Cara Menghapus Beberapa Huruf Di Depan Dan Di Belakang Kata Pada Microsoft Excel

Kali ini aku ingin sharing gosip mengenai cara menghapus beberapa karakter di depan dan di belakang kata pada microsoft excel. Seperti yang kita ketahui pada microsoft excel berbagai terdapat teknik-teknik atau shortcut untuk melaksanakan sesuatu. Salah satunya yang ingin aku bahas kali ini yaitu menghapus beberapa karakter atau karakter dalam sebuah kalimat.


Hal ini aku alami sendiri dikala mengcopy banyak baris data yang pada kata di awal kalimatnya terdapat sebuah titik atau simbol yang abnormal sehingga harus dihilangkan. Masalahnya yakni dalam jumlah data yang barisnya banyak tidak memungkinkan untuk menghapus satu persatu karakter tersebut pada setiap kalimat alasannya yakni data yang berbeda-beda tiap barisnya. Oleh alasannya yakni itu, terdapat sebuah fungsi pada microsoft excel yang memungkinkan kita untuk menghapus beberapa karakter di depan atau belakang kalimat yang aku akan coba bahas pada artikel ini.

Fungsi yang dipakai kali ini merupakan adonan atau perpaduan dari 2 buah fungsi, eksklusif saja anda sanggup perhatikan di bawah ini :

= RIGHT ( cells yang berisi kalimat , LEN ( cells yang berisi kalimat ) – banyak jumlah karakter yang ingin dihilangkan

atau

= LEFT ( cells yang berisi kalimat , LEN ( cells yang berisi kalimat ) – banyak jumlah karakter yang ingin dihilangkan

Catatannya yakni jikalau anda ingin menghapus karakter di sebelah kiri kalimat anda sanggup memakai fungsi RIGHT sedangkan sebaliknya jikalau ingin menghapus karakter di sebelah kanan kalimat anda sanggup memakai fungsi LEFT. Untuk lebih mudahnya aku akan menunjukkan pola di bawah ini :


Contoh di atas merupakan fungsi RIGHT dimana aku mencoba untuk menghapus 2 karakter di depan kalimat yaitu tanda seru dan tanda titik, oleh alasannya yakni itu pada fungsi aku memakai angka 2. Sedangkan pola di bawah ini merupakan fungsi LEFT dimana aku ingin menghapus 4 karakter yaitu karakter rana. Bisa anda lihat hasil dari fungsi tersebut pada masing-masing pola tersebut.


Saya akan coba jelaskan maksud dari fungsi di atas. Sama halnya menyerupai perhitungan operasi yang berada pada tanda kurung akan lebih didahulukan. Fungsi yang pertama dihukum yaitu LEN yang berfungsi untuk menghitung banyak karakter dalam kalimat termasuk spasi. Selanjutnya sehabis diketahui banyak karakter akan dibaca tanda kurang sehabis LEN, contohnya banyak karakter 18 karakter lalu angka yang dimasukkan 2, jadi hasil pengurangan tersebut 16 akan menjadi value atau nilai pada fungsi di depannya yaitu fungsi RIGHT atau LEFT. Selanjutnya fungsi RIGHT atau LEFT ini lah yang akan mengambil sisa karakter atau karakter sebanyak 16 karakter mulai dari sisi kanan atau kiri tergantung dari yang dipakai LEFT atau RIGHT.

Jika anda belum tahu fungsi RIGHT atau LEFT akan mengambil beberapa karakter pada sebuah kalimat sesuai nilai yang dimasukkan. Contoh bila terdapat kata ‘mati rasa’ dan dijalankan fungsi RIGHT(cells,4) maka balasannya akan menjadi 4 karakter yang diambil dari kanan yaitu ‘rasa’.

Sekian yang sanggup aku share mengenai cara menghapus beberapa karakter di depan dan di belakang kata pada microsoft excel, biar sanggup membantu dan bermanfaat...



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Black Friday Promo Hosting Unlimited Indonesia