-->

5 Aplikasi dan Panduan Fotografi Drone untuk Pemula

Mister Tekno, Saat ini teknik menganbil video atau foto dari atas memang menjadi daya tarik tersendiri di kalangan konten kreator. Memotret gambar obyek dari pandangan mata burung adalah salah satu penggunaan drone yang paling umum. 

Aplikasi dan Panduan Fotografi Drone

Pesawat tanpa awak (Unmanned Aerial Vehicle atau disingkat UAV) yang sering disebut sebagai drone adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri yang dioperasikan oleh operator. Menggunakan hukum aerodinamika untuk mengangkat dirinya, bisa digunakan kembali dan mampu membawa muatan baik senjata maupun muatan lainnya. Wikipedia

Penggunaan terbesar dari pesawat tanpa awak ini adalah di bidang militer, tetapi saat ini juga banyak digunakan di bidang geografi, fotografi, dan videografi yang dilakukan secara bebas dan terbuka.

Namun, jika Anda ingin melakukannya dengan benar, Anda perlu memahami aturan baru untuk mengambil foto udara, mengedit gambar, dan mendapatkan hasil obyek yang tepat untuk mengetahui cara menyiapkan bidikan.

5 Aplikasi dan Panduan Fotografi Drone

Nah, jika Anda ingin belajar videografi maupun fotografi melalui drone, Anda harus memiliki 5 aplikasi penting di bawah ini.

1. Expert Photography (Web)  

Expert Photography untuk fotografi drone adalah panduan wajib bagi siapa saja yang ingin mendalami fotografi udara dengan drone. Situs Expert Photography telah menyusun panduan komprehensif dan terperinci untuk fotografi drone bagi pemula dalam bentuk artikel web, dengan beberapa tautan ke penjelasan lebih rinci di tempat lain di situs.

Panduan ini secara luas mencakup topik-topik seperti langkah-langkah keamanan, perlengkapan, tutorial pemula, dasar-dasar fotografi drone, komposisi untuk foto udara, dan pasca-pemrosesan dan pengeditan. 

Setiap topik memiliki penjelasan singkat di dalam artikel, dan Anda dapat mengikuti tautan ke bagian asli untuk lebih banyak utilitas. Misalnya, langkah-langkah keamanan akan membawa Anda ke artikel dengan daftar periksa yang dapat diunduh.

Pendekatan langkah demi langkah oleh Expert Photography membuatnya sangat mudah bagi siapa saja untuk memahami fotografi drone dan memulainya. 

2. Aloft (Android & iOS) 

Aplikasi pendamping terbaik untuk fotografi drone ini dapat memberi tahu Anda apakah aman untuk terbang di daerah Anda, dan menambahkan informasi penting tentang cuaca dan kondisi di sekitar. Buat daftar periksa untuk sesi fotografi drone sebelum penerbangan, dalam penerbangan, dan pasca penerbangan di Aloft

Aloft adalah salah satu aplikasi pendamping gratis terbaik bagi siapa saja yang menyukai fotografi drone atau menerbangkan drone. Saat Anda menerbangkan drone , ada banyak hal yang perlu Anda ketahui. Ada aplikasi khusus untuk mengetahui hal-hal seperti izin dan kondisi cuaca, tetapi jika Anda menginginkan solusi all-in-one gratis, dapatkan Aloft.

Cara kerja aplikasi ini adalah menggunakan lokasi ponsel Anda untuk memberi tahu Anda kondisi penerbangan seperti suhu, angin, jarak pandang, kelembapan, tutupan awan, dan siang hari. Faktor-faktor ini banyak membantu dalam menentukan penerbangan Anda. 

Aplikasi ini juga memberi tahu Anda apakah lokasi tersebut memungkinkan Anda untuk menggunakan wilayah udara atau jika ada saran yang dikeluarkan oleh pihak berwenang untuk area tersebut. Hubungkan ke drone Anda dan Aloft akan melacak penerbangan Anda, membantu Anda mempersiapkan misi, dan membuat daftar periksa penting seperti pra-penerbangan, dalam penerbangan, pasca-penerbangan, dan pemeliharaan. 

3.  From Where I Drone (Web)

Pilot, fotografer, dan profesor drone yang terdaftar di FAA, Dirk Dallas, membuat blog tempat semua keterampilan untuk membantu para pemula di dunia fotografi drone. Di dalam situs ini tedapat informasi yang Anda butuhkan tentang drone.

Tombol "Start Here" yang membantu pemula melalui langkah pertama setelah membeli drone kamera. Situs ini menjawab pertanyaan umum tentang pendaftaran untuk menerbangkan drone Anda, aturan dan regulasi, aplikasi yang Anda butuhkan, dan daftar periksa pra-penerbangan yang bermanfaat. 

Dalam panduannya situs ini juga menawarkan beberapa tips dan trik untuk fotografi dan videografi drone yang tidak akan Anda temukan di tempat lain. Anda akan belajar bagaimana menemukan lokasi yang mengagumkan, menghindari gerakan kabur pada kamera yang bergerak, dan mendalami pengaturan dan detail lainnya. 

4. UAV Coach  (Kamera Drone Terbaik untuk Fotografi)

DroneSifter memungkinkan Anda menemukan dan membandingkan berbagai drone untuk fotografi berdasarkan spesifikasinya.

Perusahaan pelatihan drone UAV Coach memiliki panduan pembeli drone untuk memahami spesifikasi mana yang penting dan mencari tahu apa yang sebenarnya Anda butuhkan. Ini adalah salah satu artikel yang paling banyak ditemukan di berbagai forum fotografi drone untuk pemula yang ingin membeli drone. 

Dengan menggunakan saran itu, Anda dapat melihat kumpulan drone kamera terbaik mereka untuk rekomendasi tentang apa yang harus dibeli, atau lihat pengulas teknologi tepercaya lainnya. 

5. Dronegenuity (YouTube) 

Ini berisi tentang video tutorial tentang fotografi drone, jika Anda belajar dengan menonton demonstrasi daripada membaca, ada banyak materi video gratis di internet untuk memahami dasar-dasar fotografi udara. 

Dronegenuity mencakup berita, ulasan, dan tutorial, saluran YouTube mereka konstruktif bagi siapa saja yang ingin memulai fotografi drone. Semua demonstrasi video menggunakan DJI Mavic Pro, tetapi Anda dapat menerapkan teknik dasar untuk drone apa pun. 

Di sini Anda dapat belajar cara menerbangkan drone, mengambil foto drone yang lebih baik, dan belajar menggunakan DroneDeploy untuk drone DJI.

Artikel lainnya: Gimbal untuk Smartphone, Membuat Lebih Halus Hasilnya 

Kesimpulan

Di antara 5 aplikasi dan panduan fotografi drone ini, Anda dapat mempelajari fotografi udara, dan cara mengambil bidikan dari langit dalam waktu singkat. Namun, kunci untuk mahir dalam fotografi drone adalah dengan melatihnya berulang kali, seperti fotografi dasar atau keterampilan lainnya. 

0 Response to "5 Aplikasi dan Panduan Fotografi Drone untuk Pemula"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel