Cara Cek Dan Mengatasi Broken Link Dengan Broken Link Checker

Advertisement

Iklan 970x90px

Cara Cek Dan Mengatasi Broken Link Dengan Broken Link Checker

Selasa, 30 April 2019

Mengatasi Link Blog yang mati atau yang lazim disebut Broken Link pada blog sanggup dilakukan dengan memakai dukungan dari 404 Checker atau yang bersahabat disebut Broken Link Checker, bagi para blogger sangat penting tentunya menyidik kesehatan dari blog yang dikelolanya, pasalnya kalau blog yang dikelola "tidak sehat" maka harus segera diperiksa dan harus diberi obat.

layaknya manusia, blog juga terkadang suka mempunyai penyakit salah satunya yaitu Broken Link, dimana terdapat tautan ( link ) yang telah lama tanpa disadari, hal ini biasanya terjadi ketika blog ditinggal oleh pemiliknya dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga tanpa disadari sudah ada beberapa tautan yang lama namun belum diperbaiki oleh pemilik blog. 

Penyebab Terjadinya Broken Link atau Link rusak 

hal ini biasanya terjadi selain ditinggal pemilik blog, hal ini juga kerap terjadi ketika kita melaksanakan internal link atau menautkan dari 1 artikel ke artikel lainnya, dan kemungkinan ada 1 atau 2 abjad yang kita tidak sadari tidak tertulis dalam tautan tersebut.

Selain itu, broken link juga disebabkan lantaran usangnya link yang terpasang atau pemilik blog yang telah menghapus link nya, namun masih terdapat di halaman lain , dan halaman telah di bookmark oleh pengunjung blog lalu kita mengganti atau memperbarui artikel tersebut. 


Dampak Dari Broken Link atau Link Mati Pada Blog

Yang namanya rusak, biasanya mesti diperbaiki begitu juga dengan link pada blog kita tentunya, adapun imbas yang paling menyakitkan dari Broken link ini yaitu : 

  • Merosotnya Visitor Blog, sakit namun tidak berdarah, menurunnya Visitor blog bagi para blogger memang sangat menyakitkan, faktor Broken link ini yaitu salah satunya biasanya visitor akan merosot ketika di blog kita terdapat sesuatu yang tidak beres. 

Cara Memperbaiki Broken Link dengan Broken Link Checker

Cara memperbaikinya, masih sanggup kita perbaiki dengan sedikit dukungan dari  404 Checker atau Broken Link Checker, dimana sanggup membantu kita menemukan link yang telah rusak pada blog kita. 

Silahkan sahabat kunjungi Brokenlinkcheck.com dan masukkan link atau web sahabat pada kolom yang telah tersedia, menyerupai pada gambar dibawah ini 

1. Pada Nomor satu, silahkan isikan dengan alamat blog / web sobat
2. langkah kedua, silahkan isikan captcha isyarat yang telah tertera pada halaman 
3. ketiga, silahkan klik tombol "Find Broken Link now" dan tunggu sampai proses loading selesai.
4. sesudah selesai akan muncul rincian mengenai berapa jumlah link yang rusak, dimana kerusakannya, dan pada halaman mana link yang rusak tersebut, menyerupai pada gambar berikut
nah diatas merupakan "Broken Link" yang terdapat pada blog saya, ya cukup banyak dan mengagetkan bukan? sesudah saya otak-atik jadinya saya temukan inti permasalahannya ... sebelumnya saya jelaskan dulu arti dari url & src disini

  • url, jika diklik akan membawa kita kemana halaman yang harus diperbaiki 
  • src, merupakan sebuah screnshoot dari link yang rusak, sanggup kita perbaiki pada sajian edit html ataupun kita hapus sesuai petunjuk, referensi gambar berikut
bagi sahabat yang paham akan bahasa pemrograman HTML dasar, saya yakin sahabat sudah tau apa permasalahan yang ada pada blog saya diatas, yup kalau kita amati ternyata sentra duduk masalah saya ada pada tombol share button "Tumblr" yang terdapat pada template ini. 

Lalu bagaimana cara memperbaikinya? berhubung saya membeli tempalte premium, maka kita sanggup menghubungi si penjual template pada ketika ktia membelinya dan minta dukungan untuk segera diperbaiki. 

namun ... 

jika yang rusak yaitu lantaran artikel atau tautan yang kita buat sendiri, maka kita harus memperbaikinya sendiri juga, dengan cara masuk ke sajian Edit HTML atau sanggup masuk ke "Edit Postingan --> klik sajian HTML disebelah tombol COMPOSE" dan kita hapus atau perbaharui link yang rusak tersebut. 


setelah diperbaiki, silahkan sahabat klik perbarui artikel , lalu eksklusif cek lagi memakai alat "Broken Link Checker" untuk memastikan link yang rusak telah benar-benar diperbaiki. 

Sampai disini, kita telah selesai memperbaiki link yang rusak atau lebih dikenal dengan Broken Link / 404 

Selamat mencoba dan agar bermanfaat yaa :)