-->

Cara Mengatasi Smartphone yang Lag atau Hang

Mister Tekno, Smartphone merupakan sebuah perangkat atau alat yang dipakai oleh sebagian besar masyarakat untuk berkomunikasi. Baik itu melalui fitur SMS, telepon, ataupun melalui media internet yang kini menjadi santapan yang nikmat bagi para pengguna smartphone itu sendiri. 

Alasannya dengan adanya smartphone dan koneksi yang baik ke internet, kita diberikan fasilitas untuk melaksanakan komunikasi baik itu ke saudara, orang tua, kerabat, maupun pacar.


Cara Mengatasi Smartphone yang Lag atau Hang

Terlepas dari itu semua, terkadang smartphone juga tidak selamanya berjalan atau sanggup dioperasikan secara baik ada saatnya sebuah smartphone mengalami crash ataupun not responding atau istilah sederahananya dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan Patah-patah maupun lemot. 



Nah, ada beberapa langkah sederhana yang bisa teman lakukan ketika gadget yang teman miliki khususnya smartphone teman mengalami hal-hal tersebut, baik itu Lag ataupun Hang hingga lemot sekalipun bisa diatasi.

Tidak akan ada penyakit yang diciptakan bila tidak ada obatnya... 

Begitu pula dengan smartphone atau handphone yang teman miliki, ketika smartphone teman mengalami gangguan teman dalam mencoba beberapa cara berikut ini yaitu Cara Mengatasi Smartphone Yang Lag atau Hang 2018

Tapi, sebelum ke inti pembahasan, disini akan saya tulis terlebih dahulu faktor ataupun penyebab terjadinya lag ataupun hang pada smartphone diantaranya: 

1. Terlalu Banyak Aplikasi

Terlalu banyak app/aplikasi pada smartphone yang Anda miliki sanggup mempengaruhi dari kinerja smartphone itu sendiri. 

Karena, terlalu banyak aplikasi pada smartphone yang berkapasitas rendah sanggup mengakibatkan kurang berfungsinya sistem pada smartphone Anda, bisa disebut juga dengan kelebihan kapasitas atau overload.

2. RAM Terlalu Kecil/ Sedikit

Kapasitas memory kecil tetapi aplikasi banyak, sama menyerupai diatas. Faktor RAM (Random Access Memory) / daerah penyimpanan sementara pada smartphone teman juga sangat berpengaruh. Misalkan HP Anda mempunyai RAM 1GB tetapi di HP teman sangat banyak aplikasi dengan ukuran file yang sangat besar. 

Seperti aplikasi Mobile Legend, PUBG, dan beberapa aplikasi yang memakan RAM sanggup mengakibatkan melambatnya smartphone yang Anda miliki. 

3. Terserang Virus


Ini merupakan hal yang paling fatal, mungkin selama ini kita tidak begitu sadar akan bahanya virus yang masuk ke smartphone. 

Memang virus ini tidak nampak menyerupai pada virus komputer alasannya ia bekerja di belakang layar. Tetapi secara tidak sadar menciptakan perangkat Anda menjadi lambat, layaknya pada komputer ataupun laptop.

Baca juga: Cara Menghapus Virus Shortcut dengan CMD

Diatas merupakan 3 faktor yang sanggup mengakibatkan melambatnya smartphone atau handphone yang teman miliki. Berikut ini adalah cara untuk mengatasinya:


Lag atau Hang nya sebuah smartphone akan menciptakan si pengguna merasa putus asa ketiika ia tidak bisa memperbaiki smartphone ataupun HP nya yang mengalami masalah
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi handphone atau HP yang Lag maupun Hang bahkan yang lemot sekalipun 

1. Download Antivirus

Tidak bisa dipungiri Antivirus sangat dibutuhkan untuk sebuah smartphone, tidak hanya untuk laptop, smartphone pun membutuhkan antivirus tersebut biar sistem yang berjalan tetap normal dan kondusif dari bahaya virus yang tidak kita sadari.... berikut  ini antivirus yang saya rekomendasikan untuk smartphone sobat :
  • 360 Security
  • Clean Master
Perlu diingat, silahkan download antivirus hanya 1 saja per perangkat, jadi dilarang 2 antivirus sekaligus dalam 1 perangkat yang teman miliki, alasannya bila ada 2 antivirus sekaligus justru akan menciptakan smartphone semakin lelet alias lemot.

2. Bersihkan Cache Aplikasi

Untuk mencegah biar HP tidak Lag ataupun Hang, cara yang bisa dilakukan juga ialah dengan membersihkan cache pada setiap aplikasi di smartphone sobat, alasannya dengan membersihkan cache pada HP, maka akan menawarkan ruang lebih untuk RAM biar bisa bekerja secara optimal.

3. Lakukan Reset Data Pabrikan

Cara pamungkas yang bisa dilakukan bila 2 langkah diatas masih belum bekerja secara maksimal, maka melaksanakan reset smartphone merupakan langkah yang sempurna untuk dilakukan, tetapi pastikan sebelum melaksanakan reset, teman sudah membackup atau mencadangkan data hp teman ke server atau akun google yang dipakai pada smartphone sobat

Sehingga data yang ada pada HP tidak akan hilang dan bisa dikembalikan, baik itu nomor kontak, chat whatsapp dan lain-lain.

Cara-cara diatas bisa dilakukan untuk semua jenis smartphone yang memang dirasa sudah tidak masuk akal dari sisi kinerja nya. 

Tapi perlu digaris bawahi, smartphone yang nge-lag atau hang maupun lemot biasanya sering terjadi pada smartphone yang berkapasitas RAM dan internal memori yang rendah. 

Tapi tidak akan berlaku pada smartphone yang sudah mempunyai spesifikasi tinggi menyerupai yang sedang booming dikala ini menyerupai Vivo, Oppo F7, Oppo F7 PRO, Samsung dan masih banyak lagi.

Mencegah Smartphone Lag atau Hang

Baca juga: 4 Aplikasi Antivirus Android Paling Ringan dan Terbaik

Kesimpulan

Melakukan perawatan pada perangkat HP atau smartphone Anda sesudah pemakaian, merupakan hal wajib yang harus dilakukan demi mencegahnya ketidaknyamanan dikala memakai HP sobat seperti lag atau hang. 

Lemot dan beberapa kasus lainnya, seperti melakukan clear cache, mengunduh antivirus hingga melaksanakan reset ke data pabrikan sanggup dilakukan apabila memang dirasa diperlukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel