6 Tips Mengoptimalkan Situs di Google Search


Mistertekno.com - Materi ini saya dapatkan ketika mengikuti webinar yang dilakukan google beberapa hari yang lalu. Undangan webinar dikirim via email. Mungkin 6 tips ini bisa membantu teman-teman untukmengembangkan situs atau blognya.
Tips untuk Mengoptimalkan Situs di Google Search 
1. Konten Berkualitas

Pengguna menggunakan google search untuk mencari konten yang berkualitas. Banyak orang yang beranggapan bahwa Content is King, namun sepenuhnya tidak demikian. Pengguna website biasanya mencari sebuah artikel karena ingin mendapatkan sebuah informasi yang penting dan bermanfaat. Bukan hanya artikel dari copy paste, karena  resiko dari artikel salinan adalah jeblok di rangking google. Sebaiknya bikin artikel berkualitas dari hasil riset dengan perspektif yang unik dan mudah dipahami pengguna.  

2. Search Friendly

Google search harus memahami isi konten sebelum menunjukkannya kepada pengguna. Blog atau website yang mudah dicari saat pengguna mencari suatu informasi adalah kelebihan terhadap blog itu sendiri. Banyak dari blog yang tidak terindex di google, hingga akhirnya tidak ditemukan di penelusuran google. Agar bisa terindex bisa menggunakan dengan tool yang sudah disediakan oleh Google, yakni webmaster tool. Setiap artikel yang kita posting bisa submit di webmaster agar cepat terindex.

3. Mobile Friendly

Hampir 90% persen pengguna saat ini mengakses internet dari smartphone. Hal inilah yang membuat google lebih memprioritaskan blog yang tampilannya mobile friendly. Atau mudah diakses dan bagus dari segi tampilan jika diakses dari smartphone.

4. Cepat

Pengunjung blog biasanya malas jika membuka suatu blog yang loadingnya lambat. Pengguna lebih senang dan betah jika membuka suatu blog yang aksesnya sangat cepat. Untuk membuat blog yang cepat kalian bisa mmemakai template AMP yang lagi ramai saat ini. Biasanya blog yang memakai template AMP akan terlihat tanda petir di penelusuran google.

5. Aman

Pengguna tidak ingin ada masalah privasi  dan keamanan saat membuka blog. Blog yang tidak menggunakan keamanan bisa menyebabkan pengguna takut akan data privasinya yang terkena virus. Untuk mengatasi ini kalian bisa mengaktifkan HTTPS di platform blogger yang gratis. 

6. Terstruktur

Hasil penelusuran untuk pengguna akan lebih berguna jika Google memahami isi halaman yang terstruktur. Dan pastinya memudahkan situs kita bisa nangkring di halaman google. Data struktur ini meliputi:
  • Artikel
  • Buku
  • Event
  • Produk
  • Recipes
  • Job Posting
  • Dan lain-lain

Jika konten sudah terstruktur dengan rapid an benar, tentuna memberi kenyamanan terhadap pengguna.

Nah itulah 6 tips mengoptimalkan situs di google search. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel