2770

Penyebab Printer Macet Canon iP2770


Printer yang satu ini memang dijuluki printer sejuta umat, selain karena harganya murah, kualitas dari hasil cetaknya pun cukup bagus. Namun, printer ini juga sering mengalami kendala jika tidak dirawat dengan baik. Asal Anda tahu bahwa harga dari dua buah cartridgenya lumayan mahal, sama dengan membeli printer baru jika Anda membeli dua buah catridgenya (black & color). 

Jika anda tidak merawatnya dengan baik, kemungkinan besar printer akan cepat rusak. Namun, Anda tidak perlu panik terlebih dahulu jika printer iP2770 mengalami kendala saat akan mencetak. Anda harus tahu apa saja yang menjadi penyebab printer canon iP2770 mengalami macet.

Berikut ini adalah beberapa penyebab /kendala yang sering terjadi pada printer Canon iP2770 dan cara mengatasinya:


1. Jalur kertas tidak lancar /terhambat

cara mengatasi printer macet canon ip2770

Kasus seperti ini sering dialami pengguna printer Canon iP2770. Sebelum melakukan pemeriksaan lebih mendalam, Anda sebaiknya periksa jalur keluar masuknya kertas. Karena pengalaman dari banyak orang biasanya suka ada sobekan kertas maupun benda yang mengganjal didalamnya hingga menyebabkan printer macet.

Jadi Anda tidak perlu buru-buru ke tempat servis printer, jika memang masalahnya hanya itu saja.


2. Chip cartridge kotor 

cara mengatasi printer macet canon ip2770

Karena pemakaian yang terlalu sering bisa menyebabkan tinta dalam printer meluber hingga membasahi chip catridge. Inilah yang menyebabkan printer canon iP2770 macet dan tidak bisa mencetak. Atau bisa juga chip catridge tidak terpasang dengan sempurna sehingga tidak adanya arus listrik yang mengalir. 

Untuk mengatasinya Anda bisa simak cara dibawah ini:

  • Buka tutup printer, kemudian lepaskan kedua buah cartridge yang menempel dengan hati-hati.
  • Bersihkan chip dan head-nya dengan menggunakan tissue yang dibasahi sedikit.
  • Bersihkan secara perlahan dengan tidak menekannya, lalu usap dengan tissue kering.
  • Apabila chip maupun head sudah terlihat bersih, pasang kembali cartridge tersebut, kemudian hidupkan printer untuk melakukan test print.

3. Sensor penarik kertas error/ kotor

cara mengatasi printer macet canon ip2770

Untuk kasus seperti ini memang agak sulit mengatasinya, sebaiknya Anda perbaiki di tempat servis printer yang berpengalaman agar kerusakan tidak lebih parah. Namun, jika Anda ingin memperbaikinya sendiri, Anda bisa memakai cara berikut ini:

  • Buka semua cover bagian atas printer dengan menggunakan obeng (biasanya ada 4 baut) 
  • Cari dan temukan sensor penarik kertas yang lokasinya ada didekat roller penarik kertas
  • Bersihkan secara perlahan sensor penarik kertas tersebut menggunakan lap bersih atau tissue sampai terlihat bersih
  • Pasang kembali sensor penarik kertas, kemudian hidupkan printer dan lakukan test print.
Simak video tutorialnya dibawah ini:



Artikel lainnya: Cara Mengatasi Printer Macet Epson L360

Kesimpulan


Itulah artikel tentang cara mengatasi printer macet Canon iP2770 100% Work dari Mister Tekno yang bisa dibagikan, dimana untuk merawat printer agar awet, sebaiknya jangan terlalu memaksakan mencetak dokumen secara terus menerus. Anda bisa berikan jeda beberapa menit supaya komponen-komponen yang ada didalam printer tidak terlalu panas. 

Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke mistertekno.com, jika ada pertanyaan silahkan hubungi Contact Us. Jangan lupa share artikel ini agar orang lain terbantu dengan adanya informasi dalam artikel ini. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel Tutorial selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel