Office Tabs, Software Gratis Untuk Menambahi Fitur Tabs Di Microsoft Office-Mu

Advertisement

Iklan 970x90px

Office Tabs, Software Gratis Untuk Menambahi Fitur Tabs Di Microsoft Office-Mu

Selasa, 23 April 2019

Bagi kau yang kesehariannya berhadapan dengan dokumen office, tentu sering merasa keteteran ketika membuka banyak dokumen dalam waktu bersamaan. Pasalnya, Microsoft Office tidak mempunyai fitur Tabs, sehingga setiap file dokumen yang terbuka akan terbuka pada satu jendela (window). Jadi, ketika kau ingin berganti, dari satu dokumen ke dokumen lain harus menggeser kursor ke Taskbar dan menentukan dokumen yang akan dilihat.

Bagi kau yang kesehariannya berhadapan dengan dokumen office Office Tabs, Software Gratis untuk Menambahi Fitur Tabs di Microsoft Office-mu
Office Tabs
Jika kau mengalami hal tersebut, kau perlu mencoba software yang satu ini. Namanya Office Tabs. Sebuah software add-in untuk Microsoft office yang mempunyai kegunaan untuk menciptakan tab. Dengan Office Tabs kau dapat melihat, mengedit, dan mengatur dokumen, workbook, dan file presentasi melalu Tabbed View. Tabbed View maksudnya yakni kau dapat membuka banyak dokumen dalam satu jendela dengan gampang dan cepat.

Spesifikasi Office Tabs

Berikut ini yakni spesifikasi Office Tabs:
  • Office Tabs yakni freeware, alias GRATIS.
  • Office Tabs yakni software add-in untuk Microsoft Office yang support mulai dari Office 2003-2016 dan juga Office 365.
  • Support semua edisi Microsoft Office: Enterprise, Ultimate, Professional Plus, Standard, Home and bussiness, dan home and Student.
  • Office Tabs hanya support 3 komponen Microsoft Office, yaitu: Office Word, Office Excel, dan Office Power Point. (Jika ingin support untuk semua komponen office, gunakan Office Tabs Enterprise (Berbayar dengan 30 hari trial))

Cara Memasang Office Tabs

Untuk memasang Office Tabs pada Microsoft Office-mu, silahkan ikuti langkah berikut ini.
1. Pertama, unduh file Office Tabs di laman official-nya: http://www.office-tabs.com/index.htm.
2. Setelah file terunduh, pasang Office Tabs ke komputer/laptopmu.
3. Setelah Office Tabs terpasang, buka salah satu dari komponen office-mu. Saya memisalkan Office Word.
4. Setelah office Word terbuka, di bab Ribbon secara otomatis akan muncul Office Tabs. Disitu kau dapat menemukan banyak sekali opsi pengaturan untuk Office Tabs.
5. Tab dapat kau temukan di bawah Ribbon. Untuk menggunakannya, caranya sama dengan Tabs yang ada pada browser.
6. Selamat menikmati Tab view pada Microsoft Office.

Fitur Office Tabs

Office Tabs tidak hanya memperlihatkan Tab view saja. Ada banyak fitur yang disematkan yang tentu saja membantu-mu ketika membuka banyak dokumen. Berikut yakni fitur-fitur yang ditawarkan oleh Office Tabs.

Mudah digunakan
Dengan menggunakan Office Tabs, dokumen-dokumen yang kau buka disajikan dalam bentuk Tab dalam satu jendela (Window). Kamu dapat mengakses dokumen-dokumen yang kau buka itu dengan satu klik saja. Seperti ketika kau menggunakan browser dikala membuka banyak Website. Dengan begitu, pekerjaanmu akan lebih efisien.

Context Menu yang Multifungsi
Office Tabs mempunyai Context Menu yang dapat kau gunakan untuk banyak sekali macam fungsi menyerupai membuka, menyimpan, maupun menutup dokumen. Baik itu satu tab ataupun semua tab. Context Menu dapat dibuka dengan mengklik kanan pada tab ataupun tab bar.

Save semua Dokumen dengan Satu Klik
Dengan office Tabs, kau dapat menyimpan dan menutup semu dokumen dengan satu klik. Kamu juga dapat menutup dokumen lain tanpa harus berpindah ke tab dokumen tersebut. Jika kau membuka banyak file, kau dapat menyimpan pekerjaanmu dalam satu klik kemudian menutupnya. Kamu tidak perlu menyimpan pekerjaanmu satu persatu. Cukup klik Save All dari Context Menu, maka semua file-mu akan tersimpan. Sama halnya ketika ingin menutup semua file, tinggal pilih Close All, maka semua file akan tertutup.

Rename File dengan Mudah
Untuk mengganti nama file biasanya kau harus menutup file dokumen yang terbuka, kemudian klik kanan Rename. Atau dengan menyimpannya sebagai file gres dengan Save as. Tapi, dengan Office Tabs, kau dapat me-Rename file dokumenmu dengan hanya mengklik kanan tab file, kemudian pilih Rename.

Mengatur Tampilan Tab
Tampilan Tab dapat diatur berdasarkan seleramu. Berikut fitur tampilan tab yang dapat diatur:
  • Tab Style: Ada 11 pilihan model tab yang dapat digunakan.
  • Tab Color: Warna Tab yang aktif dan tidak aktif dapat diatur warnanya.
  • Font dan panjang goresan pena nama setiap tab dapat diatur sesuai keinginanmu.
Untuk mengakses fitur ini, klik kan pada tab/ tab kafe kemudian pilih Tabs for Word/Excel/PowerPoint Options.

Memiliki Fitur Shortcut
Office Tabs menyediakan shortcut untuk mengngakses tabs, hide dan display Tab bar, berpindah dari satu ke lain Tab, menentukan Tab tertentu, dll. Shortcut default sudah disediakan, tetapi kau dapat memodifikasinya berdasarkan seleramu. Untuk mengakses fitur ini, klik kan pada tab/ tab kafe kemudian pilih Tabs for Word/Excel/PowerPoint Options.

Yang aku tuliskan di atas yakni beberapa fitur yang dimiliki oleh Office tabs. Kamu dapat mengecek fitur lainnya di website-nya atau mencoba langsung. Gratis ini.

Bagi aku sendiri, Office Tabs mempermudah aku dalam menggunakan Microsoft Office. Saya biasanya membuka Office Word, Excel, dan Power Poin bersamaan. Dan tidak hanya satu-satu.

Demikian ulasan aku mengenai Office Tabs. Semoga bermanfaat. Terima kasih.