Mifi, Menimbulkan Semua Daerah Sebagai Wifi Area

Advertisement

Iklan 970x90px

Mifi, Menimbulkan Semua Daerah Sebagai Wifi Area

Selasa, 23 April 2019

Pernah mendengar benda berjulukan Mifi? Ah nggak salah tulis tuh? Wi-fi kali?

Mifi kepanjangannya ialah Mobile Wi-fi.

Mifi
Secara sederhana Mifi ialah perangkat yang sanggup memancarkan wifi hotspot dan sanggup dibawa-bawa (mobile). Teknologi ini sanggup dikatakan bukan gres lagi di tahun ini. Karena laptop dan smartphone pun kini mempunyai fitur yang sama, yaitu sanggup memancarkan wifi hotspot. Namun, bagi yang punya beberapa perangkat elektronik yang membutuhkan koneksi internet, Mifi ini sangatlah membantu.
Mifi memancarkan wifi hotspot ke beberapa perangkat



Mifi, Berasa Punya Wi-Fi Corner-nya telkom nih...

Sudah beberapa hari aku mencoba memakai perangkat Mifi (termasuk terlambat nih, gres nyoba sekarang, hehe...). Bagi aku yang memakai laptop dan smartphone yang senantiasa membutuhkan koneksi internet, ini sangat membantu. Tadinya aku memanfaatkan fitur tethering pada smartphone untuk memperoleh koneksi internet bagi laptop. Alhasil, batre smartphone aku jadi lebih cepat habis. Belum lagi saat aku di rumah. Untuk memperoleh sinyal 4G aku harus meletakkan smartphone di jendela, nyari sinyal. Jadi, selama itu, otomatis tidak sanggup memantau pesan-pesan yang masuk di smartphoe saya. Ya untuk aplikasi WhatsApp okelah, ada WhatsApp Web, sanggup terpantau. Sedangkan untuk BBM dan SMS/telpon, “nanti ya, smartphone sedang on duty nih, hahaha...”
Pas Mifi nyala, rasanya dimana-mana itu hospot area, berasa punya Wi-Fi corner sendiri. Oh iya Mifi yang aku gunakan ialah Mifi TP-Link M7350.

Cara Mengoperasikan Mifi

Mifi, sebagai perangkat portable, sanggup dioperasikan pribadi tanpa perlu dihubungkan ke perangkat lain. Namun, untuk penggunaan pertama kali, aku gres mencoba 2 produk Mifi, dan dua-duanya berbeda caranya.

  1. ada produk Mifi yang sanggup di-setting dan dihidupkan layanannya dari perangkat itu sendiri. Untuk produk yang ini, biasanya mempunyai monitor dan tombol navigasi.
  2. ada yang harus dihubungkan ke laptop/komputer untuk mengatur setting-nya untuk pertama kali. Dan produk yang aku coba ini sudah bundling dengan salah satu provider kartu seluler.
Sedangkan untuk mengoperasikan Mifi yang sudah disetting, caranya sangat mudah. Begini:

  1. Hidupkan Perangkat Mifi
  2. Aktifkan fitur wifi di smartphone/laptopmu
  3. Scan Available Network
  4. Pilih Mifi (biasanya nama networ-nya sesuai nama produk Mifi-nya)
  5. Sambungkan/connect kemudian isi password. Done.

Selain mengatur setting lewat laptop/komputer, Mifi biasanya mempunyai aplikasi android, tinggal instal aplikasi tersebut di smartphone. Lalu kita sanggup mengatur setting Mifi dari smartphone.

Kelebihan Menggunakan Mifi


  1. Hemat Uang. Jika punya smartphone lebih dari satu, tak perlu membeli paket internet untuk semua kartu, cukup kartu yang ada di Mifi saja.
  2. Hemat Batre. Semua perangkat sanggup menerima koneksi internet tanpa perlu membebani smartphone dengan menyalakan fitur tethering-nya.
  3. Portable. Seperti namanya, Mifi (Mobile Wifi), perangkat ini mempunyai batre sendiri, sanggup dibawa pergi-pergi.
  4. Sinyal Internet Lebih Baik. Di daerah yang jarang sinya, Mifi sanggup ditaruh di daerah yang sanggup menangkap sinyal paling berpengaruh (jendela, ventilasi, dll.)


Kekurangan Menggunakan Mifi


  1. Sebagian Produk harus diaktifkan via Laptop/komputer. Beberapa produk Mifi, yang bundling dengan providernya, biasanya harus dihubungkan ke laptop/komputer untuk mengaktifkan untuk pertama kali.
  2. Tidak semua produk Mifi sanggup 4G untuk semua provider. Ada produk Mifi yang sinyal 4G-nya terkunci, dan hanya kartu tertentu saja yang sanggup 4G.
  3. Butuh Banyak Charger. Karena perangkat berbatre, bertambah satu lagi yang kudu di-charge selain batre laptop dan smartphone. Itu artinya, charger yang diharapkan bertambah. Kecuali mau antri. Hehe...
Tertarik? Bingung pilih yang mana? Pilihlah sesuai kebutuhan dan budget.
Sekian, agar bermanfaat.