Cara Cek Microphone Pada Laptop Berfungsi Atau Tidak

Advertisement

Iklan 970x90px

Cara Cek Microphone Pada Laptop Berfungsi Atau Tidak

Kamis, 18 April 2019

Kali ini aku ingin sharing info mengenai cara mengecek microphone pada laptop apakah berfungsi atau tidak. Bagi anda yang biasa skype atau bermain game online atau menciptakan video dengan input bunyi anda sendiri tentunya tidak abnormal memakai microphone. Banyak pilihan microphone yang sanggup dipakai baik itu eksternal anda beli terpisah menyerupai yang banyak dipakai penyiar yang berisi tiang penyangga atau pembawa program yang biasa melekat dibajunya atau sanggup memakai microphone yang kalian sanggup satu paket dikala membeli hp yang biasa disebut earphone. Perbedaan dari masing-masing earphone tersebut tentunya pada kualitas bunyi yang dihasilkan.

Pernahkan anda mengalami dimana dikala mencolokkan microphone tetapi tidak menghasilkan bunyi ? Saya sendiri pernah mengalaminya memakai headset yang didapat dari membeli hp dikala dicolokkan ke laptop dan dicoba untuk mengisi bunyi dalam menciptakan video lalu dikala melihat hasil rekamannya ternyata bunyi aku tidak ada atau tidak terekam pada hasil recording video tersebut. Tentunya ini sanggup sangat menciptakan anda kesal alasannya yaitu sudah susah payah melaksanakan recording dan anda harus mengulangi hal tersebut. Saya sendiri kebingungan antara microphone pada headset aku yang rusak atau aplikasi recordingnya yang bermasalah.

Berdasarkan pengalaman ini aku akan coba memberi solusi bagaimana cara mengecek kondisi microphone anda apakah berfungsi baik atau tidak. Cara mengecek microphone ada bunyi atau tidak sebetulnya sangat gampang, hanya beberapa step anda sanggup ikuti di bawah ini :

Pertama, tentunya colokkan microphone anda pada port laptop lalu klik Kanan pada icon menu Speaker yang berada di kanan bawah dekstop anda dibarisan taskbar lalu pilih hidangan Sounds.


Kedua, pilih tab hidangan Recording, nah sanggup anda lihat disamping kanan gambar microphone terdapat kafe yang mengatakan tinggi tingkat bunyi yang dihasilkan, cobalah berbicara pada microphone jikalau terdapat indikasi warna hijau yang naik turun pada kafe tersebut berati microphone anda tidak bermasalah dan dalam keadaan baik.


Ketiga, jikalau tidak ada indikasi anda sanggup klik 2 kali pada list microphone tersebut atau klik lalu pilih hidangan Properties di bawahnya lalu pilih submenu Levels lalu pastikan indikator volume microphone tidak 0.


Keempat, untuk mengecek kembali anda sanggup kembali melihat cara kedua atau sanggup beralih ke submenu Listen dan centang atau beri tanda rumput pada kotak Listen to this device dan pada pilihan Playback through this device pilih Speaker kemudian tekan Ok, yang berarti bunyi yang anda kirim dari microphone akan dikeluarkan pada speaker laptop anda.


Kelima, jikalau masih tidak ada bunyi coba longgarkan colokkan ujung microphone pada port laptop, hal ini aku alami dikala memutuskan untuk membeli microphone eksternal dan dikala dicoba tidak berfungsi lalu mencoba melonggarkan colokkan pada port dan microphone sanggup dipakai menyerupai biasa. Untuk mengecek dikala melonggarkan colokkan pada port sanggup dicek dengan langkah kedua.

Jika sudah memakai cara semua di atas tetapi microphone masih tidak ada bunyi berati microphone anda lah yang bermasalah dan perlu diganti beli yang baru, sekian yang sanggup aku share mengenai cara cek microphone pada laptop tidak ada suara, biar sanggup membantu dan bermanfaat...