Bluestacks 3, Emulator Android Untuk Para Gamers

Apakah emulator android itu? Emulator android yaitu sebuah software/perangkat lunak komputer yang dipakai untuk menjalankan aplikasi android di komputer. Dengan emulator android kita bisa memasang banyak sekali aplikasi android dan menjalankannya di komputer kita. Emulator android yaitu satu dari beberapa software emulator yang ada. Selain emulator android ada emulator PS (Playstation), PSP, Sega, dll.

Tujuan orang menggunakan emulator android beragam. Sebelum saya punya smartphone, emulator android saya gunakan untuk menikmati fitur smartphone via laptop. Hehehe... bagi developer aplikasi dan game android tentu untuk uji coba. Tetapi, salah satu tujuan yang mungkin menjadi alasan orang memasang emulator android di komputer yaitu untuk bermain game. Ya, sebagaimana emulator lainnya yang bertujuan untuk memampukan game dari platform tertentu untuk bisa berjalan di komputer, emulator android pun demikian. Dengan menggunakan emulator android kita bisa bermain game android di komputer.


Emulator Android: Bluestacks 3

Kali ini saya ingin mengulas salah satu emulator android yang sudah tersohor. Hahaha... iya, tersohor, sebab emulator ini termasuk dalam jajaran emulator terbaik. Dan yang paling penting gratis. Jadi, kita sanggup menikmati versi full tanpa perlu keygan ataupun crack. Emulator android yang saya maksudkan yaitu Bluestacks.

Berawal dari rasa ingin tau terhadap sebuah game, awalnya saya memasang game tersebut di smartphone. Yaitu Shadow Fight 3. Namun, smartphone saya cepat naik pitam kalo dipake bermain game. Makara ya saya mencari alternatif lain. Pertama saya mengecek di marketnya windows 10, Cuma nemu Shadow Fight 2 yang sudah terinstal di laptop. Lalu saya berinisiatif untuk mengunduh Bluestacks di Web resminya. Bluestacks Versi 3. Dan wow. Tampilannya bikin pangling. Bagus. Lebih praktis dari versi sebelumnya yang menampilkan semua sajian di side bar. Tidak hanya hingga pada tampilan saja. Dulupun saya pernah menggunakan Bluestacks. Tapi pas ingin bermain game android dengan keyboard, saya harus mapping sendiri. Di Bluestack yang terbaru ini, sudah ada fitur auto mapping. Jadi, saat kita membua game, tombol keyboard yang akan dipake sudah siap, sudah dipetakan oleh Bluestack. Dan kita pun bisa mengeditnya, kalau kita merasa tidak cocok. Alhasil, saya bisa pribadi memainkan game Shadow Fight 3 tanpa perlu mapping lagi. 

Spesifikasi Bluestacks 3

Kalau dilihat dari tampilan yang pertama kali muncul saat kita membuka Bluestacks, kita akan pribadi bisa menebak poin apa yang diunggulkan oleh Bluestacks. Berikut tampilan pertama saat kita membuka Bluestacks 3.

 Emulator android yaitu sebuah software Bluestacks 3, Emulator Android untuk Para Gamers
Tampilan Pertama saat Membuka Bluestacks 3: App Center

Tampilan pertama menyajikan App Center. Mungkin kalau kita hanya mendengar namanya saja, App Center, kita akan membayangkan App Center yang berisi aplikasi-aplikasi android menyerupai aplikasi social media, pemutar musik, game, dll. Namun, saat kita melihat gambar di atas, oh ternyata App Center isinya game semua. Ya, memang yang menjadi penawaran utama Bluestacks 3 ini yaitu game. Bluestacks 3 diperuntukkan untuk para gamers android. Minimum system requirement-nya bisa menawarkan hal tersebut. Berikut minimum system requirement untuk memasang Bluestacks 3 di komputer.

Minimum system requirements 
  • OS: Windows 10, Windows 8.1, Windows 8, Windows 7, Windows Vista SP2 , Windows XP SP3 (32-bit only) 
  • RAM komputermu minimal harus 2 GB
  • Freespace hardisk di komputermu minimal harus 4GB of untuk menyimpan aplikasi dan /game Android dan data-datanya. 
  • Driver graphics terbaru 
  • Komputer harus terhubung ke internet untuk mengakses game, akun and konten lainnya. 
BlueStacks 3 akan berjalan pada komputer yang memenuhi minimum systems requirements. Akan tetapi, untuk mendapat gameplay experience yang memuaskan, Recommended System Requirements berikut ini dibutuhkan.

Recommended system requirements 
  • OS: Windows 10 
  • Processor: Intel Core i5-680 (passmark 3500) or atau processor yang lebih tinggi dengan virtualization extensions di BIOS enabled. 
  • Graphics: Intel HD 5200 (passmark 750) or higher 
  • RAM komputermu 6 GB atau lebih tinggi. 
  • HDD: SSD (or fusion) 
  • Freespace hardisk: 40 GB 
  • Komputer harus terhubung ke internet untuk mengakses game, akun and konten lainnya
  • Power plan: High performance

Fitur Bluestacks 3

Aplikasi Bawaan yang Berguna
Aplikasi bawaan yang telah terpasang pada Bluestacks tidak banyak tetapi berguna. Bluestacks meletakkan aplikasi tersebut pada Tab Home di dalam folder System App. Isinya yaitu Settings, Browser, Camera, Google Play Games, Google Play, dan Media Manager.

Sebagaimana saya singgung di depan, yang menjadi andalan dari Bluestacks yaitu games. Jadi, Google Play Games menjadi aplikasi wajib. Dan Bluestacks 3 telah menyertakannya dalam instalasi, sehingga kita tidak perlu mendownload lagi. 

Lalu di App Center, isinya kok game semua, bagaimana untuk aplikasi android selain game. Nah, sebagaimana smartphone android, Bluestacks 3 pun telah menyertakan Google Plya pada system app-nya. Kita tinggal mendownload aplikasi-aplikasi yang kita butuhkan melalu Google Play.

Kemudian, Bluestack juga telah menyertakan Media Manager. Gunanya untuk apa aplikasi ini? Media Manager dipakai untuk export dan import file antara Bluestacks dan Windows. Kita bisa import dokumen, foto, video, dan juga apk offline installer dari Windows ke Bluestacks. 

Sinkronasi Performa Secara Otomatis

Ketika kita memasang Bluestacks di komputer kita, secara otomatis Bluestacks akan menyesuaikan setelannya sehingga memperoleh performa yang paling optimal saat dijalankan di komputer tersebut. Makara kau bisa menjalankan aplikasi atau bermain game dengan maksimal.

Pemetaan Keyboard dan Mouse Secara Otomatis

Tim developer Bluestacks telah menyematkan keymapping untuk keyboard dan mouse yang berfungsi sebagai tombol pada hampir semua game android. Kamu juga bisa mengkostumisasi pemetaan keyboard tersebut sesuai selera kita. Kamu bisa pribadi bermain game tanpa perlu mengatur keymapping.

Kompatibel dengan VGA AMD dan Intel

Bluestacks mendukung VGA AMD dan Intel. Kita tidak perlu khawatir kartu grafis pada komputermu tidak bekerja/terdeteksi oleh Bluestacks.

Multi Instance untuk Bermain Game dengan lebih dari Satu Akun

Bagi para gamers, ini mungkin akan menjadi favorit. Dengan fitur Multi Instance, kita bisa memainkan game dengan beberapa akun pada satu komputer dan satu Bluestacks. Fitur Multi Instance sanggup diakses dengan mengklik tombol Multi Instance yang berada di potongan bawah layar sebelah kanan.

Instal apk

Fitur yang satu ini bisa kita gunakan untuk menginstal apk yang kita download dari web-web penyedia apk offline installer. Fitur Install apk bisa diakses dengan mengklik tombol Install apk yang berada di samping tombol fitur Multi Instance.

Gambar Tampilan Bluestacks 3

 Emulator android yaitu sebuah software Bluestacks 3, Emulator Android untuk Para Gamers
App Center

 Emulator android yaitu sebuah software Bluestacks 3, Emulator Android untuk Para Gamers
My App

 Emulator android yaitu sebuah software Bluestacks 3, Emulator Android untuk Para Gamers
System App

 Emulator android yaitu sebuah software Bluestacks 3, Emulator Android untuk Para Gamers
Game

 Emulator android yaitu sebuah software Bluestacks 3, Emulator Android untuk Para Gamers
Joox
Bagi saya, Bluestacks 3 ini sudah paket komplit. Tampilan menarik dan tidak banyak distraksi. Performa bisa menyesuaikan spek komputer (yang memenuhi minimum system requirements). Keymapping untuk game sudah otomatis. Bisa juga pake gamepad lho. Nantikan goresan pena selanjutnya mengenai ngegame di Bluestacks dengan gamepad.

Sekian ulasan saya mengenai Bluestacks 3. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Link download Bluestacks 3: https://www.bluestacks.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel