Cara Upgrade Android Dengan Mudah, Lebih Praktis!

Advertisement

Iklan 970x90px

Cara Upgrade Android Dengan Mudah, Lebih Praktis!

Rabu, 10 April 2019

Cara upgrade android dengan gampang biar sanggup bermanfaat untuk anda. Terutama yang ketika ini ingin mencicipi yang terbaru dari android. Seperti yang telah kita ketahui, android selalu bermetamorfosis sesuatu yang mutakhir dan lebih baik lagi. Setiap tahun Google rutin melaksanakan upgrade OS android ke versi yang telah di sempurnakan atau android versi terbaru. 

Hal ini tentunya untuk memperlihatkan fitur gres dan perbaikan kinerja. Dari zaman ginggerbread, ice cream sandwich, jelly bean, kitkat, lollipop hingga marsmellow. Hal inilah yang menciptakan android berkembang pesat di bandingkan para pesaingnya. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh android adalah, fasilitas nya dalam hal upgrade OS nya. Bahkan android versi usang sekalipun sanggup menikmati sistem terbaru yang terupdate.

Cara Upgrade Android dengan Mudah


Yang menjadi pertanyaan kini adalah, bagaimana cara upgrade OS Android versi terbaru dengan gampang dan cepat? Pada kesempatan kali ini kami sudah mengupasnya secara lengkap. 

Upgrade android sekilas memang terlihat mudah, tinggal unduh filenya kemudian pasang. Padahal tidak ibarat itu juga. Karena tidak semua android akan mendapat update versi OS. Terus bagaimana kalau tidak mendapat update an nya? Simak terus penjelasannya ya. 

 dengan gampang biar sanggup bermanfaat untuk anda Cara Upgrade Android dengan Mudah, Lebih Praktis!

Pada dasarnya, setiap Andorid itu memliki OTA (Over The Air) pembaruan. Sehingga aka nada pemberitahuan jikalau ada update terbaru. Kalau memang demikian, maka akan semakin gampang melaksanakan upgrade android.

Anda tinggal masuk ke Setting → About phone → Pilih Pembaruan Sistem → Dan klik Periksa Pembaruan.

 dengan gampang biar sanggup bermanfaat untuk anda Cara Upgrade Android dengan Mudah, Lebih Praktis!

Jika pembaruan tersedia, silahkan download file nya dan pasang untuk memulai upgrade android.

Bagaimana kalau tidak ada pembaruan? 

Hal ini berarti produsen android yang anda beli tidak memperlihatkan upgrade android tersebut. Sebab kedua ialah ada pembaruan tapi tidak terdeteksi di OTA.

Kalau memang demikian, ada langkah selanjutnya yang sanggup anda lakukan. Yakni dengan masuk ke situs resmi produsen android kita, kemudian cari versi pembaruannya disana.

Contoh jikalau hp anda ialah ASUS Zenfone 4 yang OS nya masih android kitkat dan ingin mengupgradenya jadi lollipop. Dan tidak ada pembaruan terdeteksi di OTA. Maka silahkan eksklusif saja pergi ke situs resmi ASUS untuk mendapat upgrade android ke lollipop.

Hal ini juga berlaku untuk jenis smartphone lain, jadi eksklusif kunjungi situs resmi masing-masing saja untuk dapatkan filenya disana. Lalu pasang OS terbarunya nya di hp anda.

Bagaimana jikalau pembaruan masih tidak tersedia?

Keep smile, masih ada cara lain yang sanggup anda lakukan. Yakni dengan jalan menggunakan custom ROM. Apa itu?

Cara ini sama ibarat update sistem biasa, tapi cara ini bukanlah cara resmi dari Google melainkan dari orang kreatif yang hobi oprek android. Inilah cara upgrade android untuk yang tidak mendapat update resmi dari pihak google.

Caranya cukup sederhana, silahkan unduh filenya custom ROM untuk android di Forum XDA Developers. Kemudian pilih yang sesuai dengan brand android yang anda pakai. Tenang saja, jangan kuatir kawan. Meski android sudah tua, anda akan tetap sanggup menikmati android versi terbaru yang sudah di rilis ketika ini.

Bagaimana Cara Install Custom ROM?

Cara install custom ROM akan kami bahas disini. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu di perhatikan terlebih dahulu :
  • Custom ROM ialah buatan developers pihak ketiga (bukan pengembang resmi), jadi kita harus benar-benar memperhatikan kualitas custom ROM tersebut. 
  • Caranya ialah dengan melihat komentar sobat yang pernah mencoba custom ROM tersebut, perhatikan kelebihan dan kekurangannya. Karena se tepat apapun ROM, niscaya ada kekurangannya. Bahkan Stock ROM sekalipun.
  • Pastikan custom ROM benar-benar untuk perangkat yang akan anda install.
  • Jangan lupa backup. Hal ini untuk jaga-jaga jikalau ada kegagalan dalam menginstal Custom ROM, sanggup direstore (dikembalikan) ke kondisi terakhir ketika dibackup.
Caranya Backup :
    • Masuk sajian CWM recovery
    • Pilih Backup dan restore
    • Pilih Backup, dan tunggu hingga prosesnya selesai
Cara menginstall custom ROM biasanya menggunakan CWM (Clock Work Mod) recovery. Untuk cara menginstall CWM Recovery berbeda tiap tipe perangkat Android, silahkan cari yang sesuai dengan tipe smartphone yang akan di oprek.

Cara Menginstal Custom ROM
  • Ketika Handheld dalam kondisi mati, masuk ke Recovery mode (tentunya yang sudah dipasang CWM, jangan Recovery bawaan) cara masuk sajian CWM pun berbeda-beda tiap tipe smartphone, tergantung developer yang menciptakan CWM tersebut. Ada yang dengan menekan tombol back terus menerus, ada yang dengan menekan tombol power atas / bawah sambil menekan power dan ada juga yang cukup dengan cara menyentuh layar
 dengan gampang biar sanggup bermanfaat untuk anda Cara Upgrade Android dengan Mudah, Lebih Praktis!
  • Setelah masuk ke recovery mode, pilih wipe data / factory reset.
  • Pilih wipe cache partition
  • Pilih advance kemudian wipe dalvik cache
  • Kemudian kembali ke sajian sebelumnya dengan menekan tombol back, kemudian pilih install zip from sd card
  • Cari file Custom rom yang sudah disiapkan di SD card
  • Pilih yes, kemudian tunggu progress penginstallan hingga statusnya complete.
  • Reboot Perangkat Android anda, Maka Android anda pun sudah berganti Operasi system menjadi yang sudah dimodifikasi oleh developer pihak ketiga.
Booting pertama mungkin akan memakan waktu yang agak lama, tapi jikalau terlalu usang mungkin anda mengalami bootloop.Hal ini sanggup  diakibatkan oleh custom ROM yang tidak cocok ataupun custom ROM yang bukan untuk perangkat tersebut.

Jika terlanjur ibarat itu, anda tidak perlu kuatir alasannya ialah masih sanggup diperbaiki dengan cara merestore ke kondisi ketika di backup.

Cara merestore, caranya hampir sama dengan waktu kita membackup :
  • Masuk sajian CWM recovery
  • Pilih sajian Backup dan restore
  • Pilih restore
  • Cari file hasil backup an, biasanya ada di folder Clockworkmod
  • Tunggu hingga proses restore selesai
  • Reboot perangkat anda.
Jika anda gagal, maka sanggup coba custom ROM lain yang cocok. Good Luck, biar berhasil. Demikianlah cara upgrade android yang sanggup kami infokan kepada anda. Semoga sanggup bermanfaat dan membantu anda sekalian. Untuk menambah wawasan, silahkan baca juga artikel kami lainnya seperti 7 Harga Hp 4G dibawah 1Jt dan Spesifikasinya, Lengkap!

Terima kasih sudah berkunjung di blog kami ini, tunggu update selanjutnya dari kami. Akhir kata selamat menjalani hari yang indah dan tetap semangat.