Mifi Tp-Link M7350, Sehabis Beberapa Hari Memakainya

Advertisement

Iklan 970x90px

Mifi Tp-Link M7350, Sehabis Beberapa Hari Memakainya

Selasa, 23 April 2019

Sudah pernah menggunakan Mifi? Saya gres beberapa hari memakainya. Termasuk telat yak.. hehe... Sebelum sinyal LTE 4G menyebarluas ibarat kini ini, aku menggunakan modem evdo untuk ber-internet. Lalu, modem evdo aku memasuka masa purna tugas. Rusak? Tidak. Tergerus oleh kemajuan teknologi. Sinyalnya hilang bersamaan dengan dimasuknya sinyal LTE ke tempat tempat tinggal saya. Mungkin memang sudah waktunya beralih. Kemudian, aku menggunakan fitur tethering smartphone untuk koneksi internet laptop saya. Ya, biasa saja, tidak merepotkan. Urusan lancar saja. Sampai beberapa hari yang lalu, dikala aku mencoba menggunakan Mifi, tiba-tiba berinternet dengan tethering smartphone untuk memperlihatkan koneksi internet kepada laptop aku rasanya kok merepotkan ya. Hahaha... 
Pada kesempatan ini aku akan mengulas perihal pengalaman aku sesudah beberapa hari menggunakan Mifi untuk berinternet. Saya menggunakan Mifi TP-Link M7350.

Mifi TP-Link M-7350

Unit Mifi TP-Link M7350
Ini ialah Mifi yang pertama kali aku pakai. Berikut spesifikasinya:
  1. 4G LTE Kecepatan download sampai 150 Mb dan kecepatan upload sampai 50 Mb.
  2. Dualband pada frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz.
  3. Ada display monitornya.
  4. Bisa terhubung dengan 10 perangkat.
  5. Batre 2.000 mAh
  6. Slot memori eksternal (micro SD) maksimal 32 GB.
Pada package atau kemasan pembelian yang didapatkan ialah 1 unit Mifi TP-Link M7350, 1 buah kabel data, dan dua buah konverter Kartu SIM untuk Kartu SIM Micro dan Nano. Perangkat Mifi ini eksklusif sanggup dipakai begitu kita memasukkan kartu SIM yang mempunyai kuota internet. Berikut ini gambar langkah pemasangan kartu SIM dan batre.
Langkah memasang batre dan kartu SIM
Mifi TP-Link M7350 ini sanggup diatur eksklusif dari perangkat, tanpa menggunakan smartphone ataupun laptop. Ada dua tombol navigasi yang sanggup digunakan. Pertama ialah tombol power yang juga berfungsi sebagai tombol select (pilih) dan tombol sajian yang sekaligus sebagai tombol arah.
Bagian-bagian Mifi TP-Link M7350

Tombol Menu Mifi TP-Link M7350

Menu Mifi TP-Link M7350

Display monitor bab atas menampilkan gosip perihal sinyal internet, status Wi-fi, dan gosip status batre. Sedangkan tampilan utamanya ialah sajian Home dan sanggup dipindahkan ke sajian lainnya dengan menekan tombol sajian di sisi sebelah atas display monitor. Sedangkan untuk memasuki sajian tersebut gunakan tombol select (tombol power). Pada display monitor. menunya sendiri sudah sanggup dikatakan cukup, informatif dan praktis. Berikut isi sajian yang disajikan pada display monitor Mifi TP-Link M7350.

  • Home
Home berisi gosip perihal kartu SIM yang digunakan, kecepatan internet, dan jumlah data internet yang telah terpakai. Tampilan ini yang akan selalu tersaji sebagai tampilan utama dikala display monitor menyala.

  • Device Info
Device info berisi gosip perihal nama SSID (nama jaringan yang tampil pada perangkat lain yang ingin terhubung dengan Mifi), password-nya dan alamat website untuk login via WEB.

  • Power Saving
Power saving berisi opsi untuk menggunakan daya secara normal atau hemat.

  • WPS
Menu ini berisi gosip status Wi-fi dan jumlah perangkat yang terhubung dengan Mifi.

