√ Mengenal Smart SIM yang Bisa Dipakai Bayar Tol dan Belanja

Mistertekno.com - Sebentar lagi Korps Lalu Lintas Polri akan melaunching produk terbaru Surat Izin Mengemudi (SIM). Produk ini bernama Smart SIM,yang rencananya bakal dilaunching pada 22 Sepetember 2019. Smart SIM mempunyai multi-fungsi, selain bisa dipakai untuk SIM, produk ini juga bisa difungsikan sebagai uang elektronik dan dipakai untuk belanja dan membayar tol.

Teknologi chip dalam Smart SIM dapat merekam data pelanggaran lalu lintas, dan akan tercatat dengan valid, pelanggaran ringan, sedang, dan berat dari pemilik. Karena produk ini sudah ditanamkan sebuah chip dengan kapasitas tertentu yang bisa menyimpan data pemilik. Mulai dari alamat rumah, tempat tanggal lahir, sampai jenis pekerjaan.
Smart SIM Terbaru yang Lebih Canggih
Untuk menggunakan Smart Sim sebagai e-money, pemilik bisa top up saldo maksimal sebesar Rp 2 juta. Tentunya hal ini sangat menggembirakan bagi para pengemudi, karena sangat memudahkan kita untuk membayar dan berbelanja hanya dengan satu kartu. 
Rencananya setelah Smart SIM diluncurkan, nantinya pembuatan atau perpanjangan SIM akan langsung memakai model Smart SIM terbaru tersebut.

Sedangkan untuk masyarakat yang masih menggunakan model SIM lama tidak perlu repot untuk mengganti dengan model Smart SIM terbaru, karena tidak adanya larangan. Namun dengan fasilitas yang ditawarkan Smart SIM ini, bukan tidak mungkin banyak para pengemudi akan beralih ke produk terbaru ini.

Menukar SIM lama dengan Smart SIM bisa dilakukan langsung di Satpas terdekat, namun tentunya akan ada biaya yang harus dibayar. Biaya ini untuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Meskipun mengusung dengan chip yang lebih canggih, namun Polri tidak akan menaikkan tarif biaya pembuatan SIM. Ini berarti harga untuk membuat atau memperpanjang dengan Smart SIM tetap sama dengan harga SIM saat ini.

Smart SIM bertujuan untuk meningkatkan kualitas SIM, baik secara fisik yang kasat mata maupun teknologi tanpa menaikkan harga. Selain itu Smart SIM, dari sisi service juga smart, dan sejalan dengan perintah dari Presiden Jokowi dalam rangka menuju era 4.0.

Gimana tertarik untuk mencoba?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel