Shortcut - Shortcut Pada Microsoft Excel

Advertisement

Iklan 970x90px

Shortcut - Shortcut Pada Microsoft Excel

Jumat, 19 April 2019

Kali ini saya akan sharing mengenai shortcut-shortcut pada microsoft excel yang saya ketahui. Shortcut pada excel ini gres beberapa saya ketahui dan pelajari sejak saya gres mulai memasuki dunia kerja dimana kerjaan saya bekerjasama dengan data pada database sebuah sistem yang cukup banyak jadi memerlukan shortcut untuk lebih mempermudah saya mengolah data tersebut pada microsoft excel. Mungkin shortcut yang saya sharing disini tidak terlalu banyak dan lengkap tetapi setidaknya sanggup membantu mitra yang sedang mencari atau belum mengetahuinya. Langsung saja kita bahas dari yang pertama ialah :

1. Alt + O + C + A

Shortcut pada excel yang berfungsi untuk melaksanakan fit lebar sebuah cell atau kolom yang didalamnya berisi sebuah teks. Lebar cell ini akan menyesuaikan dengan cell yang mempunyai ukuran teks yang paling panjang tergantung berapa cell yang diblok bila ingin seluruh cell, sanggup blok semua cell dengan Ctrl + A. Ini merupakan shortcut hidangan AutoFit Coloumn Width yang terdapat pada tab Home - Format - AutoFit Coloumn Width.

2. Ctrl + Spasi

Shortcut pada excel yang berfungsi untuk melaksanakan blok kolom dari kolom cell pertama hingga kolom yang berada paling simpulan pada sheet excel tanpa menghiraukan cell tersebut berisi teks atau tidak. Jika ingin melaksanakan blok 2 atau lebih kolom sekaligus pertama sanggup dilakukan blok biasa terlebih dahulu memakai Shift + tombol kanan atau kiri kemudian gres gunakan Ctrl + Spasi untuk blok hingga cell paling bawah. 

3. Shift + Spasi

Shortcut pada excel yang berfungsi untuk melaksanakan blok baris dari baris cell pertama hingga baris yang berada paling simpulan pada sheet excel tanpa menghiraukan cell tersebut berisi teks atau tidak. Ini hampir sama dengan point 2 hanya saja berbeda antara baris dan kolom.

4. Alt + (+/=)

Shortcut pada excel yang berfungsi untuk melaksanakan autosum atau penjumlahan dari beberapa baris data. Autosum ini menjumlahkan angka pada baris yang berderet bila terdapat baris atau cell yang kosong maka yang dijumlahkan hanya hingga batas sebelum baris kosong tersebut. Ini merupakan shortcut hidangan SUM yang terdapat pada tab Home - AutoSum - Sum.

5. Ctrl + (;)

Shortcut pada excel yang berfungsi untuk mengisi sebuah cell dengan data tanggal hari ini.

6. Ctrl + D

Shortcut pada excel yang berfungsi untuk mengcopy isi sebuah cell pada bab bawahnya sesuai dengan isi sebuah cell tersebut yang terletak diatasnya atau menyamakan isi sebuah cell sesuai dengan isi cell atasnya. Misalnya anda ingin mengcopy kata sepeda pada cell kosong dibawah cell kata sepeda tersebut, anda hanya perlu blok cell sepeda dan cell kosong tersebut kemudian tekan Ctrl + D.

7. Ctrl + R

Shortcut pada excel yang berfungsi untuk mengcopy isi sebuah cell pada bab kanannya sesuai dengan isi sebuah cell tersebut yang terletak dikirinya atau menyamakan isi sebuah cell sesuai dengan isi cell dikirinya. Ini sama halnya dengan point 6 hanya berbeda atas bawah dan kiri kanan.

8. F4

Shortcut pada excel yang berfungsi untuk memberi perlakuan yang sama pada sebuah cell sesuai perlakuan yang dilakukan sebelumnya pada sebuah cell. Misalkan anda mewarnai merah sebuah cel kemudian anda ingin mewarnai merah cell lainnya anda hanya perlu mengarah pada cell tersebut kemudian tekan F4. Contoh lainnya ibarat Italic, dll.

Sekian dahulu yang sanggup saya sharing, bila kedepan saya mengetahui shortcut lainnya saya akan share kembali disini, biar sanggup membantu...