Menampilkan Layar Smartphone Pada Layar Laptop. Tanpa Root, Tanpa Instal Aplikasi Tambahan

Advertisement

Iklan 970x90px

Menampilkan Layar Smartphone Pada Layar Laptop. Tanpa Root, Tanpa Instal Aplikasi Tambahan

Sabtu, 20 April 2019

Apakah laptopmu memakai sistem operasi Windows 10? Coba klik tombol Start (logo Windows) kemudian ketik “connect”, nanti akan muncul aplikasi Connect, bawaan Windows 10. Untuk apa sih aplikasi tersebut? Seperti yang aku tuliskan pada judul artikel ini. Aplikasi Connect dapat dipakai untuk menampilkan atau memproyeksikan layar smartphone-mu pada layar laptop. Hah? Bagaimana caranya? Baik, pada kesempatan kali ini aku akan menyebarkan dongeng mengenai bagaimana menampilkan layar smartphone ke layar laptop. Kali ini via Wi-Fi, bukan via Bluetooth.
Layar Smartphone Tampil pada Layar Laptop
Semua berawal dari harapan aku untuk membeli alat yang dapat membantu aku menampilkan layar smartphone ke perangkat lain. Dan di toko online aku menemukannya. Lalu aku tanya ke penjualnya, apakah alat tersebut berfungsi untuk laptop juga? Karena pada iklannya alat tersebut diperuntukan bagi TV/ monitor HDMI. Jawaban penjualnya, di Windows 8 bisa. Tapi di Windows 10 katanya ga dapat (penjualnya telah mencobakan alat tersebut ke Windows 10). Sebenarnya, selain dengan alat tersebut ada cara lain, yaitu dengan aplikasi yang diinstal pada perangkat smartphone dan laptop. tetapi smartphone harus di-root.
Akhirnya aku berselancar di internet, dan menemukan informasi mengenai aplikasi Connect milik Windows 10. Update Windows 10 sesudah Anniversary mempunyai fitur yang serupa dengan alat yang tidak jadi aku beli tadi. Yaitu dapat menampilkan layar smartphone pada laptop.

Lalu caranya mana?

Begini, untuk dapat menampilkan layar smartphone-mu pada layar perangkat lain, smartphone-mu harus mempunyai fitur cast/ cast screen/ sebutan lain tapi dengan fungsi sejenis. Tergantung brand smartphone-nya. Kalo di smartphone saya, fitur tersebut dinamai Cast. Sedang di tablet teman aku dinamai Cast Screen. Selanjutnya kita sebut saja fitur cast ya. Biar singkat. Hehe...
Fitur Cast pada smartphone ini berfungsi untuk memproyeksikan/ menampilkan layarnya pada layar perangkat lain ibarat TV/ Monitor HDMI dan tentu saja laptop dengan sistem operasi Windows 10. Oke, kita pribadi ke pokok pembahasan, eh dongeng ding. Akhirnya, aku menemukan cara untuk menampilkan layar smartphone aku pada laptop.
Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut.
  1. Klik start (logo Windows) di pojok kiri bawah layar laptop.
  2. Ketik “connect” tanpa tanda petik. Akan muncul ibarat di gambar. Klik Connect.

    Aplikasi Connect
  3. Aplikasi Connect akan terbuka. Tampilannya ibarat di bawah ini.
    Tampilan Aplikasi Connect
  4. Lalu berpindah ke smartphone. Swap kafetaria notifikasi hingga muncul banyak ikon ibarat di gambar. Pilih yang dilingkari merah.
    Fitur Cast pada Smartphone
  5. Kemudian keluar tampilan di layar ibarat ini. Ketuk goresan pena yang dilingkar merah.
    Setting Fitur Cast
  6. Muncul tampilan ini. Ketuk titik tiga pada pojok kanan atas.
    Setting Fitur Cast
  7. Akan muncul pilihan, ketuk “Enable Wireless Display”. Akan ada pemberitahuan bahwa fitur WI-Fi kita hidup. Biarkan, alasannya yaitu memang koneksi Wi-Fi diharapkan untuk ini.
    Enable Wireless Display
  8. Setelah itu smartphone akan memindai perangkat. Jika sudah ketemu akan muncul perangkat laptop yang sudah kita buka aplikasi Connect-nya. Ketuk.
    Ketuk untuk Menghubungkan Perangkat
  9. Akan ada pemberitahuan bahwa perangkat sedang menyambung. Tunggu hingga connected.
    Perangkat telah Terhubung
  10. Setelah itu, pada layar laptop akan ada pemberitahuan dari aplikasi connect bahwa perangkat laptop tidak support. Biarkan hingga pada aplikasi connect muncul tampilan layar smartphone.
    Layar Smartphone Telah Tampil di Layar Laptop
  11. Selesai. Layar smartphone telah tampil di layar laptop.

Menikmati Smartphone dari Layar Laptop

Ketika aku membuka beberapa aplikasi, di antaranya ada yang portrait dan ada yang landscape. Aplikasi kamera bawaan smartphone aku dikala landscape, di layar laptop aku tetap portrait. Itu artinya, tampilan pada layar laptop tidak mengikuti tampilan di layar smartphone. Tetapi, dikala aku membuka aplikasi kamera yang aku instal (bukan bawaan smartphone), layar di laptop aku mengikuti tampilan di layar smartphone dikala landscape. Begitu pula dikala aku memutar video dari aplikasi youtube dengan mode fulscreen, tampilan di layar laptop pun menyesuaikan. Sehingga aku dapat streaming youtube dari smartphone dengan tampilan segede layar laptop. Hehehe... Jadi, dikala aku menonton video dari smartphone di layar laptop, bunyi videonya pun dapat kita dengarkan lewat speaker laptop. Dan hanya sebatas itu, kita tidak dapat mengendalikan smartphone dari layar laptop. Hanya tampilan layar dan bunyi media yang kita mainkan yang berpindah ke laptop. Seperti LCD proyektor. 
Berikut beberapa hasil sceenshot di layar laptop dikala aku membuka aplikasi smartphone.
Tampilan Home Pada Layar Laptop

Tampilan Kamera Video Pada Layar Laptop (Landscape)
Tampilan Browsing Pada Layar Laptop

Tampilan Aplikasi YouTube Portrait Pada Layar Laptop

Tampilan Aplikasi YouTube Fullscreen Mode Pada Layar Laptop
Sebagai catatan, dari beberapa kali aku mencoba melaksanakan langkah di atas, aku hanya dua kali berhasil. Mungkin kau juga akan mengalami hal tersebut. Saya belum mencoba pada laptop lain sih. Yang pasti, aku sudah mencoba dengan dua smartphone. Kaprikornus tampaknya problem ada pada laptop saya. Entah itu hardware-nya atau memang Windows 10 di laptop saya. 
Setelah dua kali percobaan berhasil, pada percobaan berikutnya, beberapa kali kemudian juga berhasil. Dan setelahnya juga pribadi berhasil. Alias, ketemu solusinya. Pada percobaan ketiga, pada setting aku atur ibarat gambar di bawah ini.
Setting Projecting to this PC
Kaprikornus langkah pertama sebelum memulai langkah di atas, menurut perkara yang aku alami, setting dulu pengaturan pada bab Projecting to PC ibarat gambar di atas. Cara membuka setting tersebut, klik Start, ketik "Projecting to this PC", kalau sudah ketemu klik. Kamu akan masuk ke halaman ibarat gambar di atas. Atur sesuai gambar di atas.
Silahkan bagi yang telah mencoba, berhasil atau tidaknya dapat menyebarkan dongeng di kolom komentar. Sekian. Semoga bermanfaat. Terima kasih.