Tips Apa Yang Harus Dilakukan Dikala Gempa Bumi Terjadi

Advertisement

Iklan 970x90px

Tips Apa Yang Harus Dilakukan Dikala Gempa Bumi Terjadi

Selasa, 30 April 2019

Gempa Bumi, sebuah musibah yang terjadi alasannya adanya proses pelepasan energi dari dalam bumi, dimana hal tersebut mengakibatkan bergetarnya tanah di permukaan bumi, gempa bumi sendiri terbagi menjadi beberapa bab diantaranya gempa bumi tektonik, vulkanik dan masih banyak lagi jenisnya. 



Berbicara wacana gempa, mungkin teman masih ingat dengan kejadian yang sangat memilukan bagi masyarakat Indonesia pada tahun 2004 lalu, dimana merupakan gempa yang cukup besar dan menghancurkan ratusan rumah serta memakan ratusan korban jiwa.

Di Tahun 2018 ini, Indonesia kembali berduka dengan kembali terjadinya gempa bumi di wilayah timur Indonesia, tepatnya di Lombok dan sekitarnya dimana ratusan rumah rusak sehingga warga Lombok harus mengungsi ke tenda-tenda darurat yang telah diesediakan. 

Gempa Bumi memang tidak sanggup diprediksi kapan dan jam berapa akan terjadinya, sanggup saja ketika sedang bekerja, santai, atau bahkan sedang tidur, semua tidak pernah tahu kapan Gempa Bumi akan datang. 

Namun, setidaknya kita sanggup mengantisipasinya atau melaksanakan tindakan ketika gempa bumi tersebut tiba atau terjadi ... berikut ini yakni beberapa tips yang sanggup teman lakukan atau Apa Yang Harus Dilakukan Saat Gempa Bumi Terjadi. 

  1. Jangan Panik, hal pertama dan utama yang harus dilakukan ketika terjadinya gempa bumi, janganlah panik, alasannya dengan panik tidak akan membawa solusi dan hanya akan menciptakan susah bagi kita sendiri, jadi tetap hening disaat terjadinya gempa bumi, diusahakan tidak perlu membawa barang-barang, usahakan selamatkan nyawa teman dan orang-orang tersayang. 
  2. Sembunyi Dibawah Meja, ketika terjadi gempa namun teman tidak sempat lari keluar, maka bersembunyi dibawah meja yakni hal yang sanggup teman lakukan, setidaknya hal tersebut sanggup meminimalisir tertimpa nya diri kita dari reruntuhan atap yang akan jatuh. 
  3. Berlari ke Lapang / Tempat yang luas, Berlari mencari daerah yang luas dan jauh dari tingginya bangunan, merupakan hal juga yang sanggup dilakukan untuk menghindari reruntuhan dari bangunan, usahakan mencari daerah yang luas ibarat lapang.

Seperti yang saya tulis diatas, gempa bumi tidak pernah sanggup terprediksi kapan akan terjadi, namun dengan tips sederhana diatas sanggup teman coba untuk setidaknya menyelamatkan diri teman dan juga orang-orang tersayang, supaya apa yang saya tulis sanggup bermanfaat.