  • Wi-fi Band
Pada sajian ini, terdapat opsi untuk menentukan menggunakan frekuensi 2,4 GHz atau 5 GHz. Memilih menggunakan opsi yang manapun, yang paling perlu dipertimbangkan apakah perangkat yang akan terhubung ke Mifi itu support ke frekuensi yang dipilih. Ada perangkat yang hanya support salah satu frekuensi, ada yang support keduanya.

  • Network Mode
Menu ini berisi opsi apakah jaringan yang dipakai mengutamakan 4G (4G pref), hanya 4G (4G only) dan hanya 3G (3G only). 

  • Data Roaming
Menu ini berisi opsi untuk menghidupkan dan mematikan data roaming (ON/OFF).

  • App Download
Menu ini berisi scan barcode yang sanggup kita gunakan untuk mendownload aplikasi tpMifi. Jika kau ingin mengatur setting yang lebih mendalam, sanggup melalui aplikasi ini. Misalnya mengirim dan mendapatkan SMS dan memblokir perangkat yang terhubung dengan Mifi ini. Selain aplikasi tpMifi, Mifi TP-Link M7350 juga sanggup diakses melalui Web Management Page yang sanggup diakses dari browser, baik itu melalui browser smartphone maupun laptop.

Cara Mengoperasikan Mifi TP-Link M7350

Setelah pemaparan singkat mengenai Menu Mifi TP-Link M7350. Sekarang, untuk pengoperasian Mifi-nya sesudah kartu SIM dipasang, silahkan ikuti langkah berikut ini.
  1. Hidupkan perangkat dengan menekan Tombol Power agak lama.
  2. Setelah itu tekan Tombol Menu dua kali, ke sajian Device Info.
    Menu Device Info
  3. Pilih sajian ini dengan menekan Tombol Power sekali. Akan muncul halaman ibarat di bawah ini. Itu ialah nama SSID dan password yang dipakai perangkat lain untuk terkoneksi ke internet.
    SSID dan Password Mifi TP-Link M7350
  4. Langkah selanjutnya ibarat langkah dikala kau ingin terkoneksi dengan jaringan WI-Fi.

Mifi TP-Link M7350 Bagi Saya

Setelah beberapa hari menggunakan TP-Link M7350 ini, aku mempunyai beberapa opini subjektif aku sendiri.
  1. Mifi TP-Link M7350 gampang digunakan, bahkan bagi yang gres pertama kali bersinggungan dengan perangkat jenis Mifi. Untuk penggunaan pertama kali tinggal memasang kartu SIM berpaket internet. Dan untuk nama SSID dan passwordnya sudah ditampilkan pada sajian Device Info.
  2. Mifi ini praktis, aku sanggup mengatur eksklusif setting yang aku inginkan melalui display monitor.
  3. Yang paling aku sukai, ada pilihan jaringan “4G only”-nya. Hehe... Saya sanggup menikmati sinyal 4G terus di tempat tinggal aku yang miskin sinyal 4G. Jadinya bonus kuota 4G aku tidak mubazir.
  4. setelah aku coba, jarak yang dicover oleh sinyal Wi-Fi Mifi TP-Link M7350 cukup luas. Saya taruh Mifi di ruang tamu, dari jalan depan rumah yang jaraknya krang lebih 15 meteran streaming video masih bisa. 
  5. Mifi ini menyediakan aplikasi tpMifi, sehingga aku sanggup melaksanakan pengaturan Mifi eksklusif dari smartphone dikala Mifi ini jauh dari jangkauan, misal pas aku letakkan di jendela atau ventilasi yang sinyal 4G-nya kuat.
  6. Dengan aplikasi tpMifi aku juga sanggup mengatur siapa saja yang boleh terhubung dengan Mifi ini. Bahkan aku sanggup menyembunyikan SSIDnya, sehingga tidak terdeteksi oleh scan jaringan Wifi Hotspot perangkat di sekitarnya. Irit kuota ceritanya. Hahaha...
Yang aku sebutkan di atas ialah beberapa fitur yang aku sukai dari Mifi ini. Mengenai kelebihan dan kekurangan Mifi ini, sanggup dibaca ulasanya. Secara umum kelebihan dan kekurangan produk Mifi itu mirip-miriplah. Silahkan baca disini.

Sekian dulu ulasannya. Untuk halaman Web Management dan hal-hal lain perihal Mifi ini, agar aku berkesempatan mengulasnya. Semoga bermanfaat.