-->

Fitur Wajib yang Ada di Dalam Aplikasi HR Terbaik

Mister Tekno, Human Resource (HR) tidak hanya bertugas mengurus soal rekrutmen dan penggajian saja, tetapi bagaimana karyawan mampu meningkatkan kinerjanya juga. Namun, tugas semacam itu tentu bukan pekerjaan yang mudah apalagi ditambah tanggung jawab yang lainnya. Itulah mengapa departemen HRD perlu aplikasi HR untuk memudahkan tugas mereka dalam mengelola karyawan.

Aplikasi HR Terbaik

Pemilihan softwarenya sendiri haruslah aplikasi hr yang sudah didukung oleh fitur-fitur yang lengkap. Namun, yang jadi masalah adalah tidak semua software HRIS di Indonesia memiliki fitur yang dibutuhkan. Ada yang harganya murah tapi fiturnya terbatas, dan ada yang fiturnya lengkap tapi harganya sangat mahal.

Nah, agar memudahkan Anda dalam memilih aplikasi HR terbaik, dalam artikel ini akan dibahas mengenai fitur-fitur apa saja yang wajib ada dalam aplikasi HR. Berikut ini informasi lengkapnya.

Fitur Kehadiran dan Manajemen Waktu

Saat ini sudah tidak jaman mencatat kehadiran secara manual di kertas ataupun spreadsheet. Cara ini membuat HR ribet dan rentan terjadi kecurangan sehingga sudah saatnya beralih ke software HRIS.

Aplikasi HR membantu karyawan melakukan absensi secara online melalui handphone dan lokasinya akan dapat terpantau langsung menggunakan GPS. Fitur ini tidak hanya membantu meminimalisir adanya kecurangan, tapi memudahkan pekerjaan HR dalam mendata kehadiran karyawan.

Fitur Request Cuti Online

Aplikasi HR terbaik harus memiliki fitur yang juga memudahkan karyawan dalam mengajukan cuti atau izin sakit secara online. Fitur ini membantu karyawan dalam mencocokkan jadwal kerja dan jadwal cuti tanpa harus melewati prosedur birokratis.

Nantinya informasi pengajuan cuti tersebut akan terhubung langsung ke atasan dan juga HR sehingga dapat segera diperiksa dan disetujui. Selain itu, aplikasi HR juga dapat memberitahukan sisa jatah cuti karyawan karena secara otomatis sudah terhitung dalam sistemnya sekaligus terintegrasi dengan absensi karyawan.

Payroll Online

Selama masa pandemi Covid-19, banyak perusahaan menerapkan sistem WFH bagi karyawannya. Tentu mengelola data penggajian karyawan akan sangat mudah dan cepat jika menggunakan aplikasi payroll secara online. Departemen keuangan pun dapat mengakses sistemnya dari mana saja yang terhubung dengan koneksi internet.

Tak hanya itu, sistem payroll yang ada pada aplikasi HR juga memudahkan HR dalam tunjangan, lembur, pajak penghasilan, BPJS (Kesehatan dan Ketenagakerjaan), dan komponen gaji lainnya.

Reimbursement dan Pengelolaan Klaim

Karyawan berhak mengajukan klaim dan reimburse atas biaya-biaya yang dikeluarkannya untuk keperluan pekerjaan dan perusahaan harus memenuhi itu. Biaya-biaya tersebut bisa mencakup perjalanan dinas hingga pembelian barang. Nah, aplikasi HR wajib menyediakan fitur ini agar memudahkan karyawan dalam mengajukan klaim.

Sementara dari sisi manajemennya, software HR harus memiliki kemudahan dalam hal approval atau persetujuan. Untuk itu pilih sistem yang prosesnya hanya membutuhkan beberapa klik saja.

Payslip

Aplikasi HR yang baik wajib memiliki fitur payslip untuk memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam mengakses slip gaji karyawannya secara online. Dengan fitur ini juga, karyawan dapat mengunduh sendiri slip gaji yang diterima setiap bulannya.

Fitur payslip ini juga harus mendukung penyajian slip gaji secara detail dan komprehensif, serta seluruh komponen gaji lainnya meski diakses dari ponsel sekalipun.

Fitur-fitur di atas sebetulnya sudah ada di beberapa HRIS software Indonesia, salah satunya adalah LinovHR. Software LinovHR menyediakan fitur secara lengkap, mulai dari penggajian, absensi, pembayaran BPJS, pajak, benefit, hingga dapat membantu Anda berkonsultasi tentang masalah perhitungan pajak untuk perusahaan Anda. Sudah pasti aplikasinya mampu menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

0 Response to "Fitur Wajib yang Ada di Dalam Aplikasi HR Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel