-->

Iklan

Mengatasi Printer Tidak Bisa Ngeprint di Windows 10

Mister Tekno, Mengatasi Printer Tidak Bisa Ngeprint di Windows 10 – Pernahkah sobat mengalami printer tidak bisa ngeprint di Windows 10?, Jika sobat pernah mengalaminya dan belum tahu solusinya, maka tepat sekali berkunjung ke blog sederhana ini. Karena artikel kali ini akan membahas tentang penyebab printer yang error waktu digunakan ngeprint di Windows 10, dan cara mengatasinya. Simak artikel tentang mengatasi printer tidak bisa ngeprint di Windows 10 dibawah ini hingga tuntas.


Tidak Bisa Ngeprint di Windows 10
Tidak Bisa Ngeprint di Windows 10

Penyebab Printer Tidak Bisa Ngeprint di Windows 10


Printer adalah salah satu perangkat hardware yang sangat penting dalam lingkup kerja sehari-hari. Pasalnya, alat pencetak ini berguna untuk mencetak dokumen atau file-file surat yang berharga. Nah, tentunya penggunaan printer pun sangat dibutuhkan setiap harinya untuk mencetak. Karena pemakaian yang terlalu sering terkadang printer mengalami error.

Error yang dimaksud disini adalah saat printer tidak terkoneksi dan tidak bisa melakukan perintah mencetak. Namun biasanya bukan hanya printer tersebut yang bermasalah, namun bisa juga juga karena tidak terkoneksi /tersambung, disebabkan karena sistem pada komputer (software) mengalami masalah.

Untuk mengatasi masalah printer tidak bisa ngeprint di Windows 10, ada baiknya sobat mengecek dahulu apakah ada masalah yang menyebabkannya pada printernya atau pada komputernya.

CEK KONDISI PRINTER


Cara untuk mengecek kondisi printer sobat bisa menggunakan 2 cara yang ampuh, yakni:

1. Melihat lampu indikator.


Sobat bisa perhatikan lampu Indikator pada printer, apakah nyalanya normal (biasanya lampu indikator power saja yang menyala), atau ada lampu lain yang nyala, misalnya lampu indikator tinta, atau lampu indikator kertas. Apabila lampu indikator tinta menyala, berarti ada tinta yang sudah kosong dan harus diganti atau diisi ulang. Dan jika lampu indikator kertas yang menyala biasanya terdapat paper jam pada printer. 

Dan jika lampu indikator nyalanya blink, menandakan ada kerusakan atau masalah lainnya seperti misalnya printer perlu direset. Untuk detail tentang arti lampu indikator tiap printer, sobat bisa membacanya dari manual book yang biasanya ada didalam saat pembelian printer.

2. Melakukan Self Print Test.


Cara kedua dengan melakukan print test tanpa terhubung ke komputer. Untuk melakukan print self test ini cara-nya berbeda-beda untuk tiap printer. Printer yang sudah Multi Function, sobat bisa menggunakan fitur copy untuk mencoba apakah printer bisa ngeprint atau tidak.

CEK KONDISI KOMPUTER


Jika printer sudah dipastikan berfungsi normal, sobat bisa melakukan cek pada bagian komputer, yaitu dengan mengecek pada bagian hardware, software atau pengaturan printer yang lainnya. Ada beberapa masalah yang sering dihadapi, antara lain:

#A. Printer tidak bisa ngeprint karena status printer offline


Printer biasanya terhubung ke CPU komputer dengan menggunakan USB Port. Maka langkah pertama yang harus dilakukan addalah dengan memastikan koneksi USB Port tersebut. Jika komputer tidak bisa berkomunikasi dengan printer, maka status printer tersebut dalam komputer akan menjadi offline.

Jika masalahnya seperti itu, sobat bisa dengan meng-uncheck "Use Printer Offline" seperti gambar dibawah ini. Apabila cara tersebut masih belum bisa, atau printer menjadi offline kembali, kemungkinan ada masalah pada sistem komunikasi antara printer dan komputer.
Tidak Bisa Ngeprint di Windows 10


Beberapa penyebab yang membuat printer offline antara lain adalah :

1. Masalah pada Port USB

Solusi mudah untuk memperbaiki printer offline adalah dengan mencabut kabel USB Printer, lalu memasukkannya kembali ke Port USB yang lain. Tunggu sebentar atau refresh di device manager sampai komputer mendetek adanya printer tersebut. Biasanya printer baru yang terdetek tersebut akan mempunyai tambahan nama  "Copy1".

2. Masalah pada kabel USB

Printer tidak mau ngeprint bisa jadi dikarenakan karena kabel USB yang digunakan sudah usang atau kabelnya terlalu panjang, solusinya sobat bisa menggantinya dengan kabelUSB yang baru dan jangan terlalu panjang.

3. Masalah pada virtual USB Port

Masalah ini sebenarnya berkaitan dengan no 1. Printer tidak mau ngeprint dikarenakan tidak sesuainya virtual USB Port yang digunakan. Hal ini terjadi karena pada saat kita mencabut kabel printer dari USB Port yang satu dan dipasangkan kembali ke USB Port yang lain, tetapi komputer tidak secara otomatis mendeteknya sehingga virtual USB Portnya masih menggunakan virtual port yang lama. Cara mengatasinya kita harus mengganti virtual USB Port ini secara manual.

#B. Printer tidak bisa ngeprint karena "Print Queue"


Kasus seperti ini sering terjadi, dimana printer yang sedang dipake tiba-tiba seperti hang/ macet tidak bisa dibuat ngeprint. Waktu dilihat pada jendela "print queue", terlihat antrian dokumen yang hendak di-print tetapi tidak direspon oleh printer tersebut. Solusi yang paling mudah adalah dengan me-restart komputer. Namun selain itu, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi "print queue", antara lain sebagai berikut:

1. Menghapus  dokumen secara manual

Pertama sobat bisa mencoba menghapus secara manual antrian dokumen pada jendela "print queue" tersebut. Bagi sobat yang belum tau cara memunculkannya, cukup double klik "icon printer" di bawah taskbar atau klik start, klik "printer and faxes", double klik pada icon printer yang akan diatasi masalahnya.
Tidak Bisa Ngeprint di Windows 10

Pada jendela print queue terdapat beberapa kolom, yaitu:

  • Dokumen Name: Merupakan nama dokumen yang kita cetak.
  • Status: Status dokumen pada antrian yaitu spooling, paused atau printing.
  • Owner: User name orang yang mencetak dokumen
  • Pages: Menampilkan jumlah halaman yang sudah dicetak dan jumlah keseluruhan halaman.
  • Size: ukuran dokumen dalam kilobytes
  • Submitted: menampilakan waktu pada saat dokumen dikirim ke printer.

Cara menghapus dokumen dari daftar antrian cukup klik kanan dokumen tersebut dan pilih "Cancel".

2. Menghapus file di folder C:WINDOWS\system32\spool\PRINTERS

Jika cara diatas tidak berhasil, sobat bisa menggunakan cara kedua, yaitu menghapus dokumen tersebut dari folder spool yang ada di folder "WindowsSystem32". Untuk memakai cara ini account yang sobat pakai harus memiliki peran sebagai Administrator. Berikut cara menghapus file-file tersebut.

  • Klik "Start", klik "Control Panel" dan pilih "Administrative tools", lalu klik "Service".
  • Cari service "Print Spooler", kemudian klik kanan dan pilih "Stop"
Tidak Bisa Ngeprint di Windows 10

  • Buka folder C:\Windows\System32\spool\PRINTERS
  • Hapus semua file yang ada di folder PRINTERS tersebut.
  • Kembali ke jendela Windows Services, klik kanan pada Print Spooler dan pilih Start
Setelah file-file di folder C:\Windows\System32\spool\PRINTERS dihapus dan service Print Spooler aktif, sobat bisa memulai lagi mencetak dokumen.

#C. Printer tidak bisa ngeprint karena masalah "Unable to Connect"


Buat printer yang dipakai secara sharing, biasanya kasus yang dialami adalah dimana terdapat beberapa user yang tidak bisa melakukan perintah ke printer sharing tersebut, namun user yang lain tidak bermasalah. Biasanya kalau kita lihat ke jendela "Printer and Faxes" maka status printer tersebut adalah "unable to connect". Cara mengatasinya sobat bisa melakukan langkah-langkah seperti dibawah ini:

  • Buka jendela "Computer Management". Klik kanan icon "My Computer", klik "manage".
  • "Expand System Tools", kemudian "expand Shared Folder", dan klik "Sessions".
  • Pada jendela sebelah kanan terdapat daftar user yang terhubung ke komputer.
  • Cara yang paling mudah blok aja semua user lalu pilih "Cose Session /Disconnect All Session".
Tidak Bisa Ngeprint di Windows 10

  • Kemudian coba lagi user yang tadi untuk melihat status printer pada jendela "Printer and Faxes, kalau statusnya sudah ready maka printer sharing tersebut bisa dipake untuk ngeprint lagi.

#D. Printer tidak bisa ngeprint karena masalah "Driver" dan "Windows Update"


Biasanya hal ini terjadi karena adanya driver yang corrupt. Solusinya adalah sebagai berikut:
  • Lakukan install ulang pada driver printer. Uninstall terlebih dahulu driver printer melalui control panel.
  • Untuk driver printer yang terbaru dapat sobat bisan download pada halaman resminya. Dengan mendownload melalui laman resminya, tentunya driver yang di dapatkan akan lebih terpercaya.
  • Kemudian install ulang driver printernya. Setelah driver printer berhasil diinstal, setting pada device printer tersebut sebagai "default printer". caranya klik kanan pada mouse, dan klik "default printer".
  • Kemudian coba test print melalui control panel. 

Jika sobat baru saja melakukan "Update" pada Windows 10, maka kemungkinan driver yang lama tidak kompatibel lagi dengan versi windows terbaru. Solusinya sobat bisa melakukan cara-cara dibawah ini:

  • Setelah melakukan update windows, printer tidak bisa melakukan print padahal device printer sudah dibaca pada contol panel.
  • Kita cari lagi file update dari windows 10 yang terbaru. Kita search "Windows Update".
Tidak Bisa Ngeprint di Windows 10

  • Klik pada "Update History". Kemudian kita klik "Uninstall Update".
Tidak Bisa Ngeprint di Windows 10

  • Kemudian kita pilih package yang akan di uninstall. Apabila sobat bingung, pilih berdasarkan date terbaru. Date Package Update terbaru akan menjadi paling atas. Kemudian uninstall packagenya. Pilih dan Klik "Packagenya" kemudian klik "Uninstall".
Tidak Bisa Ngeprint di Windows 10

  • Kemudian lakukan test print pada printer.
Baca juga: Cara Mengatasi Printer Macet Epson L360

Penutup


Demikian tutorial dari Mister Tekno yang bisa dibagikan, tentang mengatasi printer tidak bisa ngeprint di Windows 10, dimana kasus ini biasanya disebabkan oleh sambungan kabel USB atau setelah sobat melakukan update windows 10. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke mistertekno.com, jika ada pertanyaan silahkan hubungi Contact Us. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel tutorial selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel