Cara Melaksanakan Kompresi Atau Mengecilkan Ukuran File Dengan Photoshop Cs6

Mengkompresi atau yang biasa disebut kompres ialah sebuah langkah yang dilakukan pada ketika kita hendak mengecilkan sebuah file atau mengurangi ukuran dari sebuah file, dan file itu biasanya berupa foto berbentuk JPG, JPEG, maupun PNG, berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau mengkompresi ukuran sebuah file, salah satunya memakai software yang super istimewa untuk para editor, yaitu Photoshop CS6 


Banyak dari pengguna Komputer yang belum mengetahui cara ini, memang benar rasanya kalau software berjulukan Photoshop ini merupakan sebuah software seribu manfaat, selain dapat melaksanakan editing untuk pekerjaan, menggambar ilustrasi, membuat spanduk, banner, logo, dan masih banyak lagi, ternyata Photoshop juga dapat melaksanakan hal yang belum tentu dapat dilakukan software lain secara maksimal, yaitu melaksanakan Kompresi atau mengurangi ukuran dari sebuah file. 

Memang ada beberapa software yang juga dapat melaksanakan kompresi menyerupai halnya Micrsoft Office word, tetapi karenanya berdasarkan saya pribadi kurang maksimal kalau dibandingkan dengan photoshop. 

sebelum ke inti pembahasan, disini saya tulis dulu Apa manfaat melaksanakan kompresi dari sebuah file. 

Manfaat Kompresi atau Mengecilkan Ukuran File

Banyak yang menganggap bahwa ukuran sebuah file itu tidak penting, mau itu kecil ataupun besar terkadang ada saja yang menganggap hal itu tidak teralalu penting, tapi nyatanya sangat penting untuk sahabat yang sedang ; 

  • Melamar Kerja, melamar pekerjaan sekarang tidak hanya melalui kantor pos atau tiba langsung, ketika ini melamar pekerjaan juga dapat dilakukan melalui online baik itu situs pencari kerja, ataupun mengirim lamaran via email , Baca juga : Tips Trik Kirim Lamaran Kerja Via Email 100 Persen Ampuh  nyatanya pada ketika sahabat yang hendak melamar kerja terkadang sebuah perusahaan meminta file dokumen yang dilampirkan tidak lebih dari 1 MB ( Megabytes ), dengan software Photoshop sobat dapat mengurangi ukuran nya dengan simple dan cepat. 
  • Masuk Kuliah, bagi sahabat yang juga calon mahasiswa gres jangan terlalu menganggap sepele hal-hal menyerupai ini, apalagi bagi sahabat yang gres saja mendaftar kuliah dan harus mengisi beberapa bab di website kampus yang telah disediakan, biasanya kita diminta untuk mengupload foto kita di website kampus, ataupun mengupload dokumen lainnya menyerupai KK, IJAZAH, dll dan memerlukan ukuran file yang KECIL dan maksimal biasanya 500KB agar dapat di unggah pada laman website kampus yang sahabat pilih. 
  • Mengirit Memori / Space, buat sahabat yang hobi selfie atau traveling kemudian mengabadikannya di handphone, tentunya kompresi gambar atau file ini sangatlah membantu, terlalu banyak nya file yang berukuran besar, secara perlahan akan memakan daerah pada memori di handphone sobat, terutama untuk smartphone low category  yang hanya mempunyai penyimpanan dibawah 4GB. 
Diatas merupakan 3 point singkat yang saya tulis, dibawah ini pribadi kita ke TKP. 

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengkompresi gambar atau mengecilkan ukuran file dengan photoshop ini ialah ... tentunya dengan membuka aplikasi Photoshop cs6 yang sudah terinstall pada laptop atau PC sobat. "apakah hanya berlaku untuk cs6"? jawabannya tidak untuk kompresi gambar di photoshop ini dapat sahabat lakukan di versi manapun, baik itu CS6, CS3, CC2017 dan versi lainnya. 

1. Setelah dibuka aplikasi photoshop nya, silahkan sahabat buka gambar yang hendak di kompresi dengan menekan tombol CTRL + O  atau dengan klik FILE --> OPEN. 

2. Setelah yakin dengan file gambar yang akan dikompres, selanjutnya tinggal klik saja sajian FILE --> SAVE AS , baik itu berupa format JPG, JPEG maupun PNG. 

3. Jika sudah, pada navigasinya silahkan di setting ke low quality / small menyerupai gambar dibawah 

4. Langkah terakhir, silahkan di cek ulang / refresh file yang sudah dikompresi tadi, dan karenanya pun memuaskan bukan? :) .. selamat mencoba sobat!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel